Syarat Perpanjang SIM 2019 Golongan SIM C & SIM A

Syarat Perpanjang SIM 2019 – Semua pengendara kendaraan bermotor di Indonesia wajib memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Apabila tidak memilikinya, maka harus siap membayar tilang sesuai yang ditetapkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Dimana pasal 281 menyebutkan bahwa setiap pengendara kendaraan bermotor yang tidak memiliki SIM dapat dipidana dengan kurangan paling lama 4 bulan atau denda paling banyak 1 Juta Rupiah.

Sedangkan bagi pengendara kendaraan bermotor yang memiliki SIM, namun tidak dapat menujukannya saat razia kendaraan bermotor maka dapat dipidana paling lama 1 bulan dan denda paling banyak 250 Ribu Rupiah sesuai yang ditetapkan pasal 288 Ayat 2. Nah, setelah mengetahui berapa denda yang harus dibayar, tentu masbro tidak ingin mengalami hal serupa. Oleh karena itulah kami sarankan untuk membuat SIM agar tak perlu membayar denda saat ada razia kendaraan bermotor.

SIM juga memiliki masa berlaku, yakni selama 5 Tahun. Apabila telat memperpanjang SIM yang masbro miliki, maka masbro harus membuatnya dari awal. Ada baiknya memperpanjang SIM satu bulan sebelum masa berlaku habis, sehingga kita tidak lupa memperpanjangnya. Terlebih membuat SIM baru sangat sulit, karena harus melewati beragam proses, mulai dari adminstrasi hingga test teori dan praktek.

Saat ini proses memperpanjang SIM semakin cepat setelah adanya beberapa layanan perpanjangan SIM yang disediakan pemerintah. Kita hanya perlu memenuhi syarat perpanjang SIM yang sudah ditetapkan, kemudian membayar biaya perpanjangan SIM sesuai golongan SIM yang akan diperpanjang. Nah bagi yang belum tau berapa biayanya, silahkan simak informasi berikut ini “Biaya Perpanjang SIM Terbaru“.

Setelah menyiapkan uang untuk memperpanjang SIM, maka selanjutnya giliran kita mempersiapkan semua syarat perpanjang SIM. Proses perpanjangan SIM bisa dilakukan secara online ataupun datang langsung ke layanan SIM Keliling maupun Gerai Sim. Prosesnya sangat cepat, dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Namun sebelum itu, mari kita melihat terlebihat dahulu apa saja syarat perpanjang SIM 2019 berikut ini.

Prosedur dan Syarat Perpanjang SIM Terbaru 2019

Syarat Perpanjang SIM

1. Syarat Perpanjang SIM Keliling

Layanan SIM Keliling bisa menjadi pilihan paling tepat untuk memperpanjang SIM. Kelebihan SIM Keliling adalah prosesnya lebih cepat, karena biasanya yang mengantri tak terlalu banyak. Layanan tersebut juga gratis tanpa adanya pungutan biaya adminsitrasi. Palingan masbro hanya perlu membayar biaya perpanjangan SIM sesuai golongan SIM yang akan diperpanjang. Nah bagi yang tertarik menggunakan layanan SIM Keliling, silahkan lihat lebih terlebih dahulu apa saja syarat perpanjang SIM tersebut dibawah ini.

  1. KTP asli
  2. Sim asli yang masih berlaku
  3. Surat keterangan sehat dari kedokteran (KIR Dokter)
  4. Fotocopy KTP 2 Lembar
  5. Untuk perpanajngan SIM A Umum, B1, B1 Umum, B2, dan B2 Umum harus membawa surat keterangan lulus uji keterampilan simulator

Syarat perpanjang SIM dengan layanan SIM keliling memang sangat mudah. Masbro hanya perlu membawa KTP Asli, SIM Lama, dan Surat Keterangan Kesehatan dari Dokter. Selain itu, jangan lupa membawa fotocopy KTP untuk berjaga-jaaga, siapa tahu dibutuhkan. Owh yah, untuk surat keterangan sehat bisa kita buat di Puskesmas, Dokter, Klinik, ataupun rumah sakit yang direkomendasikan oleh Kepolisian. Biaya membuat KIR Dokter juga cukup murah, karena tak sampai 50 Ribu Rupiah.

Baca Juga :   Biaya Pembuatan Sim 2019 : Untuk Sim C, A, B1 & D Terbaru

Biasanya layanan SIM Keliling juga menyediakan fasilitas tes kesehatan yang bisa digunakan untuk membuat KIR Dokter. Tentu ada biaya tambahan untuk mendapatkan surat keterangan kesehatan tersebut. Soal biaya tergantung dari masing-masing daerah, namun biasanya tak sampai 50 Ribu. Hanya itu saja syarat perpanjang SIM di layanan SIM Keliling. Syarat tersebut juga berlaku saat masbro memperpanjang SIM di Gerai SIM ataupun di Satpas. Lalu bagaimana dengan syarat perpanjang SIM Online ?

2. Syarat Perpanjang SIM Online

Syarat Perpanjang SIM Terbaru

Saat ini sudah ada layanan SIM Online yang bisa digunakan untuk pengajuan SIM baru ataupun perpanjangan SIM. Layanan SIM Online hanya bisa digunakan untuk membuat atau memperpanjang SIM A dan SIM C. Selain itu, masbro harus tetap datang ke Satpas, Gerai Sim, atau layanan SIM keliling agar bisa mencetak SIM yang telah diperpanjang. Sedangkan untuk syaratnya, silahkan simak masbro simak informasi syarat perpanjang sim online berikut ini.

  1. Mengisi formulir pengajuan perpanjang SIM
  2. Memiliki KTP Asli yang masih berlaku bagi warga negara Indonesia, atau dokumen keimigrasian bagi warga negara asing
  3. SIM Lama yang akan diperpanjang
  4. Surat keterangan kesehatan mata (KIR Dokter)
  5. Untuk perpanajngan SIM A Umum, B1, B1 Umum, B2, dan B2 Umum harus membawa surat keterangan lulus uji keterampilan simulator

Yah, syarat perpanjang SIM Online tidak berbeda jauh dengan perpanjang SIM secara langsung di Satpas, Gerai SIM, atau SIM Keliling. Hanya saja semua berkas yang dibutuhkan harus diupload saat melakukan pendaftaran perpanjang SIM melalui situs sim.korlantas.polri.go.id. Nantinya pembayaran perpanjang SIM bisa dilakukan melalui ATM, EDC, ataupun teller Bank BRI di seluruh Indonesia. Setelah membayar, maka selanjutnya kita harus datang ke lokasi Satpas, Gerai SIM, atau SIM Keliling yang sudah dipilih saat mendaftar perpanjang SIM Online.

Walaupun sudah menggunakan sistem online, namun kita tetap harus datang untuk ke Satpas, Gerai, Sim Keliling. Tujuannya adalah untuk proses identifikasi dan verifikasi yang terdiri dari pengambilan foto, sidik jari, dan tanda tangan. Setelah itu kita tinggal menunggu sim baru selesai di cetak. Biaya perpanjangan SIM Online juga sama dengan perpanjangan SIM secara langsung. Dimana untuk SIM A dikenakan biaya perpanjangan sebesar 80 Ribu Rupiah dan SIM C sebesar 70 Ribu Rupiah. Selain itu, kita membayar biaya asuransi kecelakaan sebesar 30 Ribu Rupiah, namun sifatnya tidak wajib.

3. Prosedur Perpanjangan SIM

Prosedur Perpanjang SIMProsedur perpanjangan SIM secara online maupun langsung sebenarnya hampir sama. Kita tetap harus datang ke Satpas, Gerai SIM, atau layanan SIM Keliling agar nantinya bisa mencetak SIM baru yang sudah diperpanjang. Bedanya untuk prosedur perpanjangan SIM Online proses registrasinya harus dilakukan melalui website www.sim.korlantas.polri.go.id, sehingga akan mempersingkat waktu registrasi dibandingan kita memperpanjang SIM secara langsung.

Baik secara online maupun langsung, juga membutuhkan beberapa syarat perpanjang SIM yang mengharuskan kita melengkapi beberapa dukumen, tersediri dari KTP, SIM Lama, dan kartu keterangan sehat. Setelah itu kita kita harus membayar biaya perpanjangan SIM atau PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak). Besaran perpanjang SIM secara online dan langsung sama persis. Biayanya tak semahal biaya membuat SIM baru, jadi masbro tak perlu khawatir disaat masa berlaku SIM hampir habis.

Perlu kami ingatkan sekali lagi, bahwa perpanjangan SIM yang telat satu hari maka harus membuat SIM baru. Nah bagi yang belum tahu bagaimana cara membuat SIM baru, silahkan simak informasi berikut “Cara Membuat SIM Online“. Proses pembuatan SIM baru memang lebih rumit dan menyita banyak sekali waktu. Oleh karena itulah masbro jangan sampai telat memperpanjang SIM agar tidak perlu melakukan pengajuan SIM baru. Adapun prosedurnya silahkan simak dibawah ini.

  1. Bagi yang ingin memperpanjang SIM Online, harus melakukan proses registrasi melalui situs www.sim.korlantas.polri.go.id.
  2. Pemohon perpanjangan SIM harus membawa syarat adminstrasi yang terdiri dari Kartua Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku dan SIM lama yang masih berlaku
  3. Calon peserta perpanjangan SIM harus membawa hasil tes kesehatan
  4. Membayar biaya perpanjangan SIM sesuai golongan SIM.
  5. Pemohon perpanjangan SIM mengisi formulir pendaftaran
  6. Pemohon perpanjangan SIM mendaftar di Pokja Pendaftaran
  7. Melakukan identifikasi dan virifikasi yang meliputi, Foto, Sidik Jari, dan Tanda Tangan
  8. Perserta perpanjangan SIM menerima SIM yang sudah diperpanjang
Baca Juga :   Harga Yamaha X-Ride 2019 : Spesifikasi & Warna Terbaru

Setelah semua syarat perpanjangan SIM 2019 telah siap, masbro hanya tinggal Registrasi kemudian melakukan proses Identifikasi (Foto, Sidik Jari, Tanda Tangan). Setelah itu proses perpanjangan SIM akan dilakukan oleh petugas perpanjangan SIM di Satpas, Gerai SIM ataupun SIM Keliling. Kemudian kita tinggal membayar biaya perpanjangan, dan mengambil SIM yang sudah diperpanjang.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Harga Motor Viar Harga Motor Triumph
Harga Motor BMWMobil Diesel Terbaik 

Nah demikianlah informasi mengenai syarat perpanjang SIM 2019 beserta prosedur dan caranya. Bisa dikatakan proses perpanjangan SIM sangatlah mudah. Masbro hanya perlu datang ke lokasi Satpas, Gerai SIM, SIM Keliling, ataupun SIM Corner yang tersedia dimasing-masing daerah. Kami jamin prosesnya sangat cepat. Bahkan apabila tidak mengantri dan syarat perpanjangan SIM yang kita bawa sudah lengkap, maka prosesnya hanya membutuhkan waktu kurang dari 30 menit. Sekian informasi otomotifer.com kali ini, semoga informasi otomotif di atas bermanfaat dan bisa menjadi bahan referensi.

0/5 (0 Reviews)