Syarat dan Cara Kredit Motor Honda, Yamaha, Suzuki & Kawasaki

Advertisement

Syarat dan Cara Kredit Motor – Motor menjadi salah satu alat transportasi yang sangat populer di Indonesia. Kendaraan bermotor telah menjadi kebutuhan sekunder bagi masyarakat Indonesia.

Alasan motor menjadi alat transportasi yang sangat populer di Indonesia, karena penggunaan sepeda motor lebih praktis dan mudah. Selain itu, harga sepeda motor lebih murah dibandingkan alat transportasi mobil.

Untuk mendapatkan sepeda motor sebenarnya mudah. Pada era modern ini semua keinginan dan kebutuhan dapat tercapai tanpa harus mengumpulkan dana sebesar harga barang.

Advertisement

Mendapatkan kendaraan bermotor saat ini telah memiliki banyak cara, salah satunya membeli dengan sistem cicil. Tidak hanya motor baru saja yang bisa membeli dengan sistem cicil namun, motor bekas juga bisa.

Namun, jika kalian akan membeli sepeda motor dalam sistem cicil sebaiknya berfikir panjang untuk memastikan bahwa kondisi keungan bisa untuk menutupi cicilan perbulannya.

Syarat dan Cara Kredit Motor

Syarat dan Cara Kredit Motor

Nah, bagi kalian yang ingin mendapatkan sepeda motor tanpa harus mengeluarkan uang banyak di depan karena memakai sistem cicil  atau kredit maka harus mengerti terlebih dahulu syarat cara melakukan kredit motor. Syarat dan cara kredit motor akan kami ulas di bawah ini.

Advertisement

Syarat Kredit Motor

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Usia minimal 21 tahun
  3. Foto copy KTP. Jika calon yang akan kredit motor memiliki pasangan sertakan fotocopy KTP pasangan.
  4. Foto copy KK
  5. Foto copy akta nikah bagi yang sudah menikah
  6. Foto copy bukti penghasilan kerja. Namun, bagi wiraswasta bisa dengan memfoto bisnis yang dilakukannya
  7. Melunasi kredit motor sebelum umur 50 tahun
  8. Bukti pembayaran listrik, air.

Jika semua persyaratan di atas telah disiapkan, tentukanlah sistem kredit kalian. Menentukan beberapa lama tenornya dan berapa lama besar angsuran yang harus dibayarkan setiap bulannya.

Ketika persyaratan siap, kalian harus membayar dp motor kepada pihak dealer. Biasanya dp yang harus dibayarkan untuk mengambil motor dalam bentuk kredit yaitu 15% dari harga motor.

Cara Kredit Motor

  1. Cara pertama kredit motor yaitu mendatangi dealer motor dan memilih jenis kendaraan yang kalian inginkan
  2. Biasanya ketika kalian mendatangi dealer motor akan didampingi oleh leasing. Ketika leasing mendampingi anda memilih jenis motor, tanyakan saja bagaimana sistem pengambilan motor secara kredit pada dealer tersebut.
  3. Setelah mengerti sistem pengambilan motor secara kredit pada dealer  tersebut, lalu tentukan tenor yang kalian inginkan. Kata lain tenor yaitu menentukan jangka waktu jangka waktu angsuran atau lamanya angsuran.
  4. Cara ketiga yaitu membahas berapa uang muka dan biaya administrasi yang harus kalian bayarkan untuk mengambil sepeda motor sesuai keinginan kalian.
  5. Jika setuju dengan semua aturan kredit motor, langkah selanjutnya mengisi formulir pengajuan kredit
  6. Pengisian formulir pengajuan kredit telah selesai, maka petugas meminta kalian menyerahkan dokumen yang menjadi syarat pengajuan kredit.
  7. Ketika semua dokumen sudah beres, petugas akan memberikan salinan formulir serta bukti pembayaran uang muka motor.
  8. Sebelum proses pengajuan kredit selesai, petugas akan memberikan keterangan denda serta ketentuan kredit kepada kalian secara lengkap.
  9. Cara kesembilan yaitu petugas leasing akan mendatangi tempat kalian untuk survey. Namun, jika kalian sudah memiliki surat keterangan kerja, petugas akan mengabaikan proses survey.
  10. Langkah yang ditunggu calon pengkredit motor yaitu pengajuan telah disetujui. Pada langkah tersebut petugas leasing akan menginformasikan dan kendaraan bermotor yang kalian inginkan akan diantar ke rumah.
  11. Langkah pengambilan motor belum selesai ya bro, ketika motor yang diinginkan sudah sampai ketempat kalian jangn lupa membayar cicilan setiap bulannya sampai lunas bro.
Baca Juga :   Harga Mobil Murah 2020 Terbaru Dibawah 200 Juta

Syarat serta cara pengambilan motor secara kredit telah selasai. Bagaimana? cukup mudahkan untuk memiliki kendaraan walaupun dengan cara kredit. Terpenting dari pengambilan kendaraan secara kredit yaitu jangan menunda pembayaran cicilan setiap bulannya yaa bro hehe. Jika, terdapat keterlambatan pembayaran secara terus menerus motor kalian akan diangkut kembali oleh pihak dealer.

Sebelum kredit motor kitar harus memahami konsekuensinya, yakni harus membayar cicilan perbulan sesuai jangka waktu yang kita beli. Besar kecilnya cicilan tergantung dari besaran DP dan waktu cicilan. Semakin pendek jangka waktunya, maka cicilannya akan semakin kecil.

Advertisement
Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Cara Menyetel Klep MobilCara Mengendarai Mobil Matic
Cara Memperbaiki Aki Basah Cara Perpanjang Sim Online

Syarat kredit motor di atas bisa berbeda, karena tergantung pihak dealer dan finance yang mengurusi kredit motor. Untuk lebih jelasnya silahkan mendatangi dealer motor Yamaha, Honda, Kawasaki, ataupun yang lainnya.  Nah cukup sekian informasi otomotifer.com pada kesempatan kali ini, semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

Advertisement
5/5 (1 Review)