Mobil Paling Irit BBM 2019 di Indonesia Termurah

Mobil Paling Irit BBM 2019 – Salah satu pertimbangan dalam memilih sebuah mobil adalah konsumsi bahan bakarnya. Hal ini sangat penting agar kita bisa berkendara secara efisien, tanpa perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli bensin. Ada banyak sekali mobil irit BBM yang bisa masbro beli di tahun 2019. Pilihannya juga beragam dan harganya bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Menariknya, rata-rata mobil paling irit di Indonesia harganya cuma 100 Jutaan. Sebagai contoh adalah Datsun Go, Daihatsu Ayla, Toyota Agya, dan masih banyak lagi lainnya. Salah satu faktor yang membuat deretan mobil tersebut sangat irit adalah karena kapasitas mesinnya terglong kecil, yakni antara 1.000cc sampai 1.200cc. Beberapa diantaranya juga masih menggunakan mesin 3 Silinder.

Kelebihan mesin 3 Silinder adalah memiliki gesekan lebih rendah dibanding mesin 4 Silinder yang otomatis akan mengoptimalkan sistem pembakaran, sehingga konsumsi bahan bakar lebih efisien. Selain itu, ada pula mobil irit BBM yang menggunakan mesin bertenaga Diesel. Selama ini mobil diesel memang dikenal sangat irit, dan didukung harga bahan bakar yang lebih murah dibandingkan mobil bermesin bensin.

Konsumsi bahan bakar sebuah mobil juga dipengaruhi oleh gaya berkendara masing-masing driver. Apabila terlalu dalam menginjak pedal gas (ngebut), tentu konsumsi bahan bakarnya lebih boros. Agar irit kita harus memacu mobil dengan kecepatan stabil. Faktor lainnya adalah kondisi jalan yang dilalui. Jika berkendara dikemacetan, maka bahan bakar akan terbuang secara sia-sia yang otomatis membuat mobil lebih boros.

Apabila ingin berkendara secara irit, maka lebih lewat jalan tol. Pasalnya kita bisa memacu mobil dengan kecepatan lebih stabil. Selain itu, jangan lupa menggunakan bahan bakar yang direkomendasikan setiap pabrikan agar performa mesin lebih optimal dan semakin efisien. Nah setelah mengetahui penyebab mobil boros ataupun irit, sekarang giliran kita melihat apa saja mobil paling irit BBM 2019 terbaru di Indonesia.

Rekomendasi Mobil Paling Irit BBM Di Indonesia

1. Mitsubishi Mirage

Mobil Paling Irit BBM di Indonesia

Konsumi BBM24,2 km/liter

Sampai detik ini Mitsubishi Mirage tetap menjadi mobil paling irit BBM di Indonesia. Mobil mungil ini memiliki konsumsi rata-rata BBM 24,2 km/liter saat dipakai berkendara di jalan tol. Kehematan Mirage tak lepas dari mesn 3 Silinder berkapasitas 1.193cc yang dimilikinya. Mesin tersebut juga repsonsif dengan keluaran tenaga sebesar 76 Horsepowe dan torsi 110 Nm. Selain itu, tersedia pula varian CVT dan manual yang otomatis akan mempengaruhi konsumsi bahan bakarnya.

2. Honda Brio Satya E

Mobil Paling Irit BBM Terbaik

Konsumi BBM22,6 km/liter

Ada beberapa varian Honda Brio, dan untuk tipe E CVT terbukti memiliki konsumsi bahan bakar rata-rata mencapai 22,6 km/liter. Transmisi CVT yang digunakan mobil paling irit BBM ini sudah mengadopsi Earth Dreams Technology yang menjadikan perpindahan transmisi lebih halus, performa mesin lebih maksimal serta hemat bahan bakar. Sedangkan untuk mesinnya memiliki kapasitas 1.2 Liter dan dilengkapi teknologi i-VTEC yang bisa menghasilkan tenaga sebesar 90 PS dan torsi 110 Nm.

3. All New Datsun Go CVT

Gambar Datsun Go Panca

Konsumi BBM22 km/liter

Datsun Go generasi terbaru telah tersedia dalam varian CVT. Sistem transmisi tersebut secara tak langsung membuat konsumsi bahan bakar Datsun Go semakin irit. Terlebih mobil ini ditenagai mesin 3 Silinder berkapasitas 1.998cc yang menjadikan konsumsi BBM Datsun Go CVT mencapai 22 km/liter. Harga mobil paling irit BBM 2019 tersebut juga sangat murah, karena untuk varian CVT dipasarkan dengan harga mulai Rp. 129 Jutaan.

4. Suzuki Karimun Wagon R

Gambar Suzuki Karimun Wagon R

Konsumi BBM21,5 km/liter

Keiritan sebuah mobil memang bervariasi, tergantung dari gaya berkendara, kondisi jalan, jenis bahan bakar, dan kecepatan mobil itu sendiri. Nah yang mendarik dari Suzuki Karimun Wagon R adalah pernah menjadi juara dalam lomba adu irit. Dimana konsumsi bahan bakarnya mencapai 57 km/liter. Namun apabila berkaca dari konsumsi bahan bakar rata-rata pengguna Karimun Wagon R adalah sekitar 21.5 km/liter, sehingga layak menjadi salah satu mobil paling irit BBM terbaik di Indonesia

5. Datsun Cross

Harga Mobil Datsun Cross

Konsumi BBM21,2 km/liter

Datsun menghadirkan mobil irit BBM dengan harga murah bernama Datsun Cross. Mobil bermesin 3 Silinder tersebut dipasarkan dengan harga Rp. 161 Jutaan untuk tipe manual dan Rp. 173 Jutaan untuk tipe CVT. Mesin yang dipakainya sama persis dengan Datsun Go CVT, jadi jangan heran apabila keduanya sama-sama irit. Dimana mobil paling irit BBM ini hanya membutuhkan 1 Liter bensin untuk menempuh jalan 21,2 km saat diuci pada jalan bebas hambatan.

6. Suzuki Ignis SE MT

Harga Mobil Suzuki Ignis

Konsumi BBM21 km/liter

Mobil paling irit BBM selanjutnya adalah Suzuki Ignis. Untuk varian SE MT terbuti memiliki konsumsi bahan bakar rata-rata 21 km/liter. Selain irit, Suzuki Ignis juga memiliki desain bercita rasa SUV yang gagah dan stylish. Sedangkan untuk jantung pacunya ditenagai mesin 4 Silinder berkapasitas 1.197cc yang memberikan asupan tenaga 83 PS di putaran 6.000 rpm dan torsi 113 Nm di putaran 4.200 rpm. Soal harga, mobil irit BBM ini bisa kita dapatkan mulai Rp. 157 Jutaan.

7. Daihatsu All New Sirion

Harga Mobil Daihatsu Sirion

Konsumi BBM21 km/liter

Daihatsu Sirion layak disebut sebagai city car murah terbaik di Indonesia. Mobil ini telah dibekali mesin baru dengan teknologi Dual VVT-i dan Drive-By-Wire yang meningkatkan performa berkendara dan menjadikan konsumsi bahan bakar semakin irit. Menurut pengujian beberapa awak media, All New Daihatsu Sirion mencatatkan rata-rata konsumsi bahan bakar 21 km/liter. Selain itu, mobil paling irit BBM ini sudah dilengkapi fitur Vehicle Stability Control, Traction Control, ABS, EBD, dan Airbags.

Baca Juga :   Mobil Dibawah 100 Juta 2019 Terbaik di Indonesia

8. Toyota Agya

Harga Toyota Agya

Konsumi BBM20,7 km/liter

Toyota Agya menjadi salah satu mobil paling irit BBM di Indonesia. Dimana konsumsi BBM terbaiknya adalah 20,7 km/liter. Hasil tersebut bisa berbeda-beda tergantung varian yang masbro beli. Namun yang pasti mobil ini sangat irit, karena sudah dilengkapi mesin 1.2 Liter berteknologi Dual VVT-i. Tak hanya itu, Toyota juga menghadirkan varian 3 Silinder berkapasitas 998cc yang menjadi varian termurah Toyota Agya di Indonesia.

9. Daihatsu Ayla

Harga Mobil Daihatsu Ayla

Konsumi BBM20,7 km/liter

Mesin yang dipakai Daihatsu Ayla sama saja dengan Toyota Agya. Itu artinya konsumsi bahan bakar keduanya tidak berbeda jauh. Paling tidak kita bisa mengendarainya dengan konsumsi BBM sekitar 20,7-21 km/liter saat berkendara di jalan bebas hambatan. Desain mobil paling irit BBM ini juga hampir sama dengan Agya. Pasalnya Toyota dan Daihatsu menggunakan platform yang sama untuk merancang mobil LCGC 100 Jutaan tersebut.

10. Honda Civic Turbo

Harga Mobil Honda Civic Turbo

Konsumi BBM20,4 km/liter

Ini baru namanya mobil keren. Pasalnya Honda Civic Turbo memiliki mesin bertenaga besar, namun konsumsi bahan bakarnya tetap hemat. Dimana mesinnya memiliki kapasitas 1.496cc dan dilengkapi teknologi VTEC Turbo yang bisa menghasilkan tenaga maksimal sebesar 173 PS dan torsi 220 Nm. Kemudian untuk transmisinya memakai CVT dengan Earth Dreams Technology yang menjadikan mesin semakin bertenaga dan hemat bahan bakar. Keiritan mobil sedan ini sudah terbukti dengan konsumsi BBM rata-rata mencapai 20,4 km/liter.

11. Toyota Yaris

Harga Mobil Toyota Yaris

Konsumi BBM20,2 km/liter

Toyota Yaris berhasil mengalahkan Honda Jazz dalam hal kehematan bahan bakar. Hal ini tak lepas dari fitur Eco Mode yang disediakan Toyota untuk menghadirkan pengalaman berkendara lebih irit. Tercatat mobil ini bisa memiliki konsumsi BBM rata-rata sekitar 20,2 km/liter saat fitur Eco Mode diaktifkan. Sedangkan pada kondisi standar sekitar 17,8 km/liter. Selain itu, Toyota juga membekali Yaris terbaru dengan fitur Sport Mode yang otomatis menjadikan bahan bakar lebih boros.

12. Datsun Go Plus

Gambar Datsun Go Plus

Konsumi BBM20 km/liter

Bagi masbro yang mencari mobil keluarga murah dan irit, maka Datsun Go Plus bisa menjadi pilihan paling tepat. Mobil MPV bermesin 3 Silinder ini mencatatkan konsumsi bahan bakar rata-rata sekitar 20 km/liter. Angka tersebut bisa berubah menjadi lebih irit atau lebih boros, tergantung dari gaya berkendara masing-masing driver.

13. All New Toyota Rush

Mobil Murah Paling Irit

Konsumi BBM19,4 km/liter

Mungkin banyak orang mengira bahwa konsumsi bahan bakar All New Rush boros dikarenakan memiliki bodi yang besar. Padahal konsumsi bahan bakar rata-ratanya sekitar 19.4 km/liter. Kelebihan tersebut tak lepas dari teknologi Dual VVT-i yang disematkan Toyota untuk mengoptimalkan performa Rush. Sedangkan untuk jantung pacunya memakai mesin 4 Silinder 1.496cc bertenaga 103 horsepower.

14. Toyota Calya

Mobil LCGC Termurah Toyota

Konsumi BBM19 km/liter

Toyota Calya juga dikenal sebagai mobil irit BBM. Tercatat konsumsi bahan bakar rata-ratanya sekitar 19 km/liter saat dipakai berkendara di jalan tol. Mobil ini juga nyaman dikendara dan didukung kabin luas yang bisa menampung 7 penumpang. Soal harga tak perlu khawatir, karena sejatinya Toyota Calya merupakan mobil LCGC (Low Cost Green Car) yang bisa kita dapatkan dengan harga dibawah 150 Juta Rupiah.

15. Daihatsu Sigra

Gambar Daihatsu Sigra 1.0

Konsumi BBM19 km/liter

Sama halnya dengan Toyota Calya, Daihatsu Sigra juga sangat irit. Mobil LCGC ini layak disebut sebagai mobil paling irit BBM terbaik di Indonesia. Daihatsu juga menyediakan dua varian mesin yang terdiri dari 1.0 Liter dan 1.2 Liter. Untuk varian 1.2 Liter sudah dilengkapi teknologi Dual VVT-i dan memakai mesin 4 Silinder. Sedangkan untuk varian 1.0 Liter memakai mesin VVT-i 3 Silinder dengan tenaga 67 PS dan torsi 89 Nm.

16. Hyundai Santa Fe Diesel

Mobil Diesel Paling Irit

Konsumi BBM19 km/liter

Harga mobil paling irit BBM yang satu ini memang cukup mahal. Harganya setara Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport yang bersaing di segmen SUV premium. Hyundai juga menyediakan varian bensin dan diesel yang sama-sama bertenaga dan mampu mengeluarkan torsi sangat besar. Menariknya, untuk varian Diesel memiliki konsumsi bahan bakar sekitar 19 km/liter, sehingga tergolong sangat irit untuk sebuah mobil bermesin diesel berkapasitas 2.199cc yang sanggup mengeluarkan torsi mencapai 441 Nm dan tenaga 190 Hp.

17. Toyota Kijang Innova

Harga Toyota Kijang Innova

Konsumi BBM18,5 km/liter

Ada banyak sekali varian Toyota Kijang Innova. Untuk varian tertinggi menggunakan mesin Diesel berkapasitas 2.393cc yang sanggup memuntahkan tenaga sebesar 149 PS dan torsi 34,9 kgm. Mesin diesel tersebut tak hanya powerfull, namun juga hemat bahan bakar. Menurut informasi yang kami dapatkan, Kijan Innova Diesel memiliki konsumsi BBM 12,3 km/liter saat dikendarai didalam kota. Sedangkan untuk jalan tol bisa mencapai 18,5 km/liter.

18. Nissan March

Mobil City Car Paling Irit

Konsumi BBM18,5 km/liter

Di Indonesia harga mobil paling irit BBM ini dipasarkan mulai Rp. 185 Jutaan. Nissan March dibekali mesin berkapasitas 1.198cc yang bisa menghasilkan tenaga 76 PS dan torsi 10,6 kgm. Selain itu, tersedia pula varian 1.498cc dengan tenaga 102 PS dan torsi 10,8 kgm. Keduanya sama-sama irit dan bisa menghasilkan konsumsi bahan bakar rata-rata mencapai 18,5 km/liter atau bahkan bisa lebih.

19. Suzuki All New Ertiga

Harga Mobil Suzuki Ertiga

Konsumi BBM18,2 km/liter

Suzuki Ertiga generasi terbaru jauh lebih irit dibandingkan Ertiga generasi sebelumnya. Tercatat mobil irit BBM ini memiliki konsumsi bahan bakar rata-rata mencapai 18,2 km/liter. Suzuki memang membekalinya dengan mesin generasi terbaru yang lebih bertenaga da dengan standarisasi Euro4. Tak hanya itu, All New Ertiga juga menggunakan rangka body yang kokoh dan ringan sehingga membuat performa mesin lebih stabil dan bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Baca Juga :   Motor Sport 150cc Terbaik 2019 : Terbaru & Termurah

20. Volkswagen Tiguan

Mobil SUV Paling Irit

Konsumi BBM17,7 km/liter

VW Tiguan termasuk mobil mewah. Di Indonesia harga mobil paling irit BBM ini dibanderol sekitar 650 Juta Rupiah. Walaupun sangat mahal, namun mobil SUV ini menawarkan mesin bertenaga besar yang diimbangi dengan konsumsi bahan bakar sangat irit, mencapai 17,7 km/liter. Tak hanya itu, VW Tiguan juga memiliki interior super mewah dan dibekali beragam fitur canggih yang membuat harga mobil paling irit BBM ini layak dibanderol mahal.

21. BMW X3

Mobil Irit Termahal

Konsumi BBM17,5 km/liter

Bagi orang kaya yang mencari mobil SUV gagah, bertenaga, dan irit, maka kami sarankan membeli BMW X3. Harga mobil paling irit BBM tersebut dibanderol melebihi 1.1 Miliar. Sedangkan untuk spesifikasinya ditenagai mesin 1.998cc 4 Silinder yang bisa mengeluarkan tenaga sebesar 184 Horsepower dan torsi 290 Nm. Tenaga sebesar itu tak lepas dari teknologi Twin Turb yang disematkan BMW. Kemudian untuk konsumsi bahan bakarnya mencapai 17,5 km/liter.

22. Peugeot 3008

Mobil Teririt Di Indonesia

Konsumi BBM17,5 km/liter

Kami menjadi salah satu orang yang bermimpi memiliki Peugeot 3008. Mobil SUV asal Perancis tersebut menawarkan interior modern dan mewah layaknya BMW i8. Desain eksteriornya juga sangat gagah dan dibekali mesin berkapasitas 1.598cc yang bisa memuntahkan tenaga sebesar 165 Horsepower dan torsi 240 Nm. Yah, tenaga dan torsinya memang sangat besar, namun konsumsi bahan bakar Peugeot 3008 tercatat bisa mencapai 17.5 km/liter saat dipakai berkendara di jalan tol.

23. Honda Mobilio

Harga Mobil Honda Mobilio RS

Konsumi BBM17,05 km/liter

Satu lagi mobil irit BBM terbaik di Indonesia, yakni Honda Mobilio. Kami yakin semua pecinta otomotif tanah air mengenal mobil MPV yang satu ini. Honda Mobilio sering kali menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia yang mencari mobil keluarga murah dengan fitur yang lengkap. Performa mesin Mobilio juga responsif dan didukung konsumsi bahan bakar yang sangat irit mencapai 17,05 km/liter saat dipakai berkendara di jalan tol.

24. All New Daihatsu Terios

Harga Mobil Daihatsu Terios

Konsumi BBM16,2 km/liter

Apapun jenis mobilnya, kami yakin konsumsi bahan bakar di perkotaan akan jauh lebih boros. Salah satu faktornya adalah kemacetan yang harus memaksa mesin bekerja ekstra, sehingga membutuhkan bahan bakar lebih besar. Nampun apabila berkendara di jalan bebas hambatan, maka laju mobil akan lebih stabil dan membuat bahan bakar lebih efisien. Nah salah satu yang irit adalah All New Daihatsu Terios dengan konsumsi BBM rata-rata 16,2 km/liter atau bahkan bisa setara All New Rush yang memakai platform sama.

25. Mitsubishi Xpander

Harga Mobil Mitsubishi Xpander

Konsumi BBM16 km/liter

Persaingan mobil MPV tanah air tak lepas dari Mitsubishi Xpander dan Toyota Avanza. Keduanya merupakan mobil MPV 7-Seater yang menawarkan kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Namun diantara kedua mobil tersebut, rupanya Mitsubishi Xpander memiliki konsumsi BBM lebih irit. Menurut beberapa pengujian, mobil MPV ini hanya membutuhkan satu liter bensin untuk menempuh jarak 16 km.

26. Honda BR-V

Harga Mobil Honda BR-V

Konsumi BBM14,6 km/liter

Mobil paling irit BBM terbaik ini dipasarkan dengan harga melebihi 200 Juta Rupiah. Walaupun cukup mahal, namun Honda BR-V sangat tangguh dan bisa diandalkan sebagai mobil keluarga ataupun sebagai kendaraan sehari-hari. Konsumsi bahan bakar mobil tersebut juga sangat irit, yakni mencapai 14,6 km/liter. Hal ini tak lepas dari mesin 1.5 Liter SOHC i-VTEC yang dibawanya.

27. Isuzu Panther Grand touring

Gambar Isuzu Panther 2019

Konsumi BBM14 km/liter

Bagi masbro yang mencari mobil paling irit BBM dengan mesin Deisel, maka Isuzu Panther Grand touring bisa menjadi pilihan terbaik. Mobil diesel ini memiliki konsumsi BBM sekitar 14 km/liter, sehingga lebih irit dibandingkan Kijang Innova Diesel yang berkisar antara 12 km/liter. Tak hanya itu, mesin Panther juga dikenal sangat tangguh. Terbukti mobil ini bisa mengeluarkan tenaga sebesar 80 PS pada 3.600 rpm dan torsi 19,5 kgm pada 1.800 rpm

28. Toyota Avanza

Spesifikasi dan Harga Toyota Avanza 2019

Konsumi BBM12,5 km/liter

Selama ini mungkin masbro mengira bahwa Toyota Avanza merupakan mobil paling irit di Indonesia. Yah, meski tergolong irit namun konsumsi bahan bakarnya masih dibawah Xpander ataupun mobil lainnya yang kami sampaikan di atas. Menurut pengujian beberapa awak media, Avanza memiliki konsumsi BBM sekitar 12,5 km/liter. Mobil ini juga menawarkan desain yang lebih segara setelah sebelumnya mendapatakan pembaharuan dari Toyota.

29. Toyota Fortuner Diesel

Mobil Irit Bahan Bakar

Konsumi BBM12,2 km/liter

Walaupun tak menjadi mobil paling irit BBM di Indonesia, akan tetapi Toyota Fortuner tetap menjadi salah satu SUV terbaik saat ini. Mobil ini menawarkan desain gagah dan ketangguhan mesin diesel yang bisa diandalkan untuk melibas semua medan. Sayagnya harga Toyota Fortuner sangat mahal, sehingga pemiliknya hanya terbatas pada kalangan menengah ke atas.

30. Daihatsu Xenia

Mobil Irit Bensin

Konsumi BBM11,8 km/liter

Daihatsu baru saja meluncurkan Xenia generasi terbaru. Perubahan yang dibawanya tak terlalu banyak, dan untuk jantung pacunya masih mengandalkan milik Xenia generasi sebelumnya. Dimana mesinnya memiliki konsumsi bahan bakar rata-rata sekitar 11.8 km/liter. Mobil paling irit BBM tersebut juga menawarkan eksterior lebih modern serta fitur lebih lengkap dibandingkan Xenia sebelumnya.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Biaya Pembuatan SimGambar Daihatsu Ayla 1.2Mobil LCGC Terbaik
Gambar Mobil Tesla Model X 100DHarga Mobil TeslaJadwal MotoGP 2019

Nah itulah beragam pilihan mobil paling irit BBM terbaik di Indonesia. Selain mobil yang kami sampaikan di atas, tentu masih banyak mobil paling irit BBM lainnya. Informasi yang kami sampaikan di atas juga bisa berbeda, karena sejatinya untuk mengukur kehebatan sebuah mobil banyak faktor yang harus dipertimbangkan, seperti kondisi jalan, kecepatan, gaya berkendara, dan pastinya transmisi. Silahkan masbro pilih salah satu mobil paling irit BBM yang kami rekomendasikan di atas, dan semoga informasi harga mobil kali ini bermanfaat.

0/5 (0 Reviews)