Mobil LCGC Terbaik 2019 : Termurah & Paling Irit

Mobil LCGC Terbaik – Low Cost Green Car atau disingkat LCGC merupakan program pemerintah Indonesia untuk menghadirkan mobil murah yang ramah lingkungan bagi seluruh warga Indonesia. Program ini membawa dampak positif terhadap perkembangan industri otomotif tanah air. Pasalnya salah satu syarat mobil LCGC adalah wajib menggunakan komponen lokal, baik itu mesin, transmisi, axle, dan beragam komponen lainnya.

Sesuai Peraturan Menteri Perindustrian No. 33/M-IND/PER/7/2013, mobil LCGC juga harus memiliki konsumsi bahan bakar yang irit. Dimana setiap mobil LCGC wajib menggunakan mesin berkapasitas 980-1200cc dengan konsumsi bahan bakar paling sedikit 20 km/liter dan harus menggunakan bahan bakar minimal Ron 92 (Pertamax). Namun pada kenyataannya banyak pengguna mobil LCGC yang justru menggunakan BBM Ron 88 (bensin) atau Ron 90 (Pertalite).

Padahal mesin mobil LCGC sudah dirancang secara khusus untuk menggunakan bahan bakar Ron 92. Jadi apabila memakai bahan bakar yang harganya lebih murah, maka bisa membahayakan mesin dan membuat konsumsi bahan bakar lebih boros. Mungkin banyak orang yang berpikir, “Buat apa memakai bahan bakar mahal kalau yang digunakan merupakan mobil murah!”. Yah, harga mobil LCGC memang sangat murah, karena dibanderol tak sampai 150 Juta Rupiah.

Salah satu faktor yang membuat harga mobil LCGC lebih murah dibandingkan mobil pada umumnya adalah karena pemberian keringanan Pajak Pertambahan Nilai atas Barang Mewah (PPnBM) yang diberikan pemerintah Indonesia. Faktor lainnya adalah fitur yang terbatas dan tak semewah mobil yang dibanderol lebih mahal. Namun saat ini sudah banyak mobil LCGC terbaik yang memiliki fitur lebih mumpuni, dan untuk mengetahui apa saja tipenya silahkan simak dibawah ini.

Daftar Mobil LCGC Terbaik 2019

1. Toyota Calya

Mobil LCGC Termurah ToyotaToyota Calya sangat layak disebut sebagai mobil LCGC terbaik di Indonesia. Mobil ini memiliki desain modern dan stylish serta mampu menampung 7 penumpang sekaligus. Toyota juga melengkapinya dengan beragam fitur keselamatan, seperti Dual SRS Airbag, 3 Point Seabelt, Rear Parking Sensor, Isofix, dan sistem pengereman ABS (Anti-Lock Breaking System). Semua fitur tersebut sengaja diberikan agar semua penumpang merasa aman dan nyaman saat menaiki Toyota Calya.

Interior mobil LCGC terbaik ini juga cukup mewah dan didukung legroom lega disemua baris kursi. Lalu untuk jantung pacunya ditenagai mesin 4 Silinder DOHC 16 Katup dengan kapasitas 1.197cc. Mesin tersebut sanggup memproduksi tenaga sebesar 88 PS diputaran mesin 6.000 rpm dan torsi puncak sebesar 11 kg.m pada putaran 4.200 rpm. Menariknya lagi, mobil LCGC terbaik ini sudah mengadopsi teknologi Dual VVT-i layaknya yang menjadikan konsumsi BBM semakin irit.

2. Daihatsu Sigra 1.0

Gambar Daihatsu Sigra 1.0Mobil LCGC terbaik ini menggunakan basis yang sama dengan Toyota Calya. Bedanya Daihatsu Sigra tersedia dalam dua varian mesin. Dimana untuk varian termurah menggunakan mesin 3 Silinder DOHC VVT-i berkapasitas 998cc. Mesin tersebut sanggup memproduksi tenaga 67 PS di putaran mesin 6.000 rpm dan torsi 89 Nm pada putaran 4.400 rpm. Meski tenaga dan torsinya cukup kecil, namun hal ini membuat konsumsi bahan bakar Daihatsi Sigra 1.0 jauh lebih irit.

Tak hanya irit, mobil LCGC terbaik ini juga menawarkan kabin luas yang didalamnya tersedia tiga baris kursi untuk menampung hingga 7 orang penumpang. Selain itu, Daihatsu telah melengkapinya dengan fitur Electronic Power Steering yang menjadikan kemudi lebih ringan, sehingga lebih nyaman dikendalikan. Sayangnya untuk varian ini belum dilengkapi fitur ABS dan Dual SRS Airbag, jadi wajar apabila harganya jauh lebih murah.

3. Daihatsu Sigra 1.2

Gambar Daihatsu Sigra 1.2Bagi yang menginginkan fitur lebih lengkap, kami sarankan untuk membeli Daihatsu Sigra 1.2 tipe X yang telah dilengkapi fitur Dual SRS Airbag yang berguna untuk melindungi pengemudi dan penumpang saat terjadi kecelakaan. Tak hanya itu, Daihatsu juga memberikan fitur ABS (Anti-Lock Breaking System), namun hanya terbatas pada Sigra bertransmisi automatic. Lalu ada pula fitur Rear Sensor yang berguna untuk meningkatkan keamanan saat parkir mundur.

Mesin yang dipakai mobil LCGC terbaik ini sama persis dengan yang digunakan Toyota Calya. Dimana jantung pacunya ditenagai mesin 3NR-VE berkapasitas 1.197cc dan dilengkapi teknologi Dual VVT-i. Teknologi tersebut membuat konsumsi bahan bakar menjadi semakin irit dan performa mesin semakin responsif. Untuk tenaganya sendiri mencapai 88 PS pada putaran 6.000 rpm dan torsi puncaknya sebesar 108 Nm pada putaran 4.200 rpm.

4. Daihatsu Ayla 1.0

Gambar Daihatsu Ayla 1.0Inilah mobil LCGC termurah di Indonesia. Harganya dibanderol mulai Rp. 95 Jutaan. Harga tersebut merupakan harga Daihatsu Ayla Tipe D yang merupakan tipe terendah. Dengan harga semurah itu, jangan harap mobil ini sudah dilengkapi AC, Power Steering, Power Window dan sistem audio. Yah, fiturnya memang sangat minim, jadi lebih baik masbro membeli lainnya yang memiliki fitur lebih lengkap.

Baca Juga :   Biaya Pembuatan Sim 2019 : Untuk Sim C, A, B1 & D Terbaru

Untuk spesifikasinya sendiri, Daihatsu Ayla 1.0 ditenagai mesin bertipe 1KR-DE, DOHC dengan kapasitas 998cc. Mesin tersebut cukup responsif, namun tenaga yang dihasilkannya tergolong standar. Daihatsu juga menyediakan varian manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan yang bisa masbro pilih sesuai selera dan budget yang dimiliki. Setiap varian Ayla juga memiliki fitur berbeda-beda yang otomatis mempengaruh harga mobil LCGC terbaik tersebut.

5. Daihatsu Ayla 1.2

Gambar Daihatsu Ayla 1.2Mesin berkapasitas lebih besar membuat mobil LCGC terbaik ini terasa lebih nyaman dikendarai. Dimana jantung pacunya mengandalkan mesin 3NR-VE, DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.197cc. Mesin tersebut memberikan asupan tenaga sebesar 88 PS dan torsi 108 Nm yang disalurkan pada transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan. Tersedia beberapa varian berbeda dan untuk harganya dibanderol mulai Rp. 128 Jutaan.

Harga Daihatsu Ayla 1.2 memang jauh lebih mahal, karena dari segi fitur jauh lebih lengkap. Varian ini sudah dilengkapi sistem keselamatan standar berupa Dual SRS Airbag dan Side Impact Beam. Tersedia pula sistem audio 2 Din berlayar sentuh jika masbro membeli tipe R.  Sayangnya mobil LCGC terbaik ini belum dilengkapi fitur ABS (Anti-Lock Breaking System) yang notabennya sangat penting untuk mencegah roda terkunci saat mengerem mendadak.

6. Toyota Agya 1.0

Mobil LCGC TerbaikDaihatsu sudah sepenuhnya menjadi miliki Toyota Group. Jadi jangan heran apabila ada kesamaan antara Toyota Agya dan Daihatsu Ayla, karena keduanya menggunakan platform yang sama. Sama halnya dengan Ayla, mobil ini juga dipasarkan dalam dua varian mesin yang terdiri dari 1.0 Liter dan 1.2 Liter. Untuk varian termurah memakai mesin 3 Silinder 12 Katup DOHC VVT-i dengan kapasitas 998cc.

Tenaga yang dihasilkan mobil LCGC termurah ini sebesar 67 PS pada putaran 6.000 rpm dan torsi 9.1 kgm pada putaran 4.400 rpm. Mesin tersebut dioptimalkan oleh sistem pembakaran Electronic Fuel Injection dan transmisi manual 5 percepatan. Menariknya lagi, Toyota sudah melengkapinya dengan fitur Dual SRS Airbag dan jok Semi Bucket yang menjadikan mobil LCGC ini lebih aman dan nyaman saat dikendarai.

7. Toyota Agya 1.2

LCGC ToyotaBerbeda dengan Daihatsu Ayla, Toyota Agya 1.2 sudah dilengkapi fitur Anti Lock Breaking System. Sayangnya fitur tersebut hanya tersedia pada varian TRD yang notabennya merupakan varian termahal. Selain itu, Toyota menghadirkan fitur Audio Steering Switch dan sistem audio yang bisa terhubung ke smartphone pada tipe 1.2TRD dan 1.2G. Fitur menarik lainnya adalah Smoked Projector Headlamp dengan LED Light Guide serta lampu belakang LED yang tersedia pada semua varian Agya.

Kemudian soal jantung pacu, mobil LCGC terbaik ini ditenagai mesin berkubikasi 1.197cc yang dilengkapi teknologi Dual VVT-i untuk menghasilkan tenaga sebesar 88 PS pada putaran 6.000 rpm dan torsi 11 kg.m pada putaran 4.200 rpm. Tak hanya itu, Toyota juga melengkapinya dengan Eletronic Power Steering serta velg ring 14 inci yang dirancang dengan desain Two Tone, sehingga terlihat lebih sporty.

8. Datsun Go Panca

Gambar Datsun Go PancaTersedia beberapa varian Datsu Go Panca, dan untuk varian termurah dibanderol Rp. 105 Jutaan. Mobil LCGC terbaik ini ditenagai mesin 3 Silinder berkapasitas 1.198cc yang menawarkan efisiensi bahan bakar lebih irit dibandingkan mobil LCGC sekelasnya. Selain irit, Datsun Go Panca juga memiliki performa mesin responsif yang bisa diandalkan saat melewati jalanan tanjakan, menurun, ataupun menikung.

Soal fitur juga tak kalah dari mobil LCGC lainnya. Terbukti Datsun Go Panca sudah dibekali Headunit 2Din dengan monitor berukuran 6.75 inci yang bisa dikoneksikan langsung ke smartphone. Lalu untuk sektor eksterior telah tersedia Daytime Running Light (DRL) lampu utama berbentuk 3D yang terpasang pada bumper depan yang memiliki desain sporty, sehingga membuat tamilan luarnya terlihat lebih modern dan stylish.

9. Datsun Go Live

Gambar Datsun Go LiveDesain Datsun Go Live terlihat lebih nyentrik dengan aksen warna kuning yang mempercantik tampilan eksterior dan interior Datsun Go Live. Mobil ini tersedia dalam dua varian berbeda, yakni tipe manual dan CVT. Sedangkan untuk dapur pacunya sama persis dengan Datsun Go standar yang ditenagai mesin 3 Silinder 1.198cc yang sanggup memuntahkan tenaga sebesar 67 Horsepower dan sudah dilengkapi fitur Power Steering.

Mesin yang irit dan responsif menjadi salah satu kelebihan Datsun Go Live. Namun yang paling kami suka dari mobil ini adalah desainnya. Pasalnya Datsun Go Live telah dilengkapi Roof Spoiler, Front Bumper Under Guard, Rear Bumper Under Guard, Velg Ring 15″, lampu DRL dan atap berwarna Two Tone yang menambah nuansa modern dan sporty pada tampilan luar mobil LCGC tersebut.

10. Datsun Go Plus

Gambar Datsun Go PlusSebelum adanya Toyota Calya dan Daihatsu Sigra, Datsun sudah terlebih dahulu memasarkan mobil MPV disegmen LCGC. Nah di tahun 2019, Datsun menghadirkan mobil MPV baru yang harganya murah meriah, yakni All New Datsun Go+. Mobil ini dipasarkan dengan harga mulai Rp. 114 Jutaan sampai Rp. 135 Jutaan. Harganya sangat murah, namun sayangnya mobil LCGC terbaik ini hanya tersedia dalam varian manual.

Andai saja Datsun menyediakan varian CVT seperti yang dimiliki Datsun Go Panca, tentu peminat Datsun Go Plus akan semakin besar. Kekurangan tersebut bukan menjadi masalah berarti selama harga mobil LCGC terbaik ini tetap terjangkau. Apalagi Datsun Go Plus memiliki kabin luas yang bisa menampung 7 penumpang dan didukung beragam fitur canggih, seperti Head Unit 2DIN dengan layar sentuh 6.75 inci dan beragam fitur menarik lainnya.

Baca Juga :   Mobil Sport Murah 2 Pintu Terbaru 2019

11. Honda Brio Satya

Mobil LCGC Paling Irit HondaHonda Brio Satya layak menyandang status sebagai mobil LCGC terbaik 2019. Pasalnya mobil ini memiliki performa mesin paling powerfull dibandingkan mobil LCGC terbaik lainnya. Dimana jantung pacunya ditenagai mesin 1.2 Liter SOHC 4 Silinder Segaris dengan konfigurasi 16 Katup i-VTEC yang sanggup memproduksi tenaga sebesar 90 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi puncak 110 Nm yang diraih diputaran mesin 4.800 Nm.

Desain Honda Brio Satya telah mengalami perubahan cukup drastis. Sekarang desainnya terlihat lebih modern, stylish, dan elegan. Sayangnya hal ini membuat harga Honda Brio Satya menjadi lebih mahal. Kita harus merogoh kocek mencapai 140 Juta Rupiah untuk membeli Brio Satya termurah. Untungnya harga tersebut sebanding dengan fitur yang dimiliki Brio Satya. Dimana sudah ada fitur ABS + EBD dan Dual SRS Airbag yang menjadi fitur keselamatan standar pada setiap tipe Brio Satya.

12. Honda Brio RS

Gambar Honda Brio RSWalaupun spesifikasi mesinnya sama dengan Brio di atas, namun harga Honda Brio RS jauh lebih mahal. Dimana harganya mencapai Rp. 176 Juta untuk varian manual dan Rp. 191 Juta untuk varian CVT. Jadi bisa dikatakan Brio RS bukanlah mobil LCGC. Meski begitu mobil ini tetap bisa menjadi alternatif bagi masbro yang mencari mobil murah terbaik di Indonesia. Berbekal mesin bertenaga besar, tentunya Brio RS akan menawarkan kenyamanan berkendara yang optimal.

Fitur-fiturnya jauh lebih lengkap dibandingkan Brio Satya. Dimana sudah ada layar sentuh berukuran 6.1 inci sebagai sistem hiburan utama serta didukung Audi Steering Switch. Di sisi lain mobil ini memiliki velg ring 15″ dan A/C Digital. Dari segi eksterior juga berbeda dari Brio standar, karena sudah dilengkapi SideUnder Spoiler (Sidekirt), Rear Bumper dengan Diffuser dan atap berwarna Dual Tone yang otomatis membuat tampilan Brio RS terlihat lebih sporty.

13. Suzuki Karimun Wagon R

Gambar Suzuki Karimun Wagon RMobil LCGC terbaik 2019 selanjutnya adalah Suzuki Karimun Wagon R. Mobil ini dipasarkan dengan harga Rp. 112 Jutaan sampai Rp. 143 Jutaan. Suzuki juga menyediakan varian transmisi Manual serta AGS (Auto Gear Shift Transmision) yang dipadukan dengan mesin K10B 3 Silinder berkapasitas 998cc. Mesin tersebut bisa memproduksi tenaga sebesar 68 PS pada 6.200 rpm dan torsi 90 Nm pada 3.500 rpm.

Apabila dibandingkan dengan Honda Brio, tentu perbedaan performa diantara keduanya sangat jauh. Meski begitu, Suzuki Karimun Wagon R menawarkan konsumsi bahan bakar yang lebih irit, sehingga cocok dipakai berkendara diperkotaan. Selain itu, Suzuki telah melengkapi mobil LCGC terbaik 2019 ini dengan fitur Airbag serta sistem audio yang menyatu pada dashboard.

14. Suzuki Karimun Wagon R GS

Gambar Suzuki Karimun Wagon R GSDari luar memang terlihat kecil, namun nyatanya Suzuki Karimun Wagon R GS memiliki kabin cukup luas dan mewah. Desain eksterior mobil LCGC terbaik 2019 ini juga berbeda dari Karimun Wagon R. Pasalnya mobil ini memiliki headlamp lebih sipit dan front grille lebih stylish. Bagasi Suzuki Karimun Wagon R GS juga cukup luas, sehingga bisa menampung banyak barang bawaan saat berpergian.

Untuk jantung pacunya sama persis dengan Karimun Wagon R. Bedanya mobil ini hanya tersedia dalam varian transmisi Auto Gear Shift (AGS) yang dipercaya mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar Karimun Wagon R GS. Selain itu, mobil ini sudah dilengkapi fitur Airbag dan beberapa fitur keselamatan lainnya, seperti ELR Seat Belt, Child Proof Door Lock, dan kunci dengan fitur alarm.

15. Renault Kwid

Gambar Renault KwidAda banyak sekali mobil murah di Indonesia, dan salah satunya adalah Renault Kwid. Mobil ini diproduksi di India, sehingga bukan termasuk mobil LCGC. Meski begitu, harga Renault Kwid sama murahnya dengan mobil LCGC. Mobil ini dipasarkan dengan harga Rp. 119 Jutaan dan sudah dibekali mesin berkapasitas 999cc yang sanggup mengeluarkan tenaga sebesar 67 Horsepower dan torsi 91 Nm.

Konsumsi bahan bakar Renault Kwid juga irit. Tercatat mobil bisa menempuh jarak 22.3 km dengan satu liter bensin saat dipakai berkendara di jalan tol. Tak hanya itu, mobil murah ini juga dilengkapi Airbag dan Headunit berlayar sentuh 7 inci. Lalu ada pula instrument cluster digital dan desain bergaya SUV yang membuat Renault Kwid layak bersaing melawan mobil LCGC terbaik di Indonesia.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Harga Mobil Murah 2019 Kia PicantoMobil Murah 2019Gambar Suzuki Jimny 2019Mobil Terbaru 2019
Harga Mobil Mazda6 Elite SedanHarga Mobil MazdaMobil Keluarga Murah

Masih ada beberapa mobil murah lainnya yang harganya tidak berbeda jauh dengan mobil LCGC, seperti Suzuki Ignis, Wuling Confero, dan Wuling Formo. Silahkan masbro pilih salah satunya sesuai selera dan budget yang dimiliki. Semoga informasi harga mobil terbaru yang kami sampaikan di atas bisa menjadi referensi bagi masbro yang mencari mobil LCGC terbaik dengan harga termurah.

0/5 (0 Reviews)