9 Kelebihan dan Kekurangan Pertamax Untuk Mobil dan Motor

Otomotifer.com Bahan bakar pertamax memang dikenal mahal, untuk itu banyak masyrakat tidak memilih pertamax sebagai bahan bakar kendaraanya. Dengan harga  yang mahal menjadikan masyarakat lebih memelih menggunakan bahan bakar lain.

Advertisement

Biasanya bahan bakar pertamax ini digunakan bagi masyarakat yang memiliki pengetahuankelebihan pertamax sendiri. Penggunaan pertamax biasanya bagi yang memiliki kendaraan-kendaraan pribadi. Bagi kendaraan-kendaraan umum seperti angkot, bus dan lain-lain akan lebih memilih harga bahan bakar lebih murah dibandingkan pertamax.

Sebenarnya penggunaan bahan bakar pertamax memiliki banyak kelebihan. Kelebihan yang paling populer dari bahan bakar pertamax yaitu jika kalian kehabisan bahan bakar tidak ada hal yang tersisa sama sekali, namun jika bahan bakar yang lain biasanya tersisa seperti serpihan pasir ya bro.

Apa Saja Kelebihan Pertamax?

Kelebihan PertamaxUntuk mengetahui kelebihan-kelebihan yang dimiliki pertamax, mari kita ulas kelebihan pertamax berikut ini

1. Menghasilkan Tenaga yang Besar

Kelebihan dari pertamax yang pertama yaitu dapat menghasilkan tenaga yang besar. Hasil tenaga yang besar dari penggunaan pertamax dikarenakan pertamax mengandung zat karat, sehingga mampu menjaga kemurnian bahan bakar. Alasan menghasilkan tenaga yang besar yaitu pertamax ini memiliki jenis bahan bakar yang jernih serta proses pembajaran ini sempurna, sehingga dapat menghasilkan tenaga yang besar

2. Ramah Lingkungan

Alasan penggunaan pertamax dapat menjadi bahan bakar yang ramah lingkungan dikarenakan oleh pertamax tidak mengandung jenis timbal. Jadi, jika bahan bakar tersebut memiliki gas buang yang lebih ramah lingkungan ya bro.

Advertisement

3. Perawatan pertamax untuk mesin injeksi menjadi lebih mudah

Penggunaan pertamax bagi motor injeksi ini adalah pilihan yang tepat ya bro. Alasan yang tepat bahwa pertamax cocok bagi motor injeksi dikarenakan pertamax memiliki sifat detergency. Sifat detergency ini menjamin kebersihan pada  ruang bakar serta membuat mesin motor injeksi tidak mudah rusak. Mari bro, yang ingin merawat dengan baik motor injeksi gunakanlah bahan bakar pertamax ya bro.

4. Memiliki Oktan yang Cocok Untuk Mobil Keluaran Sekarang

Bahan bakar pertamax memiliki zat anti ngelitik atau yang biasa disebut dengan oktan. Pertamax memiliki angka oktan 92 yang sangat cocok bagi mobil keluaran sekarang. Jangan khawatir, tidak hanya mobil sekarang saja yang cocok memakai pertamax. Namun mobil-mobil keluaran dulu juga cocok memakai pertamax, justru membuat performa mobil lebih prima.

5. Menghemat Servis Kendaraan dalam Bentuk Besar

Biasaya service kendaraan adalah membersihkan kerak pada mesin motor dan dapat mengeluarkan biaya yang mahal. Jadi, jika kalian menggunakan bahan bakar pertamax dapat menghemat biaya kalian untuk melakukan service motor secara berkala serta menghemat dalam pembelian spare part.

6. Dilengkapi dengan Anti Karat serta Anti Oksidan

Fungsi dari pertamax dilengkapi dengan anti karat serta antu oksida ini memeliki tujuan dapat menjaga kemurnian bahan bakar dari campuran air, sehingga pembakaran bensin pada kendaraan akan terbakar dengan semppurna (demulsifer).

Baca Juga :   Syarat dan Cara Kredit Motor Honda, Yamaha, Suzuki & Kawasaki
Advertisement

Anti oksidan pada pertamax ini berfungsi dapat mengambat atau menangkal pertamax dari beroksidasi dengan udara yang menghasilkan air.  Sehingga kendaraan yang menggunakan bahan bakar pertamax tidak menghasilkan air.

Disamping kelebihan-kelebihan pertamax yang telah di ulas. Pertamax juga memiliki kekurangannya. Kekurangan dari pertamax yaitu sebagai berikut:

Kekurangan Bahan Bakar Pertamax

Kekurangan Pertamax

1. Membuat Mesin Menjadi Lebih Panas

Sayang sekali bahan bakar pertamax yang terlihat memiliki banyak kelebihan, ternyata juga memiliki kekurangan yaitu mesin menjadi lebih panas. Alasan mesin menjadi lebih panas menggunakan pertamax dikarenakan bahan bakar ini memiliki oktan tinggi.

Semakin kadar oktan tinggi maka semakin mempengaruhi usia serta performa mesin kendaraan tersebut ya bro. Sebenarnya penggunaan oktan yang tinggi untuk kendaraan keluaran sekarang termasuk bagus karena memiliki radiator sebagai pendingin mesin. Namun, jika motor kalian tidak memiliki radiator sebagai pendingin dengan menggunakan bahan bakar pertamax akan memnbuat mesin menjadi cepat panas.

Untuk itu, bagi kalian ketika akan menggunakan bahan bakar sebaiknya periksa terlebih dahulu ya bro terdapat radiator atau tidak pada motor kalian. Sebaiknya jika motor tidak memiliki radiator jangan disarankan tidak menggunakan pertamax ya bro demi keamanan kendaraan kalian.

2. Harga yang Cukup Mahal

Jika dibandingkan dengan bahan bakar yang lain, pertamax ini memiliki harga yang paling tinggi dari lainnya. Selain itu, harga pertamax akan semakin naik untuk waktu-waktu yang akan datang. Melihat harga yang cukup mahal, sebaiknya jika kendaraan kalian jika digunakan hanya sebentar saja sekedar antar jemput sekolah  lebih baik menggunakan bahan bakar yang memiliki harga lebih rendah seperti pertalite. Sehingga akan menghemat uang kalian ya bro.

Selain itu, kendaraan yang memiliki tahun terbit sudah tua sebaiknya gunakan saja bahan bakar dibawah pertamax ya bro. Selain hemat biaya juga menjaga mesin kendaraan agar tidak cepat panas. Karena semakin tinggi oktan semakin mahal juga harga jual bahan bakar tersebut.

Untuk mengetahui berapa harga Pertamax terbaru, silahkan simak informasi berikut ini “Daftar Harga Pertamax“.

3. Mengakibatkan Efek Knocking atau Ngelitik

Efek yang ditimbulkan dari knocking adalah suara mesin kendaraan menjadi aneh. Suara aneh dari mesin kendaraan biasanya disebabkan oleh kesalahan memilih bahan bakar ya bro. Selain itu, kesaalahan penggunaan bahan bakar diakibatkan oleh kompresi mesin menjadi tidak maksimal ketika dinyalakan oleh busi sehingga suara kendaraan menjadi aneh.

Cara menghindari kesalahan tersebut, sebaiknya kita perlu tahu dulu tentang nilai oktan atau Reseach Octane Number (RON) tiap bahan bakar. Selain itu, kita harus mengetahui kemampuan kompresi serta jenis mesin kendaraan agar kita mampu menggunakan jenis bahan bakar yang tepat sesuai dengan kendaraan yang digunakan.

Sebenarnya kasuk ngelitik karena menggunakan Pertamax sangat jarang. Biasanya kasus ini terjadi pada mobil yang harus menggunakan bahan bakar di atas RON 92, seperti Pertamax Turbo. Jadi apabila menggunakan Pertamax, maka bisa mengakibatkan ngelitik.

Pengertian-Pengertian Bahan Bakar

Jika dengan ulasan kelebihan serta kekurangan bahan bakar pertamax kalian masih ragu serta bingung, bahan bakar apa yang cocok untuk kendaraan kalian. Sebaiknya kalian mengerti terlebih dahulu dari beberapa pengertian tentang bahan bakar. Pengertian-pengertian bahan bakar tersebut berada dibawah ini

1. Bahan Bakar Premium

Bahan bakar premium adalah bahan bakar minyak jenis distilat dengan warna kekuningan jernih dengan kandungan oktan 88 serta menggunakan perwarna dye, selain itu bahan bakar pertamax juga menghasilkan NOx dan Cox dalam jumlah banyak.

Baca Juga :   Harga Yamaha X-Ride 2020 : Spesifikasi & Warna Terbaru

Bahan bakar ini dahulu sangat banyak digunakan oleh kendaraan beroda dua karena memiliki harga yang sangat terjangkau. Namun seiring berjalanya waktu, bahan bakar premium hampir sudah tidak ada pada bombensin karena terdapat bahan bakar pertalite yang memiliki harga terjangkau juga.

2. Bahan Bakar Pertalite

Bahan bakar pertalite ini dimunculkan pada tahun 2005. Pertalite merupakan bahan bakar gasoline yang memiliki angka oktan 90 dengan warna hijau terang dan jernih. Bahan bakar ini tepat digunakan bagi kendaraan bermesin bensin yang saat ini sedang beredar di Indonesia. Selain itu, penggunaan pertalite mampu menempuh jarak yang lebih jauh namun tetap memastikan kualitas serta harga yang terjangkau.

3. Bahan Bakar Pertamax

Jenis bahan bakar yang selanjutnya adalah pertamax. Pertamax merupakan bahan bakar minyak andalah pertamina. Bahan bakar pertamax ini sama halnya dengan premium ya bro sama-sama bahan bakar pengelohan minyak bumi. Keberadaan pertamax sudah cukup lama yaitu pada 10 Desember tahun 1999.

Pertamax merupakan bahan bakar yang memiliki nilai oktan tinggi dibandingkan dengan bahan bakar yang lain. Oktan yang dimiliki pertama adalah 92 sehingga bahan bakar ini cocok digunakan bagi kendaraan yang memiliki kompresi 9,1-10,1 terutama yang telah menggunakan teknologi injeksi.

Berkaca dari informasi di atas, maka bisa dikatakan kelebihan Pertamax dibanding Premium ataupun Pertalite adalah memiliki nilai kadar Oktan yang lebih tinggi, sehingga lebih berkualitas. Oleh karena itulah kami menyarankan memakai bahan bakar jenis ini agar performa kendaraan semakin optimal.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Perawatan Motor Setelah Turun MesinCara Mengurus Sim Hilang
Cara Membersihkan Mesin MobilBiaya Cabut Berkas Mobil

Bagaimana bro, setelah banyak mengulas tentang bahan bakar. Masih ragu untuk memilih bahan bakar untuk kendaraan kalian. Sebaiknya, sebelum kalian memilih bahan bakar tentukan terlebih dahulu ya yang sesuai dengan kendaraan kalian agar kondisi kendaraan tidak cepat rusak.

Advertisement
5/5 (1 Review)