Kelebihan Angin Nitrogen Untuk Motor dan Mobil

Advertisement

Kelebihan Angin Nitrogen – Keberadaan nitrogen memang sudah tidak asing lagi bagi kalian. Dahulu sangat sulit untuk menemukan nitrogen, tetapi keberadaan nitrogen sudah mudah untuk ditemukan. Kalian hanya mendatangi pom bensin maka akan menemukan nitrogen serta tambal ban tubeles.

Penggunaan nitrogen pada zaman dahulu hanya digunakan seperti ban pesawat, kendaraan tentara, motor balap serta mobil. Namun sekarang ini tidak hanya kendaraan tersebut yang memakai angin nitrogen, sekarang  banyak motor  yang memanfaatkan angin nitrogen. Walaupun harga angin biasa dibandingkan nitrogen lebih mahal nitrogen tetapi sudah menjadi favorit banyak orang untuk mengisi ban kendaraannya.

Alasan banyak orang menggunakan angin nitrogen dikarenakan nitrogen akan lebih ringan dibandingkan angin biasa, tidak hanya ringan tetapi juga akan lebih empuk ban kendaraan kalian. Selain itu penggunaan angin nitrogen akan membuat ban tidak cepat kempes.

Advertisement

Pengertian Nitrogen

Nitrogen sendiri memiliki pengertian yaitu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang N serta nomor atom 7. Nitrogen juga dinamakan sebagai zat lemas, karena zat ini bersifat malas. Dimaksud dengan zat malas dikarenakan zat ini tidak bereaksi dengan unsur lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Angin NitrogenKelebihan Angin Nitrogen

Kelebihan Angin Nitrogen

Dari pengertian nitrogen di atas, maka terdapat beberapa kelebihan angin nitrogen ya bro. Simak ulasan kelebihan angin nitrogen pada artikel otomotifer.com berikut ini

1. Daya Cengkram Ban Bertambah

Nitrogen mempunyai kelebihan sebagai daya cengkram lebih bertambah serta lebih stabil. Ban yang menggunakan angin nitrogen maka tampak ban akan menempel lebih sempurna pada permukaan jalan. Dengan alasan tersebut maka, keuntungan untuk kalian pengguna nitrogen untuk akan dapat menghemat bahan bakar hingga 3,3 persen.

Advertisement

2. Lebih Ringan

Penggunaan nitrogen dikatakan lebih ringan, dikarenakan nitrogen ini tidak tercampur dengan air. Selain itu, molekul pada nitrogen lebih besar sehingga nitrogen menawarkan pengisian yang lebih sempurna dalam ban. Walaupun bentuk ban itu sempurna, namun tidak terasa keras sehingga tarikan motor dengan angin nitrogen akan menjadi lebih ringan.

3. Tidak Mudah Kempes

Kelebihan ban yang menggunakan angin nitrogen menjadikan ban tidak cepat kempes. Hal tersebut terjadi karena molekul pada nitrogen lebih besar dibanding dengan molekul oksigen. Sehingga molekul  nitrogen sangat sulit keluar dari pori-pori ban. Keuntungan ini sebenarnya menjadikan kalian tidak perlu repot mengisi secara berulang-ulang ban kalian karena kempes.

4. Hemat Biaya

Walaupun penggunaan nitrogen lebih mahal dibandingkan dengan okigen, namun penggunaan nitrogen menjadi lebih hemat biaya karena tidak perlu repot mengisi secara berulang-ulang. Tidak hanya tidak mengisi angin nitrogen secara berulang-ulang, namun menjadi hemat biaya untuk mengisi bahan bakar. Karena, penggunaan nitrogen akan menghemat bahan bakar.

5. Anti Karat

Pemakaian angin oksigen akan membuat pelek kendaraan cepat berkarat, namun penggunaan nitrogen untuk ban anda justru tidak membuat pelek kalian cepat berkarat loh bro. Dikatakan penggunaan nitrogen anti karat karena nitrogen ini tidak mengandung air sedikitpun. Biasanya karat yang terjadi pada pelek karena embun yang keluar pada pagi hari. Untuk mencegah terjadinya karat pada pelek maka gunakanlah nitrogen yang tidak mengandung air sama sekali.

Baca Juga :   Cara Menghilangkan Goresan Pada Mobil Yang Baret Secara Mudah
Advertisement

6. Tidak Beresiko Meledak

Sifat dari nitrogen adalah non-corrosive, mampu mengurangi oksidasi serta karat karena N2 nihil oksigen dan unsur lembab. Jadi, penggunaan nitrogen tidak beresiko meledak karena memiliki suhu yang stabil. Sehingga ban tidak beriseko meledak karena kepanasan. Pasalnya jika pengendara sedang perjalanan jauh namun menggunakan angin nitrogen maka ban tersebut akan terhindar dari panas serta gesekan pada jalan aspal, sehingga ban menjadi tetap dingin dan tidak beresiko meledak.

7. Memperpanjang Umur Ban

Selain ban tidak cepat meledak, penggunaan nitrogen ini juga akan memperpanjang umur ban. Karena cara kerja nitrogen saat berada di jalan memiliki tekanan yang tepat, sehingga ban tidak cepat habis atau gundul serta tidak mudah kempes. Keuntungan bagi kalian pengguna angin nitrogen, akan menjadikan tidak mengeluarkan biaya untuk membeli ban yang baru secara berulang-ulang.

8. Meningkatkan Keselamatan

Mungkin ini yang paling ditunggu-tunggu dari beberapa kelebihan angin nitrogen. Kelebihan angin nitrogen untuk kali ini yaitu dapat meningkatkan keselamatan. Karena, tekanan pada ban itu sangat stabil serta stabilitas yang terjaga membuat kalian aman saat berkendara.

Kelemahan Ban Isi Nitrogen

Kekurangan Agin NitrogenSelain terdapat kelebihan penggunasn nitrogen untuk ban kalian, ternyata terdapat juga kelemahan nitrogen untuk mengisi ban. Berikut kelemahan nitrogen untuk ban

1. Harga Lebih Mahal

Kelemahan yang pertama yaitu biaya untuk mengisi nitrogen terbilang masih mahal dibandingkan dengan oksigen. Untuk mengisi nitrogen ini biasanya sari harga Rp 10.000 sampai Rp 20.000. Belum lagi, jika awalnya ban kalian bukan diisi nitrogen tetapi akan diganti dengan nitrogen maka akan menambahkan biaya kuras sekitar Rp 5000 sampai Rp 10.000.

2. Ketersediaan

kelemahan yang kedua yaitu pada ketersediaan nitrogen tersebut. Sekarang ini ketersediaan nitrogen biasanya hanya ditemukan pada pom bensin, sedangkan bengkel-bengkel jarang yang menyedikaan nitrogen. Sehingga, jika kalian  berpergian jauh serta jarang ada pom bensin dan mendadak ban kalian harus di isi nitrogen maka kalian harus menemukan tempat yang menyediakan nitrogen.

Cara Mengisi Nitrogen pada Ban

Setelah mengulas tentang kelebihan kelemahan nitrogen, kini penulis akan mengulas tentang bagaimana cara mengisi nitrogen pada ban kalian. Simak cara-cara tersebut dibawah ini:

  1. Pertama sebaiknya kalian menguras angin pada ban kendaraan dengan cara melepas pentil ban
  2. Jika merasa anginnya sudah terkuras semua, maka lakukanlah mengisi N2 (nitrogen) sebanyak 80 % sampai 85 % dari tekanan idealnya
  3. Langkah ketiga, lakukanlah seperti langkah pertama. Menguras N2 yang telah terisi tadi setelah itu isi kembali nitrogen dalam keadaan pentil masih terbuka. Tujuan dari menguras nitrogen dan mengisi kembali yaitu agar nitrogen pengisian kedua benar-benar terisi dengan murni N2
  4. Tutup kembali pentil, serta melanjutkan pengisian ban dengan ukuran yang ideal jangan terlalu berkurang dan berlebih.
  5. Terakhir, rasakan sensasi ban kalian dengan nitrogen dijamin penak tenan bro.

Cara Merawat Ban Isi Nitrogen

Jika kalian berminat ban kalian diisi dengan nitrogen maka harus mengetahui cara merawatnya. Cara-cara merawat nitrogen yaitu sebagai berikut

1. Memilih Layanan Nitrogen yang Menggunakan Mesin Nitrogen Generator

Jika akan mengisi nitrogen sebaiknya memilih layanan nitrogen dengan mesin nitrogen generator. Penggunaan mesin nitrogen generator ini akan lebih mampu menjamin kemurnian nitrogen kalian dibandingkan dengan mesin tabung.

2. Cek Tekanan Ban Sebulan Sekali

Fungsi mengecek ban sebulan sekali yaitu untuk mengetahui tekanan ban kalian. Jika ban kalian memiliki tekanan yang meingkat sebaiknya kalian menguras ban kalian dengan sistem vakum. Ketika kalian akan mengecek ban kalian maka datanglah pada operator nitrogen secara gratis.

Baca Juga :   Cara Mutasi Motor dan Mobil Beda Provinsi Terbaru 2019

3. Lakukan Pengurasan Ban Setiap 3 Bulan Sekali

Sebaiknya untuk menjaga performa ban kalian lakukanlah pengurasan ban kalian setiap 3 bulan sekali dengan sistem vakum. Dengan pengurasan tersebut maka ban kalian akan memiliki performa lebih bagus

4. Perhatikan Fisik Ban

Untuk menjaga performa pada ban kalian sebaiknya sering kali perhatikan fisik ban kalian. Jika ban kalian gundul akan menjadi salah satu fisik ban harus diganti. Selanjutnya, jika fisik ban kalian mengalami banyak tambalan juga akan mengurangi performa ban untuk itu segeralah ganti ban.

Di atas merupakan beberapa ulasan tentang nitrogen untuk ban. Maka sebaiknya untuk menjaga performa ban kalian gunakanlah angin nitrogen. Selain menjaga perfoma penggunaan ban kalian juga akan menjaga kemanan kalian saat berkendara ya bro. Silahkan mencoba ban kalian dengan nitrogen maka akan lebih jos jika digunakan untuk berkendara bro.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Cara Membersihkan Mesin MotorCara Menghilangkan Goresan Mobil
Cara Membersihkan Kaca BerjamurCara Memperbaiki Aki Kering

Nah setelah mengetahui kelebihan angin nitrogen dan kekuranganya, maka lebih baik kita langsung menggunakan nitrogen untuk menggantikan angin biasa. Pasalnya angin nitrogen memiliki banyak sekali kelebihan yang akan mengoptimalkan kenyaman motor ataupun mobil saat kita kendarai.

Advertisement
5/5 (1 Review)