Harga Yamaha MT-15 2019 & Spesifikasi Terbaru di Indonesia

Harga Yamaha MT-15 2019 – Desain agresif dengan suspensi depan Upside Down dan lampu LED bergaya robot menjadi beberapa kelebihan yang dimiliki Yamaha MT-15. Motor ini terlebih dahulu dipasarkan di Thailand, dan kemungkinan dalam waktu dekat ini akan dipasarkan secara resmi di Indonesia. Kami yakin pecinta otomotif tanah air sudah tak sebar menantikan hadirnya MT-15 di Indonesia. Terlebih motor ini sudah dibekali mesin berteknologi VVA yang menjadikan performanya di atas naked bike sekelasnya.

Yamaha MT-15 akan menggantikan posisi Yamaha Xabre yang selama ini menjadi andalan Yamaha dikelas 150cc. Di Thailand MT-15 bersaing melawan Honda CB150R ExMotion yang sampai detik ini belum kunjung hadir di Indonesia. Keduanya sama-sama dilengkapi suspensi Upside Down yang menjadikannya terlihat lebih gahar dan macho. Namun soal kegantengan, kami lebih memilih Yamaha MT-15 yang terlihat lebih agresif dibandingkan Honda CB150R Exmotion.

Spesifikasi dan Harga Yamaha MT-15

Review Yamaha MT-15

Spesifikasi dan Harga Yamaha MT-15Yamaha mengusung tagline “BORN OF DARKNESS” untuk menggambarkan kehebatan Yamaha MT-15. Desain motor ini memang terlihat sangat agresif, jadi wajar apabila Yamaha mengusung tagline tersebut. Namun bukan itu saja kelebihan yang dimiliki MT-15. Masih banyak kelebihan lainnya yang membuat harga motor ini patut dihargai mahal. Nantinya harga Yamaha MT-15 akan setingkat lebih mahal dari Yamaha Vixion, dan kemungkinan di atas Xabre.

Harga Yamaha Xabre sendiri mencapai Rp. 30.7 Juta, jadi kemungkinan besar harga Yamaha MT-15 di Indonesia akan berada dikisaran 30 Jutaan. Menurut kami harga 30 Jutaan merupakan harga yang pantas untuk beragam fitur serta kecanggihan teknologi yang dimiliki MT-15. Terlebih motor ini menawarkan desain bergaya Moge Look yang apabila dilihat sekilas mirip Yamaha MT-09. Nah untuk melihat lebih jauh kehebatan motor ini, silahkan simak ulasan berikut.

Dimensi

Headlamp Yamaha MT-15Desain sporty dan agresif menjadi kelebihan utama Yamaha MT-15. Untuk bodinya sendiri memiliki dimensi panjang 1.965 mm, lebar 800 mm, dan tinggi 1.065 mm. Lalu untuk sumbu rodanya berjarak 1.335 mm. Masbro harus siap-siap jinjit balet apabila memiliki tinggi badan di bawah 170cm. Pasalnya motor ini memiliki jok setinggi 810 mm dan ground clearance mencapai 155 mm. Lalu untuk bobotnya sekitar 133 kg.

Yah, bobotnya tergolong sangat ringan untuk sebuah motor ber-cc besar. Alhasil Yamaha MT-15 sangat nyaman diajak bermanuver melewati padatnya perkotaan serta cornering di tikungan. Selain itu, motor ini memiliki radius putar mencapai 2.4 meter yang menjadikan kita bisa lebih leluasa selap-selip melewati kemacetan ibu kota maupun saat melewati gang-gang sempit.

Desain

Desain Yamaha MT-15Aura sangar dan gahar langsung terpancar saat memandangi Yamaha MT-15 dari sisi depan. Hal ini tak lepas dari cover headlamp yang terlihat mirip muka robot di film Transformer. Lampu utamanya juga menggunakan LED yang memberikan penerangan lebih optimal saat berkendara di malam hari. Saat dilihat dari depan juga tampak suspensi Upside Down berbalut warna emas yang secara tidak langsung menambah kegaharan desain Yamaha MT-15.

Kemudian untuk bagian samping terlihat adanya Air Shroud yang dibuat dengan sudut meruncing dan dibawahnya sudah ada cover tambahan untuk melindungi radiator dari sisi samping. Lalu ada pula undercowl yang berguna untuk melindungi mesin dari batu kerikil maupun kotoran. Sedangkan untuk bagian belakang terlihat adanya jok tandem layaknya motor bebek dan matic yang menjadikan Yamaha MT-15 lebih nyaman dipakai boncengan.

Bagian belakang Yamaha MT-15 memiliki cover berlubang yang terlihat mirip Yamaha R15. Yamaha tak sembarang dalam mendesain motor ini, karena dirancang secara khusus agar lebih aerodinamis dan terlihat modern. Sebagai buktinya adalah stop lamp LED yang dibuat terpisah dari lampu sein. Lalu ada pula knalpot standar yang memiliki desian simple, namun tetap modern. Tangkinya juga terlihat gambot dan bisa menampung bahan bakar hingga 10 Liter.

Spesifikasi Mesin

Mesin Yamaha MT-15

Selanjutnya untuk sektor jantung pacu, Yamaha MT-15 ditenagai mesin 4 Tak 1 Silinder dengan konfigurasi 4 Katup SOHC. Mesin tersebut memiliki kapasitas ebesar 155cc dan dilengkapi teknologi VVA (Variable Valve Actuation). Teknologi tersebut berguna untuk menjaga tenaga dan torsi maksimum di setiap putaran mesin, sehingga menghasilkan performa lebih powerfull dan kemampuan akselerasi yang lebih cepat.

Sebanding dengan harga Yamaha MT-15, motor ini memiliki tenaga dan torsi sangat besar. Dimana tenaga maksimumnya mencapai 19 Horsepower dan torsi puncaknya menembus 14.7 Nm. Sedangkan untuk transmisinya menggunakan gearbox 6 percepatan yang dioptimalkan teknologi Assist & Slipper Clutch. Teknologi tersebut menjadikan perpindahan gigi lebih halus dan membuat kopling lebih ringan. Alhasil kita bisa berkendara dengan nyaman pada kecepatan rendah, sedang, ataupun tinggi.

Mesin yang digunakan Yamaha MT-15 tidak berbeda jauh dengan mesin Yamaha R15 serta Yamaha Vixion R. Ketiganya sama-sama memiliki mesin 155cc VVA dengan diameter silinder 58 mm dan jarak mesin 58.8 mm. Rasio kompresi mesinnya juga sama, yakni 11.6:1. Motor ini juga memiliki teknologi Fuel Injection yang menjadikan sistem pembakaran lebih sempurna, sehingga konsumsi bahan bakar lebih efsien.

Suspensi & Pengereman

Upside Down Yamaha MT-15

Salah satu daya tarik Yamaha MT-15 adalah memiliki suspensi Upside Down. Suspensinya dibalut warna emas dengan ukuran 37 mm yang menjadikan motor ini terlihat lebih kekar. Sedangkan untuk bagan belakang memakai suspensi Monoshock Absorber yang dipadukan dengan Swing Arm Alumunium. Menariknya lagi, motor ini sudah menggunakan rangka deltabox yang dikenal kuat dan kokoh serta membuat berkendara lebih stabil.

Suspensi Upside Down menjadikan handling lebih sempurna dan lebih stabil. Yamaha juga memberikan ban super lebar untuk mengoptimalkan kestabilan Yamaha MT-15. Dimana untuk bagian depan memakai ban tubeless berukuran 100/80-R17 dan ban belakang memakai ban 140/70-17. Kestabilan memang penting karena sangat berpengaruh terhadap kenyaman dan keamanan dalam berkendara.

Kemudian untuk sektor pengereman dibekali rem cakram di kedua rodanya. Yamaha juga menyediakan varian ABS yang otomatis membuat harga Yamaha MT-15 ABS dibanderol lebih mahal. Semoga saja varian ABS juga dipasarkan di Indonesia, sehingga kita mendapatkan sepeda motor yang memiliki sistem keselamatan mumpuni. Pasalnya teknologi ABS mampu mencegah roda terkunci saat mengerem mendadak dan bisa mencegah motor tergelincir saat melewati jalanan licin.

Fitur

Speedometer Yamaha MT-15Salah satu fitur andalan Yamaha MT-15 adalah speedometer full digital yang dilengkapi Shift Timing Light untuk memudahan pengendara memperoleh performa optimal saat melakukan perpindahan gigi. Desain speedometernya terlihat sama dengan yang dimiliki Yamaha R15. Beragam informasi berkendara akan ditampilan pada panel digital tersebut, seperti odometer, trip meter, sisa bahan bakar, dan gear postion.

Fitur motor bermesin 155cc ini memang cukup lengkap. Seperti yang sudah kami sampaikan di atas, Yamaha MT-15 telah dilengkapi fitur Assist & Slipper Clutch. Fitur tersebut memiliki dua fungsi berbeda. Dimana untuk Assist berguna untuk meringkan kopling dan Slipper Clutch untuk memperhalus perpindahan gigi. Lalu ada pula fitur lampu Hazard sebagai tanda dalam kendaan darurat ketika berkendara.

Pilihan Warna

Yamaha menyediakan empat pilihan warna yang terdiri dari warna putih dengan velg merah, lalu wara racing blue dengan velg biru, dan warna matte blue dengan velg berwarna fluorescent atau hijau stabilo. Sedangkan untuk warna terakhir adalah warna hitam yang velgnya juga hitam. Ke empat pilihan warnanya terlihat angker dan menunjukan jati diri Street Fighter yang agresif dan dinamis.

Spesifikasi Yamaha MT-15

BODY
Panjang1.965 mm
Lebar800 mm
Tinggi1.065 mm
Wheelbase1.335 mm
Ground Clearance155 mm
Tinggi Tempat Duduk810 mm
Berat133 kg
Kapasitas Tangki10 Liter
MESIN
Tipe MesinLiquid Cooled 4-Stroke, SOHC
Kapasitas Mesin155 cc
Tenaga19 HP {14,2 Kw} @ 10000 rpm
Torsi14,7 Nm @ 8500 rpm
Sistem PembakaranFuel Injection
TransmisiManual, 6-speed 1-N-2-3-4-5-6
StarterElectric
Bore X Stroke58,0 mm x 58,7 mm
Rasio Kompresi11.6:1
Tipe KoplingWet Type Multi-Plate Clutch; Assist & Slipper Clutch
KAKI-KAKI
RangkaDeltabox
VelgRing 17 Inch
Tipe BanTubeless
Ban Depan110/70-R17 M/C 54S
Ban Belakang140/70-R17 M/C 66S
Suspensi DepanInverted fork (Upside Down)
Suspensi BelakangMonoshock
PENGEREMAN
Sistem PengeremanABS
Rem DepanCakram
Rem BelakangCakram

Mesin yang dipakai Yamaha MT-15 merupakan mesin yang sebelumnya digunakan Yamaha R15 dan Vixion R. Mesih berteknologi VVA tersebut tergolong powerfull dan hemat bahan bakar. Selain itu, Yamaha membekali motor bermesin 155cc ini dengan suspensi depan Upside Down dan beragam fitur menarik lainnya yang pantas membuat harga Yamaha MT-15 dibanderol mahal. Nah bagi masbro yang penasaran ingin mengetahui harga Yamaha MT-15, silahkan simak di bawah ini.

Daftar Harga Yamaha MT-15

Harga Yamaha MT-15Motor ini belum dipasarkan secara resmi di Indonesia, jadi kami belum tahu secara pasti berapa harga Yamaha MT-15 di Indonesia. Kami sendiri berharap harganya lebih murah dibandingkan harga motor MT-15 di Thailand yang mencapai 98.500 Baht Thailand atau setara Rp. 45.7 Juta. Menurut kami harga tersebut terlalu mahal, karena seharusnya harga motor ini tak berbeda jauh dengan Yamaha Xabre yang dibanderol Rp. 30.7 Juta

Harga Yamaha MT-15 Non-ABS
Harga Yamaha MT-15 ABS
Harga Motor Yamaha Terbaru Cek Disini

Walaupun nantinya ada kenaikan harga, semoga harganya masih dibawah Yamaha R15 yang notabennya memiliki fitur dan mesin hampir sama. Terlebih Yamaha MT-15 merupakan motor naked bike yang kastanya masih dibawah R15 yang merupakan motor full fairing. Nah untuk memastikan berapa sebenarnya harga Yamaha MT-15 di Indonesia, mari kita sama-sama menunggu dengan sabar sampai motor ini dipasarkan secara resmi di Indonesia.

Kelebihan Yamaha MT-15

Gambar Yamaha MT-15

  • Desain agresif dan gahar dengan mengadopsi desain yang digunakan Yamaha MT-09
  • Memiliki headlamp Full LED dengan desian yang menatap tajam layaknya mata robot
  • Sudah menggunakan suspensi Upside Down yang menjamin kestabilan saat berakselerasi pada kecepatan tinggi
  • Dibekali ban berukuran besar agar semakin stabil dan nyama
  • Jok belakangnya dibuat tandem dengan jok depan, sehingga lebih nyaman dipakai berbocengan
  • Menawarkan posisi berkendara yang nyaman dan tak cepat melahkan
  • Motor ini dibekali speedometer full digital yang modren dan informatif
  • Lampu belakangnya sudah LED dan tersedia fitur Hazard
  • Dibekali mesin 155cc berteknologi VVA yang menjamin tenaga dan torsi maksimum di setiap putaran mesin
  • Tenaga dan torsi yang dikeluarkan juga besar, sehingga performa motor semakin responsif
  • Sudah ada rem cakram di kedua rodanya dan tersedia teknologi ABS.
  • Memakai rangka deltabox yang kuat dan kokoh

Kekurangan Yamaha MT-15

Gambar Motor Yamaha MT-15

  • Harga Yamaha MT-15 dibanderol cukup mahal
  • Joknya terlalu tinggi, sehingga membuat sebagai orang akan jinjit kaki ketika menaikinya
  • Yamaha belum menyediakan fitur Riding Mode maupun Traction Control
Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Gambar Motor Matic Yamaha Nmax ABSHarga Yamaha NMAXHarga Motor Matic Yamaha FreeGo S ABSHarga Yamaha FreeGo

Sudah seharusnya harga Yamaha MT-15 di Indonesia dibanderol lebih murah dibandingkan harga Yamaha R15. Harga dibawah 35 Juta merupakan harga yang paling tepat sehingga nantinya motor ini bisa bersaing melawan naked bike sekelasnya. Nah demikianlah informasi spesifikasi dan harga Yamaha MT-15 yang kami sampaikan kali ini, semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi pengunjung otomotifer.com di seluruh Indonesia.