Harga Yamaha FreeGo 2019 : Spesifikasi, Fitur & Warna

Harga Yamaha FreeGo 2019 – Motor ini mendapatkan sebutan “The Amazing Matic” dari Yamaha. Fitur-fitur yang dimilikinya memang menakjubkan sehingga layak disebut sebagai yang terbaik di kelas 125cc. Yamaha menyediakan 3 varian berbeda yang terdiri dari versi standar, S-Version, dan S-Version ABS. Untuk yang termurah dipasarkan dengan harga 18 Jutaan, sehingga bisa bersaing melawan Honda Vario 125 yang menjadi lawan terberat di kelas 125cc.

Rata-rata motor Yamaha memang memiliki mesin 125cc. Sebut saja, Yamaha Mio S, Fino, Soul GT, Mio M3, Mio Z, dan Lexi. Walaupun spesifikasi mesinnya sama, namun Yamaha FreeGo memiliki pasar berbeda. Motor ini diciptakan bagi konsumen yang mencari motor matic nyaman dan bertabur fitur premium. Desainnya juga keren, meski belum mengadopsi desain Maxi Skuter layaknya Yamaha Lexi maupun Yamaha Nmax.

SPESIFIKASI DAN HARGA YAMAHA FREEGO

Review Yamaha FreeGo

Spesifikasi dan Harga Yamaha FreeGo

Pasar motor matic di Indonesia memang tumbuh subur. Alhasil setiap pabrikan selalu berinovasi dalam menghadirkan produk terbaiknya yang mampu menarik minta konsumen secara luas. Begitu pula dengan Yamaha yang sangat berambisi mengalahkan Honda dalam persaingan motor matic di tanah air. Oleh karena itulah mereka selalu berinovasi menghadirkan motor matic terbai, dan salah satunya adalah Yamaha FreeGo.

Setiap varian FreeGo memiliki fitur berbeda-beda yang otomatis akan mempengaruhi harga Yamaha FreeGo. Tipe tertinggi tentu memiliki fitur lebih lengkap, jadi jangan heran apabila harga Yamaha FreeGo tersebut dibandrol jauh lebih mahal. Namun soal desain dan spesifikasi bisa dikatakan sama. Nah untuk mengetahui secara pasti seperti apa spesifikasi yang dimiliki Yamaha FreeGo, silahkan simak review berikut ini.

Desain & Dimensi

Yamaha FreeGoYamaha FreeGo menawarkan desain modern dengan tetap memperhatikan kenyamanan berkendara. Motor ini memiliki body berdimensi panjang 1.905 mm, lebar 690 mm, dan tinggi 1.100 mm. Sedangkan untuk jarak antara sumbu roda depan sampai belakang mencapai 1.275 mm dan memiliki tinggi tempat duduk berukuran 778 mm. Bodinya sedikit lebih besar dibandingkan Honda Beat, begitu pula dengan bobotnya yang mencapai 100 kg.

Salah satu yang menyebabkan body motor ini cukup besar adalah memiliki bagasi yang sangat luas. Daya tampungnya mencapai 25 Liter sehingga lebih besar dibandingkan Yamaha NMAX. Untuk mendapatkan kapasitas sebesar itu, Yamaha terpaksa memindahkan tangki bensin ke bagian depan atau lebih tepatnya di bawah setir. Inovasi ini menjadikan pengisian bensin lebih praktis tanpa perlu membuka jok.

Motor matic 125cc ini juga memiliki ruang pijakan kaki luas yang membuat berkendara semakin nyaman. Lalu pada bagian depan sudah terpasang lampu LED yang memberikan pencahayaan lebih terang dan awet. Lampu tersebut juga dilengkapi fitur Hazard, sehingga bisa digunakan sebagai tanda bahaya apabila terjadi sesuatu pada motor yang kita kendarai. Selain itu, tersedia pula lampu sein yang terpasang pada cover samping sama seperti Soul GT.

Spesifikasi Mesin

Performa Yamaha FreeGoMesin yang dipakai Yamaha FreeGo sudah dilengkapi teknologi Blue Core yang mengoptimalkan mesin 125cc sehingga membuatnya lebih irit, bertanaga, dan handal. Rupanya mesin Yamaha FreeGo diadopsi dari motor matic Yamaha sebelumnya seperti Mio S dan Fino. Alhasil tenaga dan torsi yang dikeluarkan juga sama. Dimana tenaga maksimalnya mencapai 7 kW pada 8.000 rpm. Sedangkan torsi puncaknya menembus 9.5 Nm pada 5.5000 rpm.

Tersedia pula sistem pembakaran Fuel Injection dan teknologi SMG (Smart Motor Generator). Teknologi SMG menjadikan suara mesin lebih halus ketika dinyalakan dan memberikan pengalaman berkendara lebih optimal. Motor ini juga memiliki konsumsi bahan bakar sangat irit, sehingga bisa diandalkan sebagai kendaraan harian untuk menemani aktivitas setiap pengendaranya.

Suspensi & Pengereman

Desain Yamaha FreeGoMengingat harga Yamaha FreeGo cukup terjangkau, jadi wajar apabila sistem pengeremannya masih menggunakan rem belakang tromol. Sedangkan untuk bagian depan sudah cakram. Yamaha juga melengkapinya dengan suspensi depan teleskopik standar serta suspensi belakang tunggal alias Monoshock. Nah bagi yang menginginkan sistem pengereman lebih canggih, maka bisa membeli Yamaha FreeGo S Version ABS.

Hadirnya teknologi ABS tentu membuat harga Yamaha FreeGo S Version lebih mahal. Terbukti motor ini dipasarkan dengan harga melebihi 20 Juta Rupiah. Selain itu, semua varian Yamaha FreeGo telah menggunakan ban tubeless dengan ukuran 100/90 – 12M/C 59J (depan) dan 110/90-12M/C 64L (belakang). Kedua ban tersebut membaluta velg ring 12 inci yang membuatnya terlihat lebih gambot meski profil bannya tergolong kecil.

Perbedaan Fitur

Fitur Yamaha FreeGoYamaha FreeGo Standar

Setiap varian Yamaha FreeGo memiliki fitur andalannya masing-masing. Nah untuk varian standar mengandalkan fitur Electric Power Socket yang bisa digunakan untuk mengisi daya gadget saat berkendara. Lalu ada pula speedometer digital yang memiliki desain modern dan dilengkapi Multi Information Display (MID) untuk menampilkan beragam informasi seputar berkendara, seperti kecepatan, sisa bahan bakar, dan jarak tempuh.

Yamaha FreeGo S Version

Harga Yamaha FreeGo S Version yang lebih mahal dikarenakan penambahan fitur Smart Key System (keyless). Fitur ini merupakan sistem penguncian canggih yang membuat kita tak perlu memasukan kunci mekanis untuk menghidupkan mesin. Masbro hanya perlu mengantongi remote keyless dan memutar knob atau tuas yang terletak di deck depan untuk menghidupkan mesin. Fitur tersebut juga terintegrasi pada Immobizer dan Answer Back System yang meningkatkan keamanana serta mempermudah kita mencari kendaraan di lokasi parkir.

Yamaha FreeGo S Version ABS

Yamaha membanderol harga Yamaha FreeGo S Version ABS melebihi 22 Juta Rupiah. Harganya cukup mahal, namun sebanding dengan fitur keselamatan yang dimilikinya. Pasalnya teknologi ABS membuat Yamaha FreeGo terhindar dari roda mengunci saat mengerem mendadak pada kondisi jalan licin atau hujan. Varian ini juga dilengkapi fitur Smart Key System yang mendukung immoblizer dan Answer Back System, jadi wajar apabila harga Yamaha FreeGo S Version ABS cukup mahal.

Pilihan Warna

Tersedia 6 pilihan warna yang bisa masbro pilih sesuai selera. Namun untuk tipe S Version hanya tersedia warna Matte Grey dan Matte Red. Sedangkan sisanya merupakan warna Yamaha FreeGo standar. Semuanya dibuat polos tanpa adanya balutan striping, sehingga terlihat semakin stylish, elegan, dan mewah. Terlebih motor ini memiliki lekukan desain modern serta ban ring 12 inci yang membuatnya semakin menarik.

Spesifikasi Yamaha FreeGo

Spesifikasi Yamaha FreeGo

BODY
Dimensi1905 mm x 690 mm x 1100 mm
Tinggi Tempat Duduk778 mm
Bagasi25 Liter
Berat100 kg
Kapasitas Tangki4.2 Liter
MESIN
Tipe MesinAir Cooled 4-Stroke,SOHC
Kapasitas Mesin125 cc
Tenaga7,0 kW / 8000 rpm
Torsi9,5 Nm/ 5500 rpm
Sistem PembakaranFuel Injection
TransmisiFull Automatic
StarterElectric & Kick Starter (Standart)
Bore X Stroke52,4 x 57,9 mm
Rasio Kompresi9,5 : 1
Tipe KoplingSingle dry clutch
KAKI-KAKI
RangkaUnderbone
VelgRing 12 Inch
Tipe BanTubeless
Ban Depan100/90 – 12M/C 59J
Ban Belakang110/90-12M/C 64L
Suspensi DepanTeleskopik
Suspensi BelakangMonoshock + Unit Swing
PENGEREMAN
Sistem PengeremanABS (S-Vesion ABS)
Rem DepanCakram
Rem BelakangTromol

Bebekal spesifikasi di atas, Yamaha FreeGo siap menantang Honda Vario 125 yang saat ini berjaya dikelas 125cc. Motor ini menawarkan banyak sekali fitur yang tidak dimiliki Vario 125. Terlebih Yamaha menghadirkan varian ABS yang menjadikan FreeGo terkesan sebagai motor matic premium. Nah bagi masbro yang tertarik membelinya, silahkan simak terlebih dahulu informasi daftar harga Yamaha FreeGo berikut ini.

Daftar Harga Yamaha FreeGo

Daftar Harga Yamaha FreeGoSeperti yang kami sampaikan di atas, setiap varian memiliki fitur berbeda yang otomatis akan mempengaruhi harga Yamaha FreeGo. Nah untuk tipe standar dibanderol sebesar Rp. 18.5 Juta. Harga Yamaha FreeGo tersebut memang terjangkau, namun untuk fiturnya masih kalah dari FreeGo S Version yang sudah dilengkapi Smart Key System dan sistem pengereman ABS. Sedangkan untuk fitur lainnya dibuat sama persis, begitu pula dengan mesinnya.

Harga Yamaha FreeGo StandarRp. 18.500.000
Harga Yamaha FreeGo S Version Non-ABSRp. 19.700.000
Harga Yamaha FreeGo S Version ABSRp. 22.500.000
Harga Terbaru Cek Di Sini

Bagi yang mencari motor matic dengan harga terjangkau dan memiliki fitur lengkap, Yamaha FreeGo merupakan pilihan paling tepat. Meski masbro hanya membeli tipe standar, namun masbro tetap mendapatkan fitur sekelas Electric Power Socket, Digital Speedometer, dan bagasi yang bisa menampung barang bawaan hingga 25 Liter. Motor ini juga irit bahan bakar dan memiliki performa mesin responsif, sehingga sangat layak dijadikan sebagai pilihan utama dalam mencari motor matic 125cc.

Kelebihan Yamaha FreeGo

  • Harga Yamaha FreeGo dibanderol cukup terjangkau dan tersedia beberapa varian yang bisa kita sesuaikan dengan budget yang kita miliki
  • Untuk varian S-Version sudah dilengkapi sistem pengereman ABS yang memberikan kontrol pengereman maksimal saat kondisi jalanan basah maupun licin
  • Tersedia pula fitur Smart Key System atau sistem penguncian Keyless pada tipe S-Version
  • Dibekali mesin 125cc yang hemat bahan bakar dan responsif
  • Memakai velg ring 12 inci yang membuat desain Yamaha FreeGo terlihat semakin fashionable
  • Kapasitas bagasi sangat besar, hingga mencapai 25 Liter
  • Yamaha menempatkan posisi tangki bensin pada bagian depan, sehingga lebih praktis saat mengisi ulang bensin
  • Sudah memakai speedometer digital yang tampak modern
  • Lampu depannya sudah LED lengkap dengan lampu Hazard
  • Yamaha melengkapinya dengan teknologi Smart Motor Generator yang menjadikan mesin lebih halus saat dihidupkan
  • Sudah menggunakan ban bertipe Tubeless

Kekurangan Yamaha FreeGo

  • Sistem pengereman pada roda bagian belakang masih tromol
  • Tidak ada peningkatan tenaga dan torsi dibandingkan mesin yang dipakai Yamaha Mio S maupun Yamaha Fino

Di dunia ini memang tidak ada motor yang sempurna, jadi jangan heran apabila Yamaha FreeGo tetap memiliki beberapa kekurangan. Walaupun begitu semua kekurangan Yamaha FreeGo akan tertutupi oleh fitur yang lengkap dan didukung desain keren dan stylish. Harga Yamaha FreeGo juga tak terlalu mahal, sehingga layak diperhitungkan bagi masbro yang sedang mencari motor matic di kelas 125cc. Bagaimana, apakah kalian tertarik membelinya ?