Harga Motor Genio 2019 : Review & Spesifikasi Terbaru

Advertisement

Harga Motor Genio 2019 – Honda baru saja merilis motor baru bernama “Honda Genio“. Motor ini dipasarkan di bawah Honda Scoopy, sehingga harga jualnya lebih murah. Meskipun murah, namun Honda tetap menyematkan fitur terbaiknya pada Honda Genio. Hal ini sangat penting untuk menjaga minat konsumen yang selama ini lebih condong membeli Beat, Vario 110, ataupun Scoopy.

Sama halnya dengan Scoopy ataupun Honda Beat, motor Genio mengusung mesin 110cc berteknologi eSP (Enhanced Smart Power). Honda sengaja menggunakan mesin tersebut agar harga motor Genio tetap terjangkau. Tersedia dua tipe Honda Genio yang bisa masbro pilih, yakni tipe CBS dan CBS-ISS. Menariknya lagi, motor ini tersedia dalam 11 pilihan warna yang disesuaikan dengan selera anak muda jaman sekarang.

Spesifikasi dan Harga Motor Genio 2019Spesifikasi dan Harga Motor Genio

Review Honda Genio

Meski kapasitas mesinnya sama dengan Honda Scoopy, namun konfigurasi mesinnya berbeda. Pasalnya mobil ini memiliki rasio kompresi lebih tinggi dan stroke lebih panjang. Sektor transmisi CVT juga dirombak dan menggunakan rangka baru yang diklaim lebih ringan. Semua ubahan tersbut membuat Honda Genio semakin menarik untuk dimiliki. Terlebih harga motor Genio tetap terjangkau.

Advertisement

Kita hanya perlu mengeluarkan uang 17 Jutaan apabila tertarik membeli skutik bergaya retro tersebut. Secara desain juga mirip dengan Scoopy, namun Honda Genio memiliki sudut-sudut lebih tajam agar menghasilkan kesan lebih modern dan sporty. Nah bagi yang penasaran ingin mengetahui harga motor Genio, silahkan simak review berikut ini.

Desain & Dimensi

Gambar Motor GenioSebagai salah satu motor baru di Indonesia, Honda Genio langsung menyita perhatian banyak orang. Pasalnya motor ini menawarkan desain stylish dan fashionable, sehingga sesuai selera anak muda yang merupakan target pasar utama Honda. Desainnya memang mirip Scoopy, namun Genio tetap memiliki kelebihannya tersendiri.

Motor Honda Genio sudah menggunakan lampu LED Projector yang akan menerangi perjalanan di malam hari. Lampu depannya dibuat terpisah dengan lampu sein, sehingga berbeda dari Scoopy yang saat ini dubat menyatu. Lalu ada pula deck luas yang memberikan kenyamanan berkendara secara maksimal dan memudahkan kita membawa barang bawaan pada deck depan.

Advertisement

Honda juga menyediakan kompartemen pada bagian depan untuk menaruh butol minuman, sarung tangan, dll. Selain itu, tersedia pula bagasi luas yang bisa menampung barang bawaan sebanyak 14 Liter. Nah yang menarik dari bagasi Honda Genio adalah memiliki fitur Power Charger yang bisa digunakan untuk mengisi daya baterai smartphone ataupun gadget yang masbro miliki.

Desain samping Honda Genio juga keren dan dibuat meruncing kebelakang untuk menghasilkan kesan retro modern. Jok motor ini juga cukup tipis, namun tetap nyaman digunakan. Adapun tinggi joknya berjarak 740 mm dan didukung ground clearance 147 mm. Lalu untuk dimensi memiliki panjang 1.869 mm, lebar 692 mm, dan tinggi 1.061 mm.

Pemakian rangka baru yang disebut sebagai eSAF (Enhanced Smart Architecture Frame) membuat bobot Honda Genio jauh lebih ringan. Motor ini hanya berboot 89 kg untuk varian CBS dan 90 kg untuk varian CBS-ISS. Itu artinya bobot Honda Genio lebih ringan dibandingkan Honda Scoopy yang berbobot 99 kg. Alhasil motor ini jauh lebih lincah dan gesit saat menerobos kemacetan.

Baca Juga :   Harga Yamaha Mio M3 2019 : Spesifikasi & Warna Terbaru

Performa Mesin

Gambar Motor Honda GenioDengan bobot sekitar 90 kg, maka pengendara wanita akan mudah mengendalikan Honda Genio saat berakselerasi. Kemampuan akselerasinya juga lumayan berkat mesin 1 Silinder SOHC berkapasitas 110cc. Mesin tersebut dilengkapi teknologi enhanced smartphone power yang menjadikan mesin semakin responsif, irit, dan tangguh.

Advertisement

Mesin yang digunakan motor Genio mampu memuntahkan tenaga maksimal sebesar 6.6 kW atau setar 9 PS pada putaran mesin 7.500 rpm. Lalu torsinya mencapai 9.3 Nm pada putaran 5.500 rpm. Tersedia pula transmisi CVT yang telah dirombak agar menghasilkan tenaga yang lebih responsif dan semakin nyaman dikendarai. Selain itu, Honda menyematkan teknologi PGM-FI sebagai sistem pembakaran Honda Genio.

Seperti yang kami sampaikan di atas, mesin Honda Genio memiliki konfigurasi bore x stroke berbeda dari Honda Scoopy ataupun Honda Beat. Dimana bore-nya 47 mm dan memiliki stroke 63.1 mm. Kemudian rasio kompresinya berukuran 10:1 yang membuat Honda Genio mampu menenggak BBM beroktan rendah.

Berbekal konfigurasi mesin di atas, Honda Genio tak perlu menggunakan BBM dengan kadar oktan yang terlalu tinggi. Masbro cukup menggunakan premium maupun pertalite tanpa perlu khawatir merusak mesin dan membuat bahan bakar boros. Bahkan Honda mengklaim motor ini memiliki konsumsi bahan bakar mencapai 60 km/liter.

Secara tenaga dan torsi, Honda Genio terbukti lebih bertenaga dibandingkan Honda Beat, Scoopy, ataupun Vario 110. Pasalnya ketiga motor tersebut hanya mampu menghasilkan tenaga sebesar 8.5 Horsepower pada 7.500 rpm dan torsi puncak sebesar 9 Nm pada 6.500. Selain bertenaga, harga motor Genio juga murah dan memiliki konsumsi BBM sangat irit.

Kaki-Kaki

Motor Honda GenioBeralih ke sektor kaki-kaki, Honda Genio menggunakan velg ring 14 inci yang lebih besar dibandingkan milik Honda Scoopy yang mengusung velg ring 12″. Velg tersebut dipadukan dengan ban tubeless yang memiliki profil 80/90-R14 pada bagian depan dan 90/90-R14 dibelakang. Lalu untuk suspensi memakai shock teleskopik yang menghimpit roda depan.

Pada bagian belakang memakai suspensi tunggal dengan swing arm. Suspensinya belakangnya masih standar, dan bagi yang ingin menggantinya dengan shock tabung, silahkan simak informasi berikut “Daftar Harga Shockbreaker Tabung”. Lalu ada pula rem cakram hidrolik dengan piston tunggal yang terpasang pada roda depan dan rem tromol dibelakang.

Kelengkapan Fitur

Gambar Motor Genio HitamBerbicara soal fitur, sejatinya Honda Genio memiliki fitur sangat lengkap. Salah satunya adalah Combi Brake System yang berguna untuk menjaga keseimbangan pengereman roda depan dan belakang, sehingga kontrol pengereman semakin optimal. Lalu ada pula fitur ACG Stater yang dipadukan dengan Idling Stop System bagi yang membeli Honda Genio tipe CBS-ISS.

Fungsi ACG Starter adalah membuat suara mesin lebih halus saat motor dihidupkan dengan electric starter ataupun saat menarik tuas gas ketika fitur Idling Stop System aktif. Nah fungsi Idling Stop System (ISS) adalah untuk mematikan mesin secara otomati saat berhenti bebera detik di lampu merah ataupun kondisi penting lainnya.

Saat fitur ISS aktif, maka kita tinggal menarik tuas gas dan motor bisa langsung hidup seketika. Berkat fitur tersebut, konsumsi BBM Honda Genio menjadi lebih efisien karena tidak ada BBM yang terbuang sia-sia. Tak hanya itu, Honda juga menyematkan panel meter full digital untuk menampilkan informasi kecepatan, sisa bahan bakar, dan jarak tempuh.

Desain speedomter Honda Genio sangat simple dan dibawahnya terpasang ECO Indikator sebaga panduan untuk berkendara secara irit. Sayangnya harga motor Genio yang murah membuat motor ini belum dilengkapi fitur Smart Key System. Sebagai gantinya, Honda melengkapinya dengan fitur Secure Key Shutter yang disampingnya terpasang tombol membuka bagasi.

Baca Juga :   Harga Honda Super Cub C125 : Spesifikasi & Warna Terbaru

Pilihan Warna

Wow, ada banyak sekali pilihan warna Honda Genio. Total ada 11 warna yang bisa masbro pilih. Warnanya disesuaikan dengan tipe Honda Genio yang terdiri dari tipe CBS dan CBS-ISS. Apabila memilih tipe CBS-ISS, maka harus merogoh kocek lebih banyak. Pasanya harga motor Genio CBS-ISS merupakan yang termahal.

Spesifikasi Honda Genio

DIMENSI 
Panjang
1.869 mm
Lebar692 mm
Tinggi1.061 mm
Wheelbase1.256 mm
Tinggi Jok740 mm
Berat89 kg (Tipe CBS) dan 90 kg (Tipe CBS – ISS)
Kapasitas Tangki4.2 Liter
Ground Clearance147 mm
MESIN
Tipe Mesin4 Tak, 1 Silinder SOHC, 2 Katup, Pendingin Udara
Kapasitas Mesin110 cc
Tenaga6,6 kW / 7.500 rpm
Torsi9,3 Nm / 5.500 rpm
Sistem PembakaranPGM-FI
TransmisiAutomatic, V-Matic
StarterKick & Electric
Bore X Stroke47,0 x 63,1 mm
Tipe KoplingAutomatic Centrifugal Clutch Dry Type
Rasio Kompresi10,0 : 1
KAKI-KAKI
RangkaeSAF (Enhanced Smart Architecture Frame)
Ban Depan80/90 – 14 M/C Tubeless
Ban Belakang90/90 – 14 M/C Tubeless
Suspensi DepanTeleskopik
Suspensi BelakangSwing Arm dengan Suspensi Tunggal
Rem DepanCakram Hidrolik Piston Tunggal
Rem BelakangTromol

Hadirnya Honda Genio membuat pasar motor matic murah bergaya retro di Indonesia semakin ramai. Motor ini akan bersaing melawan Yamaha Fino yang menjadi motor retro matic andalan Yamaha. Menariknya, harga motor Genio sedikit lebih murah dari Fino, sehingga motor ini berpontensi mengalahkan rivalnya tersebut. Nah bagi yang penasaran ingin mengetahui harga motor Genio, silahkan simak di bawah ini.

Daftar Harga Motor Genio

Harga Motor Genio Terbaru

Harga Motor Genio CBSRp. 17.200.000
Harga Motor Genio CBS-ISSRp. 17.700.000
Harga Motor Honda Terbaru Cek Di Sini

Soal harga tak perlu khawatir, karena harga motor Genio tipe CBS hanya sebesar Rp. 17.2 Juta. Sedangkan harga motor Genio CBS-ISS sebesar Rp. 17.7 Juta. Harganya jauh lebih murah dibandingkan Honda Scoopy yang hampir menyentuh angka 19 Juta (OTR Jakarta). Alhasil motor ini bisa menjadi alternatif selain Scoopy ataupun motor matic lainnya.

Honda Genio memang layak untuk dibeli. Pasalnya motor ini menawarkan fitur yang lengkap dan didukung mesin yang efisien, bertenaga, serta responsif. Tak hanya itu, motor ini juga menawarkan desain keren yang akan membuat semua orang menyukainya. Lalu bagaimana dengan masbro sendiri, apakah tertarik membeli motor terbaru tersebut ?

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Harga Honda CB190SSHarga Honda Sonic 150
Harga Honda Vario 110Harga Supra GTR 150

Sampai detik ini Honda tetap menjadi produsen motor terlaris di Indonesia. Hadirnya Honda Genio akan menambah keperkasaan Honda untuk melawan produsen asal Jepang lainnya, seperti Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki. Nah sekian informasi otomotifer.com kal ini, semoga informasi spesifikasi dan harga motor Genio di atas bermanfaat dan bisa menjadi bahan referensi.

Advertisement
0/5 (0 Reviews)