Harga Kawasaki KLX 230 2019 : Spesifikasi & Warna Terbaru

Harga Kawasaki KLX 230 – PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) baru saja merilis motor trail terbaru pada ajang PRJ 2019, yakni KLX 230. Motor ini mengusung mesin baru yang sudah dilengkapi sistem pembakaran Fuel Injection, sehingga teknologinya lebih canggih dibandingkan KLX 150 yang masih menggunakan karburator. Tak hanya itu, motor ini juga dirancang dengan kemampuan off-road lebih baik dan didukung mesin lebih bertenaga.

Ada banyak sekali kelebihan yang dimiliki Kawasaki KLX 230. Kawasaki menyediakan dua tipe berbeda yang terdiri dari tipe Standar dan Spesial Edition. Ada beberapa perbedaan yang otomatis menyebabkan harga Kawasaki KLX 230 Spesial Edition lebih mahal. Soal harga tak perlu khawatir, karena harga Kawasaki KLX 230 tetap terjangkau dan sebanding dengan spesifikasi serta fiturnya.

Spesifikasi dan Harga Kawasaki KLX 230Spesifikasi dan Harga Kawasaki KLX 230

Review Kawasaki KLX 230

Beragam fitur canggih sudah ada pada motor trail berkubikasi 233cc ini. Fitur yang paling penting adalah teknologi Fuel Injection. Pasalnya teknologi tersebut akan mengoptimalkan performa KLX 230, sehingga mesinnya menjadi semakin bertenaga dan responsif. Selain itu, Kawasaki membekalinya dengan desain baru yang mengdepankan kenyamanan saat melewati berbagai medan jalan.

Sejatinya Kawasaki KLX 230 dirancang sebagai motor Enduro. Alhasil motor ini sangat cocok bagi pecinta trabas yang hobi berpetualang ke alam liar. Meskipun begitu, KLX 230 tetap nyaman saat melewati medan on-road atau jalan beraspal. Nah untuk mengetahui lebih jauh soal fitur, spesifikasi, dan harga Kawasaki KLX 230, silahkan simak informasi otomotifer.com berikut ini.

Desain

Berbicara soal desain, Kawasaki KLX 230 tak ada bedanya dengan motor trail Kawasaki lainnya. Motor ini memiliki velg depan lebih besar dengan ukuran ring 21″. Sedangkan untuk bagian belakang memakai velg ring 18″. Hal tersebut sengaja dilakukan agar KLX 230 lebih nyaman saat melewati berbagai rintangan. Selain itu, Kawasaki mengoptimalkannya dengan ban dual purpose untuk melibas medan off-road maupun on-road.

Pada bagian depan juga terpasang suspensi teleskopik yang dibalut pelindung karet agar tampilannya terlihat lebih kekar. Pasti masbro penasaran ingin mengetahui, kenapa Kawasaki tak menggunakan Upside Down pada KLX 230. Jawabannya adalah karena suspensi teleskopik dianggap lebih empuk dibandingkan Upside Down yang memiliki karakteristik lebih keras, sehingga lebih nyaman saat melibas medan off-road.

Suspensinya juga memiliki travel sangat tinggi, sehingga memberikan kenyamanan berkendara secara maksimal. Lalu untuk sistem pencahayaan sepenuhnya memakai bohlam. Sebenarnya cukup disayangkan motor trail ini belum menggunakan lampu berteknologi LED. Nah sebagai gantinya, Kawasaki sudah melengkapi KLX 230 dengan speedometer full digital yang membuat motor trail ini terlihat lebih modern.

Dimensi

Berlanjut soal dimensi, Kawasaki KLX 230 memiliki dimensi yang lebih besar dibandingkan KLX 150. Dimana panjang keseluruhannya mencapai 2.105 mm dan lebarnya 835 mm. Sedangkan tinggi keseluruhannya mencapai 1.165 mm serta memiliki wheelbase atau jarak sumbu roda berukuran 1.165 mm. Kemudian untuk tinggi joknya berukuran 885 mm dan memiliki jarak terendah ke tanah (Ground Clerance) mencapai 265 mm.

Bobot antara KLX 230 standar dan Spesial Edition berbeda. Dimana untuk varian standar memiliki bobot seberat 132 kg dan untuk varian spesial edition mencapai 133 kg. Wajar apabila KLX 230 SE lebih berat, karena Kawasaki melengkapinya dengan aksesoris tambahan berupa Hand Guard, Engine Guard, serta cover berukuran kecil pada bagian rangka. Lalu untuk tangki bahan bakarnya berkapasitas 7.5 Liter.

Baca Juga :   Harga KLX 150 2019 : Spesifikasi & Warna Terbaru

Mesin

Mesin Motor KLX 230Kami yakin masbro penasaran ingin mengetahui berapa tenaga dan torsi yang bisa dihasilkan motor trail bermesin 233cc ini. Mesin yang dipakai KLX 230 memang berkapasitas cukup besar dan memiliki konfigurasi 1 Silinder SOHC 2 Katup dengan sistem pendingin udara. Mesin tersebut mampu memuntahkan tenaga sebesar 19 PS yang diraih pada putaran mesin 7.600 rpm. Sedangkan torsi puncaknya menembus 19.8 Nm pada putaran 6.100 rpm.

Sedangkan diameter bore dan strokenya memiliki perbandingkan 67 x 66 mm serta memiliki rasio kompresi 9.4:1. Konfigurasi mesin tersebut menjadikan performa KLX 230 sangat responsif sehingga lebih nyaman saat melibas berbagai medan jalah. Lalu untuk sistem pembakarannya sudah menggunakan teknologi Injeksi dan didukung transmisi manual 6 Percepatan.

Untuk menghidupkan mesin hanya tersedia satu tipe stater, yakni Electric Starter. Yah, motor ini tidak dilengkapi kick starter. Kekurangan tersebut bukan menjadi masalah berarti, karena tidak akan mempengaruhi performa mesin KLX 230. Selain itu, motor ini memakai rangka bertipe Tubular Semi Double Crandle yang dirancang secara khusus agar memiliki bobot sangat ringan.

Kaki-Kaki

Beralih ke sektor kaki-kaki, Kawasaki KLX 230 memakai suspensi depan teleskopik dengan travel 220 mm. Sedangkan bagian belakang memakai Monoshock yang ditopang Uni Trak Swingarm. Kedua suspensinya dijamin empuk dan smooth, terutama saat melewati medan off-road. Selain itu, tersedia pula ban depan berukuran 2.75-21 45P dan ban belakang 4.10-18 59P.

Mengacu pada regulasi pemerintah yang tidak mewajibkan motor bermesin 200cc ke atas harus memakai sistem pengereman ABS, maka Kawasaki memutuskan untuk tidak memakainya pada KLX 230. Padahal KLX 230 yang dipasarkan di Eropa dan Amerika sudah menggunakan teknologi ABS. Untungnya kekurangan tersebut akan tertutupi oleh rem cakram bergelombang yang terpasang pada rodan depan dan belakang.

Spesifikasi Kawasaki KLX 230

Spesifikasi Kawasaki KLX 230

Dimensi
Panjang2.105 mm
Lebar835 mm
Tinggi1.165 mm
Berat
  • Standar : 132 kg
  • Spesial Edition : 133 kg
Sumbu Roda1.380 mm
Ground Clearance265 mm
Tinggi Jok885 mm
Tangki7,5 liter
Mesin
Tipe4 Tak 1 Silinder, SOHC 2 Katup, Air Cooled
Kapasitas233 cc
Power Maksimum19 PS / 7,600 rpm
Torsi Maksimum19.8 Nm / 6,100 rpm
Rasio Kompresi9.4:1
Bore x Stroke67.0 x 66.0 mm
Sistem Bahan BakarFuel Injection
StarterElektrik
TransmsiManual 6 Speed
Handling
RangkaTubular, semi-double cradle
Suspensi depanTeleskopik
Suspensi belakangNew Uni Trak Swingarm
Ban Depan2.75-21 45P
Ban Belakang4.10-18 59P
Pengereman
Rem DepanCakram 240 mm
Rem BelakangCakram 220 mm

Spesifikasi yang diusung motor ini sebanding dengan harga Kawasaki KLX 230 yang pastinya lebih mahal dibandingkan Kawasaki KLX 150 ataupun Honda CRF150L. Bagi pecinta off-road ataupun trabas pasti tak akan ragu membelinya. Namun sebelum itu, mari kita lihat terlebih dahulu berapa sebenarnya harga Kawasaki KLX 230 tipe Standar dan Spesial Edition.

Daftar Harga Kawasaki KLX 230

Harga Kawasaki KLX 230 Standar

Harga TerbaruRp. 42.500.000

Kawasaki menyediakan dua varian warna KLX 230 standar, yakni warna Lime Green dan Ebony Black. Kedua warnanya terliha simple tanpa adanya grafis yang berlebihan. Selain itu, motor ini belum dilengkapi Hand Guard dan Engine Guard, sehingga harga Kawasaki KLX 230 standar bisa jauh lebih murah. Dimana harganya sebesar Rp. 39.9 Juta (OTR Jakarta) selama masa promo. Namun saat masa promo habis, maka harga Kawasaki KLX 230 standar naik menjadi Rp. 42.5 Juta.

Baca Juga :   Harga Yamaha NMAX 2019 : Spesifikasi, Review & Warna

Harga Kawasaki  KLX 230 Spesial Edition

Harga TerbaruRp. 44.900.000
Harga Motor Kawasaki Terbaru Cek Di Sini

Bagi yang ingin mendapatkan fitur lebih lengkap, maka kami sarankan membeli KLX 230 Spesial Edition. Motor ini sudah dilengkapi Hand Guard, Engine Guard, dan Cover Rangka. Perbedaan lainnya adalah memiliki grafis lebih spesial dengan pilihan warna Oriental Blue dan Firecracker Red. Sedangkan untuk harganya dibanderol Rp. 42.3 Juta selama masa promo dan setelah itu akan dibanderol sebesar Rp. 44.9 Juta.

Kelebihan KLX 230

  • Harga Kawasaki KLX 230 cukup terjangkau
  • Memiliki kemampuan off-road sangat baik
  • Dirancang dengan graound clerance tinggi, sehingga lebih optimal dalam melewati medan off-road
  • Mesinnya sudah dilengkapi teknologi Injeksi
  • Performa mesin sangat responsif dan bertenaga
  • Sudah ada rem cakram pada roda depan dan belakang
  • Suspensinya sangat empuk
  • Sudah menggunakan panel meter full digital

Kekurangan KLX 230

  • Lampunya belum menggunakan LED
  • Tidak ada kick starter
  • Suspensi depan masih teleskopik
  • Belum dilengkapi sistem pengereman ABS
Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya 
Harga KLX 150 BFHarga Kawasaki D Tracker 150
Harga Motor Ninja 4 TakHarga Motor Ninja 2 Tak

Setelah mengetahui spesifikasi dan harga Kawasaki KLX 230, sekarang giliran masbro yang menentukan apakah motor ini layak dibeli atau tidak. Menurut kami sendiri KLX 230 sangat layak untuk dibeli. Pasalnya motor ini menawarkan mesin berteknologi Injeksi yang responsif, irit, dan bertenaga. Selain itu, tersedia pula beragam fitur canggih lainnya yang menjadikan motor ini semakin menarik untuk dimiliki. Nah demikianlah informasi mengenai motor trail Kawasaki kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi bahan referensi.

5/5 (2 Reviews)