Cara Mutasi Motor dan Mobil Beda Provinsi Terbaru 2019

Advertisement

Cara Mutasi Motor – Kelihatan dari masalahnya juga sudsh ribet ya cara memutasi kendaraan beda provinsi. Mutasi kendaraan yang masih satu kota aja orang suka menganggapnya ribet dan memakai jasa calo untuk mengurusnya. Memang prose ini akan meribetkan diri sendiri karena harus bolak balik ke kota asal plat nomor itu diterbitkan.

Mutasi sendiri adalah perpindahan lokasi pembayaran pajak kendaraan bermotor namun masih wilayah hukum negara Indonesia. Mengurus mutasi dikenal dengan suatu yang ribet, terbelit-belit, dan membuang waktu. Hal tersebut membuat orang selalu melakukan dengan bantuan calo dan harus mengeluarkan uang lumayan banyak.

Prose mutasi beda provinsi sebenarnya bukan hal yang ribet jika mengetahui prosesnya. Selain itu, sobat-sobat otomotifer tidak usah mengeluarkan uang lebih untuk membayar calo. Cara mudah mengurus mutasi yaitu sabar mengantri dan melengkapi semua berkas yang ditentukan oleh pihak berwajib.

Advertisement

Cara yang dilakukan untuk mengurus mutasi adalah pergi ke SAMSAT sesuai dengan plat nomor kendaraan anda. Jika nomor kendaraan anda AB yaitu kota Yogyakarta maka anda mendatangi SAMSAT Yogyakarta untuk mengurus mutasi tersebut.

Panduan Cara Mutasi Motor dan Mobil

Cara Mutasi Motor dan Mobil Beda ProvinsiDibawah ini penulis Otomotifer.com akan membahas bagimana cara mutasi motor ataupun mobil yang harus dilakukan untuk mengurus mutasi antar provinsi tersebut.

1. Kelengkapan Berkas

Berkas-berkas yang harus dilengkapi saat mengurus mutasi antar provinsi yaitu sebagai berikut:

Advertisement
  • STNK asli dan fotocopy
  • BPKB asli dan fotocopy
  • KTP asli pemilik baru dan fotocopy
  • Kuitansi pembelian motor yang bermaterai 6000
  • Jika dilakukan instansi pemerintah tambah surat tugas asli yang bermateri 6000 dan ditandatangani pimpinan dan berstempel asli instansi yang bersangkutan
  • Jika dilakukan oleh instansi hukum harus ditambahkan akte pendirian, keterangan domisili, surat kuasa bermaterai 6000 serta ditandatangani serta berstemepl asli oleh instansi hukum yang bersangkutan

2. Cek Fisik Kendaraan

Prosedur yang kedua saat mengurus mutasi, mas bro akan diarahkan oleh petugas untuk melakukan cek fisik kendaraan terlebih dahulu. hal yang dilakukan untuk proses pengecekan fisik yaitu penggesekan nomor ragka dan nomor mesin anda. Setelah pengecekan fisik selesai, hasil dari gesekan nomor rangka dan nomor pada mesin diserahkan pada loker serta berkas yang sudah mas bro siapkan sebelumnya untuk proses mutasi dan legalisir. Tetapi, petugas akan memberi cap legalisir jika berkas-berkas semua telah terpenuhi. Biaya yang diperlukan untuk cek fisik kendaraan sobat Otomotifer.com sebesar Rp. 30.000.

3. Mendatangi Bagian Cek Fiskal

Bagian mendatagi bagian mutasi kendaraan yaitu untuk mengisi formulir yang sudah disediakan dan diisi. Pada loket ini mas bro harus bersabar menunggu antrian panggilan. Setelah menunggu panggilan kalian akan diarahkan pergi ke kasir untuk membayar administrasi. Bagi mas bro yang belum membayar pajak kendaraan akan diselesaikan juga pada loket kasir tersebut. Jadi, jika belum membayar pajak akan dikenakan 2 biaya yaitu biaya administrasi mutasi dan biaya pajak yang belum terbayar.

4. Mendatangi Bagian Mutasi Kendaraan

Setelah menyelesaikan pada bagain cek fiskal, mas bro akan diarahkan pada bagian mutasi kendaraan setelah semua berkas yang diurus pada prosedur di atas telah di tangan anda semua. Proses ini mas bro jangan lupa meminta formulir pencabutan berkas serta balik nama setelah itu, menyerahkan kembali semua berkas yang telah dilegalisir. Proses mutasi kendaraan anda dapat dikenakan biaya sebesar Rp 75.000.

Baca Juga :   Syarat Balik Nama Motor (STNK & BPKB) Terbaru 2019

5. Pengambilan Berkas Mutasi

Ketika semua proses di atas telah selesai, mas bro akan kembali mendatangi kembali kantor SAMSAT sesuai jadwal yang telah ditentukan biasanya jadwal tersebut 5 hari setelah proses di atas telah selesai. Saat pengambilan berkas jangan lupa membawa tanda terima pembayaran mutasi untuk mengambil berkas dan menuggu antrian panggilan sampai pada waktunya nama anda dipanggil untuk menyerahkan semua berkas. Pengambilan berkas biasanya mengeluarkan biaya sebanyak Rp 10.000 saja.

Advertisement

6. Mendatangi Kantor SAMSAT Berikutnya Dengan Tujuan Mutasi Motor

Mengurus kembali mutasi motor dapat dilaksanakan langsung jika waktu proses mutasi masih cukup, tetapi proses mutasi selanjutnya dapat dilakuka keesokan harinya sesuai waktu kosong sobat-sobat Otomotifer.com. Mas bro dan mba Bro kini tidak kembali mendatangi SAMSAT yang tertera pada plat nomor sebelumnya tetapi kembali pada SAMSAT terdekat anda. Semisal, plat nomor sebelumnya adalah AB berarti Yogyakarta kini sobat mengurus kembali pada SAMSAT dekat tempat tinggal kalian Purwokerto contohnya berarti plat nomor anda menjadi R.

7. Cek Fisik Kembali pada SAMSAT TERDEKAT

Kembali lagi pada cek fisik kendaraan anda, perbedaan cek fisik sekarang dengan sebelumnya adalah cek fisik sekarang berada pada SAMSAT terdekat anda serta tidak mengeluarkan biaya. Ketika mas bro atau mba bro mendatangi loket cek fisik, kalian akan diminta untuk menyerahkan berkas untuk dilegalisir dari kantor SAMSAT sebelumnya.

8. Mendatangi Loket Berkas Mutasi

Lagi-lagi mendatangi loket berkas mutasi ya sob, dan pada loket berkas ini juga memiliki perbedaan pada loket berkas pada SAMSAT sebelumnya. Perbedaanya adalah tidak dipungut biaya saat anda mengurusi pada loket ini berbeda dengan loket berkas pada SAMSAT terdahulu. Pada loket ini, anda akan menunggu panggilan nama kalian untuk penyerahan berkas dan langsung saja membawa ke tempat fotocopy. Biasanya tempat fotocopy masih berada pada area SAMSAT.

Kegunaan dari fotocopy berkas tersebut yaitu untuk melegalisir cek fisik kendaraan dan kwitansi pembelian kendaraan. Setelah semua sudah difotocopy langsung saja kembali pada loket berkas mutasi sekaligus BPKB asli kendaraan tersebut. Proses penyerahan berkas ini dari pihak petugas akan memeriksa kembali kelengkapan berkas anda, jika berkas sudah lengkap pihak petugas akan menginformasikan kapan lagi waktu anda untuk mendatangi SAMSAT dengan tujuan meneruskan proses mutasi.

9. Loket Pembayaran STNK

Setelah kembali ke kantor SAMSAT sesuai jadwal yang telah ditentukan, pada loket ini mas bro menyerahkan bukti pembayaran STNK sambil menunggu panggilan sesuai nama anda. Pada loket ini mas bro atau mba bro akan dikenakan biaya, biaya pada proses ini sesuai dengan nominal yang tertera pada kolom STNK. Namun besaran pembayaran pajak sudah ditentukan sesuai dengan kendaraan anda.

10. Pembuatan BPKB Baru

Proses yang ditunggu-tunggu adalah proses  terakhir. Proses yang terakhirdari mutasi antar provinsi ini adalah pembuatan BPKB baru agar sesuai dengan nama anda atau nama pemilik yang baru. Berkas yang harus disiapkan pada pembuatan BPKB baru adalah  fotocopy STNK baru, fotocopy BPKB, fotocopy KTP, BPKB asli, kwitansi pembelian motor serta legalisir cek fisik. Pembuatan BPKB baru ini mas bro datanglah pada polda setempat anda dan langsung saja kebagian ditantas, jika bingung tanyakanlah pada petugas setempat.

Sebelum masuk pada bagian ditlantas jangan lupa mengambil formulir dan nomor antrian untuk mengurus BPKB anda. Setelah semua berkas telah lengkap anda akan dikenakan biaya pembuatan BPKB baru sebesar Rp 80.000 dan membayar pada bank yang telah disediakan pada lokasi pembuatan BPKB baru.

Baca Juga :   Biaya Balik Nama Motor 2019 Untuk STNK dan BPKB

Setelah membayar pembuatan BPKB baru, kalian kembali lagi pada loket ditlantas untuk menyerahkan kwitansi pembayaran pembuatan BPKB baru dan menyerahkan semua berkas jadi satu. Selanjutnya, mas bro atau mba bro datang kembali pada loket ini sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Saat waktu pengambilan BPKB baru telah tiba, jangan lupa untuk membawa fotocopy KTP untuk mencocokan data-data yang ada pada BPKB yang baru anda.

Akhirnya, 10 proses yang panjang ini telah dilewati walaupun harus menunggu antrian dari SAMSAT sebelumya menuju SAMSAT yang sekarang. Memang cara mutasi motor ataupun mobil ini tergolong ribet, tetapi ketika menjalani proses ini dengan ikhlas rasanya tidak akan lagi menjadi ribet.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Denda Tilang Tidak Punya SIMCara Mengurus STNK Hilang
Biaya Balik Nama MotorSyarat Balik Nama Motor

Nah demikianlah informasi otomotifer.com mengenai cara mutasi motor dan mobil beda provinsi. Mengingat prosesnya cukup ribet, maka jangan heran apabila banyak orang yang menawarkan jasa mutasi kendaraan bermotor demi memudahkan orang dalam mengurusi mutasi atau balik nama kendaraan.

Advertisement
5/5 (1 Review)