Cara Merawat Motor Matic Injeksi & Karbu Agar Tetap Prima

Advertisement

Cara Merawat Motor Matic – Saat ini motor matic paling banyak digunakan oleh masyarakat. Ke manapun kamu pergi, baik di desa maupun di kota, kamu akan menyaksikan motor matic di mana-mana. Salah satu penyebab utama motor matic begitu digandrungi oleh masyarakat berbagai lapisan dikarenakan mudahnya untuk dikendarai. Bukan hanya pria dan wanita dewasa saja yang mengendarainya, bahkan nenek-nenek dan anak-anak pun seakan-akan tidak mau ketinggalan untuk mengendarai motor matic tersebut.

Sayangnya, banyak dari pengguna motor matic yang tidak mengetahui cara merawat motor matic dengan baik dan benar. Banyak dari mereka hanya tahu memakainya saja, dan tidak terlalu memerdulikan sisi perawatannya. Tidak heran jika hanya beberapa tahun saja, motor matic tersebut sudah terlihat sangat tua dan sering rusak.

Cara Merawat Motor Matic Agar Tetap Prima

Cara Merawat Motor Matic

Advertisement

1. Panaskan mesin motor sebelum memakainya

Salah satu cara merawat motor matic agar mesinnya awet dan tidak cepat rusak adalah dengan selalu memanaskan motor matic terlebih dahulu sebelum memakainya. Memanasi motor matic selama 5-15 menit sebelum memakainya sangat efektif membantu menjaga performa motor, karena saat dipanaskan seluruh oli akan mengalir dan tercampur secara sempurna pada mesin motor.

2. Jaga kestabilan kecepatan motor

Saat menggunakan motor matic, usahakan kecepatannya tetap stabil. Memang saat melakukannya pertama kali, tidak mudah untuk menjaga kestabilan posis gas motor. Tapi jika kamu seirng melakukannya, lambat laun kamu akan terbiasa.

Salah satu kebiasaan buruk yang seringkali dilakukan pengendara motor matic secara khusus dan sepeda motor pada umumnya adalah mengencangkan gas motor secara tiba-tiba dan menguranginya secara tiba-tiba.  Kebiasaan berkendara seperti ini kurang bagus karena akan mengakibatkan mesin motor tidak awet. Jauh lebih aman jika kamu mengendarai sepeda motor tidak terlalu kencang, karena lebih aman bagi keselamatan jiwa kamu dan juga lebih meringankan kinerja mesin.

Advertisement

3. Selalu cek kondisi bahan bakar

Usahakan selalu mengecek kondisi bahan bakar motor kamu, apakah sudah saatnya untuk diisi lagi atau tidak. Jangan biarkan motor kamu keseringan mati karena kehabisan bahan bakar, apalagi pada motor matic yang  memang sudah menggunakan injeksi. Motor injeksi yang keseringan mati karena kehabisan bahan bakar akan lebih cepat mengalami kerusakan pada mesinnya jika dibandingkan motor yang masih menggunakan karburator.

Oleh karena itu, salah satu cara terbaik dari beberapa cara merawat motor matic adalah selalu memastikan kondisi bahan bakar masih  banyak di dalam tangki bahan bakar dan tidak dalam keadaan kosong atau hampir habis. Kalau hampir habis, segera lakukan pengisian ulang.

4. Gunakan bahan bakar yang berkualitas

Saat ini sudah banyak jenis bahan bakar yang dijual. Untuk lebih aman dan menghindari jangan sampai kamu tertipu mengisi bahan bakar oplosan, sebaiknya lakukan pengisian di pom bensin saja atau di tempat-tempat pengisian bahan bakar yang sudah terpercaya.

Jenis bahan bakar yang standart dan aman untuk disikan ke motor kamu adalah bensin. Tapi jika kamu memiliki kemampuan finansial yang lebih, sebaiknya kamu rutin mengisi motor kamu dengan pertamax. Pasalnya, pertamax mengandung octan 92 yang lebih maksimal untuk performa mesin dibandingkan bensin dan juga tidak mengandung timbal sama sekali.

Baca Juga :   Kelebihan Angin Nitrogen Untuk Motor dan Mobil
Advertisement

5. Mengganti oli motor secara rutin

Cara merawat motor matic lainnya yang perlu diperhatikan adalah melakukan penggantian oli secara rutin. Jika motor matic kamu hanya digunakan untuk perjalanan jarak dekat di dalam kota, penggantian oli bisa dilakukan sekali sebulan. Jika seringkali melakukan perjalanan luar kota, sebaiknya penggantian oli dilakukan langsung setelah pulang dari perjalana luar kota. Oli yang digunakan seharusnya oli standar atau lebih dari itu. Hindari menggunakan oli oplosan karena lambat laun akan mengakibatkan kerusakan mesin motor matic kesayangan kamu.

6. Memeriksa kondisi aki

Melakukan pengecekan secara rutin terhadap kondisi aki motor termasuk salah satu cara merawat motor matic yang perlu diterapkan. Memastikan kondisi aki motor dalam keadaan baik akan membuat performa motor matic kamu lebih maksimal. Seringkali kelalaian dalam mengecek kondisi aki motor berakibat pada mogoknya motor tersebut saat asik-asiknya dikendarai. Tentu kamu tidak mau dibuat pusing oleh motor matic kesayangan kamu karena harus mendorongnya ke bengkel saat tiba-tiba mati akibat kerusakan pada aki bukan?

7. Memeriksa busi motor

Selain memeriksa kondisi aki, jangan lupa untuk memeriksa kondisi busi motor matic kesayangan kamu. Segera lakukan penggantian busi baru jika sudah kotor atau mulai mengalami kerusakan, apalagi jika sudah tidak berfungsi sama sekali. Jika kamu lalai memeriksa kondisi busi motor, jangan salah siapa-siapa kalau kamu harus mendorong motor matic kesayangan kamu karena tiba-tiba mati di tengah jalan.

Demikianlah informasi seputar cara merawat motor matic yang bisa saya bagikan ini. Selain ketujuh cara di atas, tentunya masih ada cara lainnya yang tidak sempat saya sebutkan secara detail, seperti melakukan pemeriksaan Roler dan Ventbelt secara rutin dan mengganti oli shockbreaker setelah perjalanan motor mencapai 10000KM. Nah sekian informasi otomotifer.com kali ini, wemoga bermanfaat.

Advertisement
0/5 (0 Reviews)