Cara Merawat Mobil Matic Yang Benar

Advertisement

Cara Merawat Mobil Matic – Mobil matic merupakan salah satu jenis mobil yang tidak terdapat kopling atau gigi, sama halnya motor matic. Penggunaan mobil matic pada masyarakat terbilang cukup tinggi, karena lebih mudah dijalankan dibanding mobil manual.

Penggunaan mobil matic akan memberikan rasa nyaman kepada pengendara. Selain itu, mobil matic dapat meningkatkan performa bagi pengendara karena kemudahannya dalam mengemudi.

Tidak hanya kenyamanan dan kemudahan saja, namun kalian harus memperhatikan cara merawat mobil matic agar tetap memiliki performa bagus dan nyaman. Bagi kalian yang tidak mengerti cara merawat mobil matic, kami akan ulas dibawah ini.

Advertisement

Tips Cara Merawat Mobil Matic Yang Benar

Cara Merawat Mobil Matic Yang Benar

Cara Merawat Mobil Matic Yang Benar

1. Memanaskan Mobil

Cara merawat mobil matic yang paling mudah, yaitu memanaskan mobil sebelum bepergian. Sebaiknya, sebelum beraktivitas dimulai panaskan mobil terlebih dahulu.

Fungsi dari memenaskan mobil sebelum bepergian yaitu menjaga kondisi agar tetap terjaga, sehingga jika menyalakan mobil sewaktu-waktu aliran listrik tetap tersedia. Selain itu, memanaskan mobil sebelum bepergian juga berfungsi agar oli yang masih berada di bawah untuk naik melumasi komponen mesin.

Memanaskan mobil cukup 2-3 menit saja jangan terlalu lama dan membiarkan temperature naik hingga 1/3. Saat menunggu temperature naik alangkah baiknya kondisi ban dengan memberikan tendangan sedikit untuk memastikan kondisi ban.

Advertisement

2. Mengganti Oli Mesin Secara Teratur

Untuk menjaga performa mobil matic tetap nyaman dan bagus, gantilah oli mesin secara teratur setiap 6 bulan sekali. Bagi mobil yang baru penggantian oli dilakukan saat spidometer menunjukan 1000 meter.

Penggantian oli secara teratur bermanfaat agar tidak terjadi kerusakan pada transmisi mobil kalian.

3. Melakukan Service Berkala

Cara yang lain untuk menjaga mobil matic yaitu melakukan service secara berkala pada bengkel resmi. Melakukan service bertujuan menghindari masalah yang muncul pada mobil pada kemudian hari.

Selain itu, melakukan service dapat menjaga performa mobil akan tetap optimal. Jika bingung kapan waktu yang bagus untuk melakukan service , kalian dapat melihat dalam buku manual.

Advertisement

4. Melakukan Pengujian Jalan

Cara melakukan pengujian jalan pada mobil matic yaitu menjalankan mobil seperti biasa lalu dilakukan dengan memindahkan perseling dan rasakan bahwa perseling pindah dengan seksama.

Jika, saat kalian memindah perseling lalu terdengar suara berisik maka transmisi mobil kalian terdapat masalah. Transmisi merupakan bagian sangat vital pada mobil, jika terjadi kerusakan transmisi bawalah mobil kalian ke bengkel terpercaya.

5. Menggunakan Perseling dengan Benar dan Teliti

Hindari penggunaan perseling saat mobil belum benar-benar berhenti. Saat kalian akan memparkir mobil jangan gunakan perseling ‘D’.

Penggunaan perseling pada mobil matic, mengakibatkan kerusakan pada komponen perseling. Perseling yang aman saat akan memparkirkan mobil gunakan saja perseling ‘P’.

6. Mengecek Kinerja Transmisi

Pengecekan kinerja transmisi mobil matic itu perlu, dengan tujuan apakah transmisi mengalami masalah atau tidak. Ceklah transmisi mobil dengan menetapkan pada posisi ‘D’ atau ‘R’, selanjutnya lepas rem mobil. Jika tidak terdapat masalah maka mobil akan langsung bergerak.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Cara Membuat Motor Matic IritCara Menghilangkan Goresan Mobil
Cara Mendaftar Maxim Ojek OnlinePenyebab AC Mobil Tidak Dingin
Baca Juga :   9 Cara Membersihkan Mesin Mobil Secara Aman

Keenam ulasan di atas merupakan cara-cara merawat mobil matic agar tetap memiliki performa dan nyaman. Untuk kalian yang jarang merawat mobil, mulailah merawat dengan cara-cara di atas. Semoga cara di atas dapat memberikan manfaat bagi kalian yang awam dengan dunia otomotif terutama perawatan mobil matic.

Advertisement
5/5 (1 Review)