Cara Menyetel Klep Mobil Bensin dan Diesel

Advertisement

Cara Menyetel Klep Mobil – Salah satu pekerjaan yang waijb dilakukan saat membawa mobil anda ke bengkel adalah tune up. Penyetelan celah klep adalah salah satu aktivitas di dalamnya. Penyetelan celah klep adalah aktivitas saat melakukan pengaturan ulang (resetting) terhadap celah klep, yakni celah yang terletak antara poros nok sebagai penekan dan klep sebagai komponen yang ditekan pada mekanisme katup.

Pengaturan celah klep ini diperlukan bagi mesin dalam kondisi mobil seperti untuk memberikan tempat bagi pemuaian logam yang membentuk komponen mekanisme klep. Sifat logam yang memuai jika terkena panas akan bermasalah jika tidak ada celah pada klep, kemudian untuk membuat klep dapat tertutup sempurna saat RPM tinggi dan memperkecil gaya gesek.

Apa Itu Klep Mobil ?

Katup Mobil atau biasa disebut klep atau valve, adalah sebuah komponen yang berfungsi sebagai pengatur masuknya gas baru dan keluarnya gas buang dari sisa pembakaran pada mesin motor. Fungsi klep terbilang sangat penting karena jika ada kebocoran maupun gangguan sedikit saja pada klep, akan terjadi penurunan tenaga mesin atau performa mobil akan drop.

Advertisement

Penyetelan katup mobil adalah salah satu langkah penyetelan awal pada mobil. Untuk itu perlu diketahui bagaimana cara menyetel klep mobil yang baik dan benar. Namun demikian, sebelum membahas bagian tersebut, ada baiknya kita juga mengetahui tujuan penyetelan katup dan alat-alat yang harus disiapkan terlebih dahulu.

Tujuan Penyetelan Katup

  1. Tujuan penyetelan katup yang pertama yaitu untuk menjamin efisiensi dari pemasukan campuran bahan bakar dengan udara ke dalam silinder yang akan dikompresikan untuk proses pembakaran. Hal ini dilakukan agar mempreoleh tenaga yang diharapkan dalam pembuangan.
  2. Untuk menjamin efisiensi gas bakar untuk keluar dari dalam silinder ke udara bebas melalui exhaust manifold
  3. Tujuan ketiga adalah untuk menjamin kondisi pemasukan dan pengeluaran pada setiap silinder agar sama atau mendekati sama.

Karena pentingnya peran klep mobil, maka proses penyetelan katup harus dilakukan secara benar. Jika tidak, akan terjadi beberapa kesalahan yang dapat mempengaruhi kinerja mesin nantinya. Valve Clearance (penyetelan celah katup) adalah salah satu langkah penyetelan awal sebelum mesin mobil dinyalakan. Celah katup merupakan komponen yang penting saat mengatur sistem kinerja mesin 4 tak.

Adapun beberapa kesalahan saat penyetelan katup di antaranya:

Advertisement
  1. Pengaturan katup terlalu rapat, yang mengakibatkan katup membuka lebih awal, menyebabkan tekanan kompresi rendah dan kehilangan tenaga. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya salah pengapian atau pengapian balik.
  2. Pengaturan katup terlalu renggang, yang membuat katup membuka terlambat, menyebabkan jumlah pemasukan dan pembuangan menjadi rendah. Hal ini bisa menyebabkan suara berisik dan getaran pada mesin.
  3. Pengaturan katup antar silinder tidak sama, menyebabkan pemasukan dan pembuangan tidak sama. Jika terjadi demikian, akan mengakibatkan engine hunting karena power antar silinser berbeda.

Alat-alat yang perlu Disiapkan

  1. Tool box (berisi obeng plus minus dan kunci ring)
  2. Kunci T 12
  3. Kunci Busi
  4. Majun
  5. Feeler Gauge
  6. Buku Manual Mobil (Jika ada)

Cara Menyetel Klep Mobil

Cara Menyetel Klep MobilKali ini kita masuk kempembahasan utama yakni cara menyetel klep mobil. Namun sebelum menyetel klep, perlu diperhatikan jika mesin mobil berbeda-beda tergantung merk dan serinya. Oleh karena itu anda pelru membaca buku manual yang disediakan oleh mobil. Akan tetapi, dalam pembahasan kali ini, kita akan membahas cara menyetel klep mobil secara umum.

Baca Juga :   Cara Membersihkan Kaca Mobil Berjamur dan Penyebabnya

Pertama adalah lakukan persiapan terlebih dahulu. Siapkan alat yang diperlukan dan mesin pada mobil anda. Kemudian bukalah penutup (cover) silinder. Hidupkan mesin mobil anda untuk proses pemanasan selama kuarng lebih 5 menit. Langkah sleanjutnya cobalah untuk memeriksa oli mesin, air radiator dan bahan bakar. Selanjutnya masbro tinggal mengikuti tutorial cara menyetel klep mobil berikut ini

1. Memutar Poros Engkok

Langkah-langkah cara menyetel klep mobil pertama, adalah putar poros engkol sampai pada tanda puli poros engkol tepat pada angka 0. Bisa dilihat di tutup rantai timing mesin.

2. Menentukan Kompresi Silinder

Kemudian tentukan top kompresi silinder 1 aatau 4. Cara yang dilakukan adalah sebagai berikut.

Advertisement
  • Ketika memutar poros engkol, perhatikan pula katup masuk silinder yang mana yang bergerak. Caranya adalah dengan melihat katup masuk pada silinder 1 atau 4 sambil menggerak-gerakkan pulinporos engkol mesin itu.
  • Bila yang bergerak yaitu posh rod katup masuk silinder 4, maka ketika menggerak-gerakkan atau memutar poros engkol, maka saat tanda pada puli tepat di angka 0, yang sedang mengalami top kompresi adalah silinder 1 dan begitu pun sebaliknya.

Untuk nok as pada silinder TDC posisi roker arm kondisi bebas tidak menekan batang valve. Periksa kerenggangan batang valve dengan cara membuka lubang masuk oli di tutup kepala silinder. Masukkan jari untuk memastikan batang valve memutar.

Sedangkan untuk pengaturan timing yang sudah benar bisa dilihat juga dari arah rotor distributor. Bila mengarah ke busi nomer 2 atau mengarah pada busi nomor 1, itu berarti top silinder 1.

3. Mentukan Katup

Langkah selanjutnya menentukan katup-katup yang boleh disetel saat top ompresi silinder 1 atau 4. Untuk menentukan tersebut, hal yang dilakukan adalah melihat diagram atau tabelproses kerja silinder dan bisa juga dengan menggerak-gerakan puli poros engkol sambil melihat push rod katup klep yang tidak bergerak. Push Rod yang tidak bergerak itu yang boleh disetel.

4. Menyetel Celah Katup

Lalu, lakukanlah penyetelan celah katup sesuai spesifikasi. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Mengendorkan mur 12 memakai kunci ring 12 terlebih dulu’
  • Tempatkan feeler gauge (pengukur celah katup) ke dalam celah antara batang valve dan rocker arm
  • Menyetel klep 1-2-3-5 memakai feeler gauge dengan ukuran: Exhaust: 0,3 mm dan Intake: 0, 2 mm
  • Menggunakan obeng saat menyetel, mengencangkan atau mengendorkan baut penyetel katup.
  • Jika pengaturan celah katup telah sesuai, selanjutnya adalah kencangkan mur penahan samnbil menahan baut penyetel agar tidak bergerak. Cek kembali katup atau klepnya dengan merasakan tarikan atau gesekan dari feeler gauge. Ulangi cara peytelan selnajutnya dengan mengetopkan poros engkolnya lagi.

5. Memutar Poros Engkol

Putar poros engkol secara 360 derajat (satu putaran) sehingga tanda pada puli akan bertepatan dengan atnda 0 yang terdapat pada tutup rantai timing.

6. Setel Klep

Setel klep 4-6-7-8 dengan memakai feeler gauge, ukurannya: Exhaust: 0,3 mm dan Intake: 0,2 mm

7. Menutup Kepala Silinder

Tutup kembali kepala silinder, dan dilanjutkan dengan pemasangan komponen-komponen lainnya.

Cara menyetel klep mobil telah kita bahas seperti di atas. Bila telah selesai melakukan langkah-langkah tersebut, coba untuk menghidupkan mesin mobil anda. Jika sudah halus, maka anda sudah berhasil melakukan penyetelan. Jika sudah mengakhiri semua kegiatan, bersihkan kembali perlatan yang dipakai dan kembalikan pada tempatnya.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Motor Matic Honda TerbaruCara Mengendarai Mobil Matic
Cara Memperbaiki Aki Basah Cara Perpanjang Sim Online
Baca Juga :   Cara Memperbaiki Aki Kering Motor dan Mobil Yang Ngedrop / Soak

Inti dari proses penyetekan klep adalah mengembalikan performa mesin agar prima. Hal ini dikarenakan besar kecilnya celah klep akan memengaruhi timing pembukaan klep, yang juga memengaruhi massa udara yang masuk ke dalam klep. Jika udara telah masuk, maka juga akan memengaruhi kualitas tenaga yang dihasilkan mesin. Nah sekian informasi otomotifer.com kali ini, semoga informasi cara menyetel klep mobil di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

Advertisement
0/5 (0 Reviews)