Cara Mengatasi Motor Mogok Tiba Tiba dan Solusinya

Advertisement

Cara Mengatasi Motor Mogok – Bagi pecinta berkendara dengan roda dua sedang melewati dan menikmati perjalanan pasti merasa asik, tetapi jika kalian menikmati perjalanan tersebut tiba-tiba motor yang anda pakai bermasalah secara pasti sangat kesal dan menjengkelkan. Mungkin menjadi lega jika tiba-tiba motor bermasalah tetapi menemukan bengkel secara dekat tak jauh dari lokasi.

Nomor satu yang kalian alami saat motor bermasalah adalah panik. Panik dan bertanya-tanya kenapa ini motor? duhh bengkel jauh ga yaah? duhh sepi lagi jalanan pasti jarang nih orang atau bengkel? yakaaan pertanyaan-pertanyaan tersebut pasti reflek terlontarkan ketika motor anda tiba-tiba mogok di jalanan.

Tidak hanya menjengkelkan jika motor mogok, tetapi hal tersebut juga dapat membahayakan keselamatan anda jika bermasalah pada tengah jalan dan membahayakan pada pengguna jalan. Mungkin seseorang tidak paham bagaimana mengatasi motor mogok secara tiba-tiba. Kini otomotifer.com akan mengutas beberapa cara mengatasi motor mogok bagi kalian pengendara agar tidak merasa panik lagi.

Advertisement

Mengatasi motor mogok terdapat beberapa cara yang efektif dan mudah bagi orang awam yang tidak tahu menau tentang dunia permotoran atau dunia otomotif. Berikut adalah ulasan mengatasi motor mogok.

Solusi dan Cara Mengatasi Motor Mogok

Cara Mengatasi Motor Mogok Tiba Tiba

1. Cek Tangki Bensin

Terkadang kesalahan motor mogok secara tiba-tiba adalah kehabisan bahan bakar. Cobalah cek tangki bensin motor anda siapa tau motor bermasalah ini dikarenakan kehabisan bahan bakar. Terutama bagi motor dengan indikator bensinnya mati, rajin-rajinlah mengecek bahan bakar bensin anda.

Advertisement

2. Filter Udara yang Kotor

Kegunaan filter udara adalah untuk menyaring udara yang masuk ruang bahan bakar agar tidak tercampur oleh partikel-partikel kotoran dan debu agar campuran dengan udara terbakar dengan sempurna. Apabila filter udara anda sudah kotor maka dapat berakibat motor anda mogok, dikarenakan tarikan gas akan lebih berat.

Cara mengatasi filter udara yang kotor sangatlah mudah, rajin-rajinlah anda mengecek filter udara tersebut. Lebih aman lagi filter udara pada motor anda diganti dengan filter udara basah. Filter udara basah tidak dapat dibersihkan tetapi harus di ganti, jadi tidak usah membersihkan filter tersebut agar motor anda tidak mengalami mogok.

3. Periksa Keran Bensin

Sebenernya perkara seperti ini jarang terjadi, kecuali motor kalian telah di offkan atau di istirahatkan. Ketika keran bensin di offkan, sepeda motor masih mau nyala tetapi jika persediaan bensin dalam karburator habis motor tersebut bisa mogok. Jadi ketika motor anda bermasalah periksalah keran bensin kalian ya broo.

4. Penggunaan Bahan Bakar Beroktan Rendah

Pemakaian oktan yang rendah pada sepeda motor mengakibatkan jumlah timbal yang lepas menyumbat pada kelp sehingga motor bisa mendadak mati atau mogok. Jadi, pemilihan bahan bakar juga dapat mempengaruhi motor anda mendadak mati karena berpengaruh besar pada proses pembakaran setiap motor. Contohnya pada premium, bahan bakar tersebut tergolong murah padahal memiliki kadar oktan 88 tetapi kadar tersebut masih tergolong rendah dan dapat mengakibatkan motor menjadi mogok secara tiba-tiba.

Advertisement
Baca Juga :   Cara Perpanjang STNK Online 2020, Mudah dan Cepat

Agar kalian pengendara tidak mengalami mogok secara mendadak pakailah bahan bakar yang mempunyai oktan tinggi, seperti pertamax beroktan 92. Bahan bakar yang mempunyai oktan tinggi akan terbakarsecara sempurna dan tingkat polutan yang dihasilkanpun menjadi kecil.

5. Mesin Terlalu Panas

Penyebab terjadinya motor telalu panas adalah sirkulasi yang ada di dalam oli mengalami sumbatan, sehingga ring piston menjadi kering dan motor akan menjadi mogok. Suhu panas pada motor terjadi dari gesekan-gesekan yang terjadi antara piston dan liner boring.

Cara mengatasi ketika suhu mesin motor panas adalah menunggu sampai benar-benar dingin. Setelah mesin motor dingin lepaslah busi, kemudian masukan oli yang baru pada lubang busi tersebut. Ketika motor sudah dingin dan oli telah dimasukan mulailah kembali menyalakan motor anda menggunakan starter.

6. Tutup Tangki Tersumbat

Lubang kecil yang terdapat pada tutup tangki ternyata mempunyai tujuan loh, tujuan dari tutup tangki adalah sebagai ventilator atau pernafasan. Jika lubang kecil tersebut mengalami sumbatan akan mempengaruhi motor menjadi mogok, dikarenakan hilangnya sirkulasi udara sehingga bahan bakar tidak turun dan mengalir.

Cara mengatasi tutup tangki tersumbat yaitu gunakanlah kompresor untung membersihkan lubang tutup tangki tersebut. Pastikan pula tutup tangki tersebut tidak tersumbat agar tidak mengalami mogok secara mendadak pada motor kalian.

7. Komponen pada Pengapian Mati

Penyebab terjadinya motor mogok secara mendadak adalah hilangnya percikan api dalam pengapian. Kegunaan percikan api dalam pengapian yaitu membuat uap bahan bakar yang akan mengalir pada pengapian. Cara mengatasi pengapian agar tidak mati dapat dilakukan dengan mengecek satu persatu seperti busi, koil, CDI, sepul dan lainnya.

Tindakan pertama adalah dengan lepas busi dan dekatkan pada blok mesin, mulailah starter motor anda. Ketika busi mengeluarkan percikan api berwarna biru menandakan bahwa busi tersebut tergolong busi sehat. Sedangkan, busi mengeluarkan percikan api berwara merah menandakan busi tersebut tidak sehat dan harus di ganti dengan busi yang baru.

Tindakan kedua adalah tempelkan koil pada badan mesin lalu mulailah strater motor anda. Jika, koil terdapat percikan api menandakan bahwa koil tersebut tergolong bagus. Apabila koil tersebut tidak mengeluarkan percikan api dapat menandakan bahwa koil tersebut sudah tidak layak dipakai.

CDI merupakan sebuah otak dari pengapian motor. CDI adalah bawaan motor yang jarang rusak, CDI biasanya hanya mengalami konsleting atau sudah diganti dengan CDI aftermarket.

8. Motor Mogok setelah Dicuci

Ketika musim hujan tiba pasti motor-motor kesayangan anda akan menjadi kotor, untuk mengatasi agar motor anda kembali bersih adalah dengan cara dicuci. Tetapi motor yang anda cuci ternyata dapat mengakibatkan motor menjadi mogok loh. Menjengkelkan juga kan apabila motor kita sudah bersih dan tiba-tiba mogok. Untuk mengatasi motor anda tidak mengalami mogok setelah dicuci yaitu sebagai berikut.

  • Saat anda mencuci bisa saja air masuk ke karburator pada motor anda. Karena, karburator adalah tempat adalah tempat pembakaran bahan bakar pada motor anda yang tercampur dengan udara. Maka jika karburator terdapat air dapat mengakibatkan motor menjadi mogok.
  • Biasanya ketika kalian mencuci motor, air dengan mudahnya masuk ke cop busi. Jika anda menyemprotkan air kearea busi maka cop busi tersebut akan basah dan ketika basahlah pengapian akan terganggu dan membuat motor menjadi mogok. Cara mengatasi cop busi yang basah cukuplah mudah hanya dengan cara mencopot busi dan membersihkannya dengan kain kering.
Baca Juga :   Biaya dan 6 Cara Mengurus SIM Hilang 2020 Yang Wajib Diketahui

Beberapa penjelasan yang sudah dipaparkan oleh otomotifer.com dapat disimpulkan bahwa penyebab terjadinya motor mogok sebagian besar berhubungan dengan bahan bakar dan pengapian pada sepeda motor. Pastikan sebelum menggunakan sepeda motor cek terlebih dahulu motor anda dari busi, bahan bakar, tangki bensin. Apabila kalian bro and sist mengalami mogok secara mendadak akibat kepanasan sebaiknya untuk selanjutnya ketika motor sudah mengalami panas beristirahatlah sebentar agar tidak terjadi mogok secara mendadak.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Denda Tilang Tidak Punya SIMCara Mengkilapkan Cat Motor
Biaya Balik Nama MotorCara Memperbaiki Aki Basah

Sekian penjelasan dari otomotifer.com semoga informasi cara mengatasi motor mogok yang kami sampaikan bermanfaat bagi kalian pencinta kendaraan roda dua dan janganlah panik jika motor anda mengalami mogok secara mendadak.

Advertisement
5/5 (1 Review)