Cara memperbaiki Mobil Penyok Sendiri Di Rumah 100% Ampuh

Cara memperbaiki Mobil Penyok – Mengalami sebuah inseden sampai mobil penyok adalah hal yang tidak diinginkan bagi siapapun. Tidak hanya benturan keras saja yang mengakibatkan mobil penyok, namun benturan ringan juga dapat mengakibatkan mobil penyok. Tentu saja mobil penyok sangat tidak sedap di pandang mata. Penyebab terjadinya kepenyokan pada mobil terkadang kurang jelas apa penyebabnya, tau-tau sudah penyok.

Advertisement

Ada banyak hal yang mengakibatkan mobil penyok, pertama mobil penyok dapat disebabkan kurangnya hati-hati pengendara mobil. Memarkir mobil tidak benar dapat mengakibatkan mobil penyok. Tidak hanya itu, body mobil terkena goresan saja menjadikan mobil tidak sedap untuk dipandang.

Permukaan mobil yang penyok sebenarnya bisa diperbaiki dengan membawanya ke bengkel, namun akan mengelurkan biaya yang cukup mahal. Belum lagi harus mengantri sampai berjam-jam untuk mendapatkan mobil yang mulus kembali.

Solusi yang lain agar kalian hemat biaya untuk memperbaiki mobil penyok, kalian dapat memperbaiki sendiri. Memperbaiki mobil penyok dengan ketelatenan tangan sendiri menjadikan lebih hemat biaya serta hemat waktu.

Memperbaiki mobil penyok, sebenarnya mudah. Kalian tidak harus body repair untuk mobil kesayangan kalian. Untuk mempermudah serta hemat biaya sebaiknya mengatasi kepenyokan mobil dengan tangan sendiri.

Lebih jelasnya, kami disini akan mengulas tentang cara memperbaiki mobil penyok yang bisa kalian simak pada artikel otomotifer.com berikut ini.

Advertisement

Cara Memperbaiki Mobil Penyok Sendiri

Cara Memperbaiki Mobil Penyok Sendiri

1. Dengan Hair Dryer + Cairan Karbondioksida

Hair Dryer selain untuk mengeringkan rambut, juga berfungsi memperbaiki mobil penyok. Untuk memperbaiki penyok mobil dengan hair dryer, kalian harus membutuhkan cairan karbondioksida yang dapat dibeli di bengkel atau toko khusus kimia.  Langkah-langkah memperbaiki mobil penyok dengan hair dryer yaitu sebagai berikut:

  1. Pertama siapkan dahulu pengering rambut serta sebotol cairan karbondioksida
  2. Nyalakan pengering rambut (hair dryer), lalu arahkan pada area mobil yang penyok
  3. Arahkan pengering rambut terus-menerus pada area mobil yang penyok sampai benar-benar panas. Biasanya untuk mobil penyok agak dalem akan membutuhkan waktu 3-5 menit sampai area penyok panas
  4. Setelah langkah ketiga selasai, segera semprotkan cairan karbondioksida pada bagian yang telah dipanaskan dengan pengering rambut
  5. Terakhir, tekan body mobil sampai penyok tersebut hilang

Cara memperbaiki mobil penyok dengan pengering rambut serta cairan karbondioksida, sebenarnya memanfaatkan perubahan suhu yang drastis dalam waktu yang cukup singkat. Perubahan suhu panas pengering rambut dengan suhu dingin cairan karbondioksida secara tiba-tiba akan mampu menarik body mobil kembali.  Namun ingat, cara ini hanya bisa dilakukan untuk memperbaiki mobil yang penyok dengan ukuran yang kecil bukan ukuran besar bahkan kerusasakan sampai hancur.

Selain menggunakan bahan-bahan kimia sebenarnya, memperbaiki mobil yang penyok dapat dilakukan dengan hair dryer saja. Caranya dengan menyalakan pengering rambut, setelah itu arahkan pengering rambut pada bagian yang penyok sampai benar-benar panas. Langkah selanjutnya, orang kedua mendorong bagian yang penyok pada dalam mobil ke bagian luar mobil. Lakukanlah proses tersebut dengan kuat serta cepat dalam keadaan body mobil masih panas, sehingga body mobil akan kembali seperti semula.

Advertisement

Tips memperbaiki dengan suhu panas ini, sebaiknya dilakukan untuk mobil berbody dari logam saja. Karena logam akan mudah dibentuk saat mengalami panas.

Baca Juga :   Cara Merawat Motor Bebek Agar Awet (Injeksi & Karburator)

2. Dengan Air Panas

Cara Mengatasi Body Mobil Penyok Dengan Air PanasCara memperbaiki mobil penyok yang kedua adalah dengan mengguakan air panas. Cara ini sebenarnya sama dengan cara yang ada di atas, sama-sama menggunakan bantuan panas. Untuk mengetahui cara-cara yang harus dilakukan memperbaiki mobil penyok yaitu sebagai berikut:

  1. Siapkan terlebih dahulu air panas, yang nantinya akan digunakan untuk memperbaiki body mobil
  2. Langkah kedua yaitu siramkan air panas tesebut pada bagian mobil yang penyok. Kalian dapat menyiramkan dengan teko untuk wadah air panas tersebut
  3. Selanjutnya, gunakan kain untuk memberikan tekanan kebagian mobil yang penyok sampai kembali pada bentuk semula
  4. Jangan memberikan tekanan jangan terlalu keras pada mobil, yang ada malah terlalu kelewat hingga dapat membuat bentuk mobil berubah
  5. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya lakukan secara berulang-ulang sampai mendapatkan hasil yang maksimal

Cara memperbaiki body mobil penyok, sebanarnya sudah sangat umum dilakukan banyak orang, bahkan sudah banyak yang membuktikannya. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan cara ini hanya bisa dilakukan untuk mobil yang memiliki body berbahan plastic saja. Menggunakan cara ini tentunya akan secara lebih mudah untuk keluar dari cekungan bodi mobil akibat benturan.

3. Dengan Es Batu

Selain menggukan metode memanaskan, ternyata menggunakan metode es batu juga dapat memperbaiki mobil yang penyok. Tidak hanya membutuhkan es batu saja untuk memperbaiki cara ini, namun membutuhkan hair dryer juga serta kompresor angin. Ketiga bahan tersebut akan membuat body mobil yang penyok kembali seperti semula. Cara memperbaiki body mobil yang penyok dengan es batu sangat mudah, kalian hanya memerlukan beberapa langkah-langkahnya

  1. Tentunya siapkan bahan-bahan terutama es batu, pengering rambut, kompresor angin
  2. Setelah bahan sudah siap, saatnya kalian tempelkan bagian yang penyok dengan es batu kurang lebih sampai 2-3 menit
  3. Tunggu sampai es batu keluar butiran-butiran seperti salju yang keluar sekitaran body mobil yang penyok
  4. Setelah proses kedua selesai, maka lepaskan es batu tersebut lalu gunakan pengering rambut hingga bagian yang penyok mulai hilang
  5. Jika belum mulai hilang, lakukan cara ini secara berulang-ulang ya bro sampai luka penyok hilang
  6. Menggunakan cara ini dapat dilakukan pada mobil yang memiliki luka penyok tidak parah

4. Dengan Pops A Dent

Cara Memperbaiki Mobil Penyok Dengan Pops a DentCara lain untuk memperbaiki mobil penyok dengan mudah, yaitu menggunakan cairan pops a dent. Menggunakan cara ini, dapat menggantikan atau memberikan solusi agar tidak menggunakan air panas. Karena pengguaan air panas pada mobil akan menyebabkan karat, bahkan dapat menjadikan cat mobil cepat memudar.

Untuk menghindari memperbaiki dengan hal yang panas, maka lakukanlah perbaikan dengan pops a dent. Pops a dent adalah sejenis lem yang khusus untuk membantu mengembalikan body kendaraan yang tidak rata ataupun penyok. Sebelum menggunakan pops a dent untuk mobil penyok, sebaiknya mengetahui keunggulan dari pops a dent

  • Tidak merusak cat bahkan bodi mobil
  • Dapat digunakan untuk semua jenis penyok pada mobil
  • Tentunya dapat menghemat biaya tanpa perlu pergi kebengkel
  • Bodi mobil dapat kembali seperti semula

Setelah mengetahui beberapa keunggulan dari pops a dent, untuk itu kini saatnya mencoba memperbaiki mobil yang penyok dengan pops a dent. Adapun cara penggunaan pops a dent untuk memperbaiki mobil penyok adalah sebagai berikut

  1. Ketika membeli pops a dent ini, pilihlah ukuran lem yang sesuai dengan ukuran penyok mobil kalian
  2. Setelah itu, panaskan glue stick 2 sampai 5 menit
  3. Jika lem sudah mengering dan pastikan lem sudah benar-benar mengering
  4. Usakan tidak membiarkan lem menempel melebihi 8 menit
  5. Untuk hasil memuaskan, ulangi langkah-langkah tersebut sampai penyok mobil benar-benar hilang
Baca Juga :   Cara Merawat Motor Matic Injeksi & Karbu Agar Tetap Prima

5. Pergi Ke Ketok Magic

Apabila semua cara memperbaiki mobil penyok di atas tidak berhasil, maka jalan satu-satunya adalah pergi ke bengkel ketok magic. Memperbaiki body mobil di ketok magic, tentu ada biayanya. Soal biaya sangat bervariasi, tergantung dari bengkelnya sendiri serta kerusakan yang dialami mobil.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Cara Mengurus Sim HilangCara Menghilangkan Goresan Mobil
Cara Membersihkan Mesin MobilBiaya Cabut Berkas Mobil

Demikian cara-cara yang dapat kalian lakukan untuk memperbaiki mobil penyok. Langkah-langkah di atas dapat kalian lakukan dirumah ya bro, selain hemat waktu juga akan hemat biaya tanpa harus membawanya ke bengkel dan mengeluarkan uang yang banyak.

Advertisement
5/5 (1 Review)