Cara Memperbaiki Klakson Motor Mati dan Penyebabnya

Cara Memperbaiki Klakson Motor – Klakson motor merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan bermotor. Tujuan adanya klakson yaitu sebagai peringatan pengendara atau pengendara lain.

Advertisement

Lamanya pemakaian serta kurang merawat kendaraan dapat mengakibatkan komponen klakson rusak. Rusak atau matinya klakson biasanya dihiraukan oleh pengendara karena tidak membutuhkan komponen teraebut.

Bagi kalian pengendara sepeda motor, sebaiknya jangan menyepelekan klakson mati karena dapat berakibat pada keselamatan. Fungsi dari klakson sendiri yaitu agar terhindar dari kecelakaan. Untuk itu, jika kendaraan kalian mengalami masalah klakson mati segeralah perbaiki.

Banyak hal yang mengakibatkan klakson rusak bahkan mati, untuk mengetahui penyebab serta cara mengatasi klakson mati kami akan mengulasnya dibawah ini

Penyebab serta Cara Memperbaiki Klakson Motor

Cara Memperbaiki Klakson Motor

Cara Memperbaiki Klakson Motor

1. Aki Motor Melemah

Dampak dari aki motor melemah tidak hanya berakibat rusaknya mesin, namun berakibat pula matinya klakson. Karena, fungsi aki sebagai penghidup suara klakson.

Untuk itu, kalian harus rajin merawat aki secara berkala. Pengecekan aki secara berkala dapat berfungsi menjaga klakson tetap berbunyi.

Advertisement

Jika aki kalian soak, sebaiknya bawalah ke bengkel agar aki kendaraan dapat diperbaiki dan klakson dapat berfungsi kembali.

2. Saklar Klakson Berkarat

Komponen klakson yang berkarat akan mengakibatkan rusaknya suara klakson. Bunyi klakson akan otomatis terhalang oleh karat yang menempel pada saklar, sehingga klakson tidak berbunyi jika dipencet.

Untuk menangani saklar berkarat, kalian bisa melepas saklar lalu membersihkannya dengan cairan pembersih karat. Setelah karat pada saklar bersih, keringkan dengan lap dan pasang kembali saklar motor.

3. Baut Kendor

Salah satu penyebab yang di anggap paling sepele dari klakson mati yaitu baut klakson kendor. Permasalahan ini jarang sekali muncul dan diperhatikan, sehingga sebagaian orang menyepelekan kerusakan klakson mati.

Advertisement

Penyebab dari kendornya baut klakson terjadi oleh getaran motor secara terus menerus. Cara memperbaikinya cukup gampang, tinggal kencangkan kembali baut yang sudah mulai mengendor.

4. Memeriksan Bagian Kabel-Kabel

Penyebab dari matinya klakson bisa terjadi pada bagian pengkabelan. Untuk itu, periksalah bagian kabel yang berada dibagian klakson.

Kemungkinan yang terjadi dari matinya klakson, adanya kabel yang lepas dari saklar. Penyebab yang lainnya bisa jadi dari baut platina dibelakang klakson tidak pas.

Cara mengatasinya cukup mudah, lepaslah baut pengucinya dan pasang kembali pada posisi yang pas. Setelah itu, mencoba membunyikan klakson jika belum bunyi periksalah kabel kembali.

5. Kedua Metal Kontraktor Rusak atau Kotor

Hal yang terjadi dari kedua metal kontraktor rusak atau kotor karena umur klakson sudah menua. Biasanya komponen tersebut ketika sudah berumur akan kotor dan mengakibatkan kerusakan.

Kontraktor adalah tempat terjadinya hubungan alus listrik (DC). Jika pada kasus ini kalian mencoba menyalakan klakson maka terjadi percikan api pada kontraktor dan menimbulkan kerak. Nah hal tersebut senagai penghambat resistor arus yang masuk.

Cara mengatasi permasalahan tersebut, rajin-rajinlah membersihkan kerak atau kotoran yang menempel pada klakson yang sudah berumur tua. Jika sesudah dibersihkan klakson masih tidak berfungsi, maka gantilah klakson dengan yang baru.

6. Kawat Lilit Putus

Mengatasi klakson yang mati bisa dilakukan dengan mengecek kawat lilitan. Kawat lilitan bisa menjadi lemah bahkan putus jika jarang dibersihkan.

Baca Juga :   Biaya Perpanjang Sim 2020 Terbaru Semua Golongan

Terkelupasnya pelipis kawat maka terjadi induksi kawat klakson kalian dan disertai dengan lilitan yang sudah lemah . Tetapi jika kawat lilitan kalian sudah putus, kalian tidak bisa memperbaikinya sendiri harus ada bantuan orang terpecaya atau membawa ke bengkel.

Jika 6 cara tersebut tidak dapat mengembalikan fungsi klakson, solusi terbaik adalah mengganti klakson kalian dengan yang baru. Jangan sampai kalian menyepelekan kerusakan demi kenyamanan dan keamanan perjalanan.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Cara Merawat Mesin MotorCara Membuat Sim Online
Syarat Perpanjang STNKMobil Diesel Terbaik 

Nah demikianlah informasi singkat mengenai cara mengatasi dan memperbaiki klakson motor yang mati. Semoga dengan membaca artikel diatas kalian bisa menemukan penyebab yang menjadikan klakson motor bermasalah. Jangan lupa simak pula beragam informasi seputar dunia otomotif, hanya di otomotifer.com.

Advertisement
0/5 (0 Reviews)