Cara Memperbaiki Aki Kering Motor dan Mobil Yang Ngedrop / Soak

Advertisement

Cara Memperbaiki Aki Kering – Ketika kendaraan anda tiba-tiba berhenti mendadak saat dipakai atau istilah lainnya adalah mogok. Coba kalian cek aki kalian, sapa tau aki kalian kering. Karena, aki kering membuat kendaraan anda tidak mau menyala. Aki berperan penting bagi kendaraan karena berperan seperti baterai yang dapat menyuplai daya listrik ke komponen lainnya.

Aki memiliki dua jenis, yaitu aki kering dan aki basah. Aki kering banyak diminati oleh pengendara karena merasa lebih awet saat digunakan. Tidak hanya awet penggunaan, tetapi aki kering  mudah untuk dirawatnya serta memiliki aliran listrik yang lebih kuat.

Sebagian orang yang tidak mengenakan aki kering mengira bahwasanya ketika aki kering sudah rusak tidak bisa diperbaiki, sehingga enggan menggunakannya. Hal tersebut salah, penggunaan aki kering sebenarnya masih bisa diperbaiki jika kondisi cellnya masih bagus. Ketika cell pada aki kering masih bagus, aki tinggal di listik saja.

Advertisement

Kini penulis Otomotifer.com akan membahas tentang mempebaiki aki kering. Mungkin sebagian pengendara tidak bisa memperbaiki aki kering karena pemikirannya jika aki kering tidak bisa lagi digunakan kembali jika sudah rusak. berikut penjelasan penulis cara memperbaiki aki kering.

Peralatan yang Digunakan Untuk Memperbaiki Aki Kering

  • Jangan lupa sob siapkan obeng minus untuk membuka aki
  • Kedua jangan lupa siapkan juga obeng plus yang nantinya sama penggunaannya seperti obeng plus
  • Hal terpenting adalah siapkan air atau air aki sob. Air aki bisa dibeli di bengkel-bengkel atau toko onderdil
  • Siapkan isolasi, lem atau lakban dengan ukuran yang besar. Jika menggunakan lem gunakanlah lem yang mempunyai perekat yang tinggi
  • Siapkan suntikan. Tidak harus menggunakan suntikan yang baru, kalian bisa menggunakan suntikan bekas printer

Sebaiknya ketika kalian ingin mengganti aki carilah cairan aku yang baru, karena biasanya cairan aki berbeda komposisi dengan aki yang biasa digunakan untuk menambahkan aki. Setelah kalian mempersiapkan peralatan untuk memperbaiki aki kini penulis akan menjelaskan cara untuk memperbaiki aki kering.

Cara Memperbaiki Aki Kering

Cara Memperbaiki Aki Kering Motor dan MobilSebenarnya aki kering dirancang untuk tidak diperbaiki. Oleh karena itulah aki ini disebut sebagai AKI MF (Maintence Free). Namun tak ada salahnya kita mencoba cara memperbaiki aki kering motor dan mobil yang kami sampaikan di bawah ini. Siapa tahu cara yang kami sampaikan berhasil, sehingga kita tidak perlu membeli aki baru.

Advertisement

1. Membongkar Aki Terlebih Dahulu

Sebaiknya sebelum kalian memperbaiki aki bersihkan terlebih dahulu bagian luar aki pada motor kalian. Setelah bagian luar aki motor anda  bersih saatnya membuka aki dengan menggunakan obeng minus dan obeng plus untuk membukanya. Ketika membuka aki sebaiknya hati-hati ya sob serta diusahakan jangan sampai pecah sehingga aki tersebut tidak bocor.

2. Mengisi Air Aki

Ketika akan mengisi air sebaiknya siapkan suntikan dan lap. Sebelum mengisi air aki jangan lupa membuka lubang karet pada aki. Setelah semua lubang karet terbuka saatnya memulai mengisi air aki.

Baca Juga :   Cara Menghilangkan Goresan Pada Mobil Yang Baret Secara Mudah

Cara mengisi air aki yaitu siapkan air aki masukan pada suntikan, Setelah suntikan siap mulailah mengisi air aki pada lubang karet sampai merata dan diusahakan penuh. Biasanya lubang pada aki adalah 6 lubang tergantung pada kapasitas amperenya. Semakin banyak lubang ampere semakin besar kapasitas amepere tersebut. Ketika mengiis air aki jangan sampai meluber atau terlalu penuh ya sob, usahakan kurang lebih 1 cm dari lubang sampai tutup aki ya. Pemasangan air aki telah selesai, berikutnya adalah menutup tutup aki jangan sampai bocor.

3. Tutup Aki

Setelah selesai mengisi air aki, jangan lupa tutup aki lagi ya sob. Ketika menutup aki usahakan jangan sampai ada yang masuk setelah kalian menutupnya ya. Gunakan isolasi untuk menutup aki supaya tidak ada udara yang masuk. Karena, ketika aki kalian belum tertutup rapat bisa mengalami konsleting. Jika menggunkan isolasi masih terbuka gunakanlah lem yang mempunyai perekat tinggi seperti lem alteko ya bro.

Advertisement

4. Mengisi Daya Listrik Aki

Cara mengisi daya listrik aki cukup mudah, kalian hanya memberi setrum pada aki yang sudah menyala sehingga mendapatkan tegangan inject awal sebagai starter. Cara mengisi aki kering sama halnya ketika kalian mengeca laptop atau mengeces handphone. Dibawah ini akan membahas bagaimana cara mengisi listrik aki memiliki 2 cara, yaitu sebagai berikut:

a. Mengisi Aki Dengan Cara Cas

Cara yang pertama untuk mengisi aki yaitu dengan mengecas aki. Cara ini sangat efesien karena hanya dengan mengeces cas adaptor aki. Proses pengecesan aki melalui ini sama saja dengan cara mengeces handphone perbedaannya yaitu cara cas ini memiliki daya dan ampere lebih besar. Hal yang efesien ketika memakai cara ini yaitu terdapat indikator ketika mengisi aki sudah selesai dan siap untuk digunakan.

b. Jamper pada Aki Motor

Penggunaan jemper dalam mengisi aki motor haruslah memperhatikan sumber daya aki yang diapakai dalam keadaan prima. Cara mengeceknya yaitu panaskan motor anda dalam waktu 30 menit sampai 1 jam. Penggunaan jemper pada aki kering tidak seefesien dengan cara cas aki ya sob. Jangan lupa jika akan mengisi aki anda menggunakan cara jamper panaskan motor anda dalam posisi stasioner sebelum menggunakan perangkat lain ya sob.

Sebaiknya ketika anda ingin memperbaiki aki anda terlebih dahulu anda mengecek aki anda. Hal tersebut kini penulis akan membahas bagaiman cara mengecek aki pada motor anda. Cara mengecek aki terdapat empat cara. Cara-cara tersebut akan dibahas dibawah ini ya bro

Cara Mengecek Aki Motor

Cara Mengecek Aki MotorSetelah mengetahui cara memperbaiki aki kering motor ataupun mobil, maka sekarang mari kita membahas mengenai cara mengecek aki motor. Kami yakin banyak orang yang belum mengetahui caranya. Oleh karena itulah kami akan membahasnya secara singkat di bawah ini.

1. Menggunakan Volt Meter

Cara mengecek aki menggunakan cara volt meter merupakan cara yang paling akurat terpercaya mengenai kerusakan pada aki kalian. Dikatakan sebagai cara yang paling akurat karena, voltase yang ada di dalam aki dapat terlihat dengan seksama.

Ketika voltase pada aki anda kurang dari 12,4 volt yaitu menandakan bahwa aki anda sudah mulai melemah karena aki normal memiliki voltase 12,4 volt. Jadi, ketika aki pada motor anda memiliki voltase kurang dari 12,4 segeralah lakukan penggantian pada aki kalian ya bro atau memperbaiki dengan cara di cas.

Baca Juga :   Cara Perpanjang STNK Online 2019, Mudah dan Cepat

2. Melihat Speedometer

Cara mengecek aki dengan speedometer yaitu nyalakan motor kalian kontak berada pada posisi ON. Setelah itu nyalakan  lampu sein kanan atau sein kiri motor kalian ya bro. Jika motor kalian menyala juga nyalakan lampu sein kanan dan sein kiri.

Untuk mengetahui aki kalian melemah atau tidaknya yaitu perhatikan lampu pada spidometer. Ketika lampu spidometer melemah berarti aki anda sudah mulai tidak stabil. Hendaknya ketika lampu spidometer melemah gantilah aki kalian dengan yang baru ya bro atau nmemperbaiki dengan cara di cas.

3. Meraba Aki

Cara mengecek aki dengan cara meraba yaitu raba aki menggunakan tangan kalian, ketika aki melembung atau terdapat benjolan berarti aki tersebut sudah mulai melemah.

Aki yang melembung dapat di ibaratan seperti batere handphone yang melembung atau hamil. Nah ketika aki kalian melembung segerah ganti aki kalian dengan yang baru. Karena, jika aki kalian melembung dan hanya di cas aki akan tetap cepat habis.

4. Dengan Teknik Korsleting

Cara yang terakhir untuk mengecek aki anda yaitu dengan cara korsleting. Cara korselting yaitu cara menghubungkan langsung kutub positif dengan kutub negatif sampai terdapat percikan api.

Ketika menggunakan dengan cara ini sebaiknya jangan terlalu sering ya bro karena cara mengecek api dengan teknik korsleting dapat membuat aki anda cepet soak.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Denda Tilang Tidak Punya SIMCara Mutasi Motor
Biaya Balik Nama MotorSyarat Balik Nama Motor

Jika kalian mengecek aki anda dan mengalami kerusakan atau mulai melemah sebaiknya segera mengganti aki atau memperbaiki aki kalian sesuai dengan prosedur memperbaiki aki di atas ya bro. Semoga informasi otomotifer.com ini bermanfaat bagi kalian bro.

Advertisement
5/5 (1 Review)