Cara Memperbaiki Aki Basah Yang Soak, Rusak, Drop & Mati Total

Advertisement

Cara Memperbaiki Aki Basah – Aki atau biasa disebut akumulator merupakan salah satu alat yang bisa digunakan untuk menyimpan energi yang berbentuk dalam energi kimia. Salah satu contoh dari aki yaitu kapasitor dan juga baterai. Tegangan aki untuk setipa cell yang berstandar Internasional yaitu sebesar 2 Volt.

Ini berarti jika ada aki berukuran 12 Volt maka terdapat 6 cell atau aku berukuran 24 Volt akan memiliki 12 cell. Aki merupakan salah satu sel sekunder karena selain mengeluarkan arus listrik aku juga bisa diisi kembali dengan cara di charge.

Bagi sebuah kendaraan baik roda 2 ataupun roda 4, aki merupakan salah satu komponen yang sangat penting. Fungsi dari aku sendiri untuk kendaraan yaitu sebagai sumber energi yang dapat menghidupkan semua komponen-komponen yang ada dalam kendaraan tersebut seperti klakson, speedomotor serta yang lainnya. Oleh karena itu, jika aki memiliki masalah maka komponen-komponen yang ada tidak bisa dijalankan dan Kita harus tau bagaimana cara memperbaiki aki basah tersebut.

Advertisement

Aki memiliki 2 jenis yaitu jenis aku basah dan jenis aku kering aki maintenance free. Jenis  aki kering saat ini menjadi pilihan karena tidak perlu perawatan yang rutin. Untuk aki basah sendiri perlu dirawat secara rutin karena kalau tidak maka akan terjadi kerusakan. Nah saat ini akan dibahas mengenai cara memperbaiki aki basah yang soak atau mati.

Saat mungkin dari kalian ada yang menggunakan aki basah untuk motor, mobil atau alat yang lainnya. Hal ini bisa dijadikan informasi untuk bisa mengetahui cara memperbaiki aki basah yang soak tanpa harus ke bengkel. Ini bisa dilakukan di rumah atau dimana saja, sehingga akan menghemat biaya yang harus dikeluarkan. Nah untuk mengetahui bagaimana cara memperbaikinya, silahkan simak informasi otomotifer.com berikut ini.

Tutorial Cara Memperbaiki Aki Basah Yang Rusak

Cara Memperbaiki Aki Basah Yang Soak

Advertisement

Bagaimana Cara Memperbaiki Aki Basah yang Soak?

Sebelum melakukan cara memperbaiki aki basah, Kita harus menyediakan alat dan bahan yang akan digunakan terlebih dahulu. Alat dan bahan ini wajib ada karena ini yang akan Kita gunakan untuk memperbaiki akinya.

Bahan yang akan digunakan yaitu air aki atau accu zuur, air biasa, air panas di dalam ember, dan juga obat sakit kepala atau bodrex. Bahan yang mungkin bisa dibilang aneh adalah obat sakit kepala atau bodrex, namun sudah banyak yang membuktikan bahwa obat ini mampu menghidupkan kembali sel-sel aki yang sudah mati.

Alat yang harus disediakan adalah obeng minus dan plus, sarung tangan atau latex untuk safety, masker untuk menghindari bau yang menyengat dan juga corong kecil. Sebelum ke langkah-langkahnya lebih baik Anda pakai terlbih dahulu masker dan sarung tangan yang sudah Anda siapakan tadi.

Advertisement
  1. Nah, sekarang  inilah langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk memperbaiki aki basah yang soak. Langkah pertama cara memperbaiki aki basah adalah melepaskan aki basah dari motor atau mobil Anda. Langkah yang kedua adalah membuka lubang aki dengan menggunakan tang atau alat lainnya namun jika Anda bisa tidak perlu menggunakan alat untuk membukanya.
  2. Langkah ketiga yaitu membuang semua cair yang ada di dalam aki basah yang soak tersebut dengan cara membaliknya. Buanglah cairan itu ke tempat yang aman dan jauhkan dari jangkauan anak-anak. Selain berbahaya cairan tersebut juga sangat menyengat.
  3. Langkah keempat yaitu masukkan air panas melalui lubang aki dan kemudian kocok aki tersebut kemudian buang air panas yang ada di dalam aki. Selanjutnya masukkan air biasa kemudian kocok lalu buang. Lakukan terus menerus sampai aki bagian dalam menjadi bersih.
  4. Langkah kelima cara memperbaiki aki basah yaitu pastikan didalam aki tidak ada, Anda bisa membalik aki dan tunggu beberapa saat supaya aki bagian dalam benar-benar tidak ada airnya. Langkah keenam yaitu setelah aki benar-benar tidak ada airnya, masukkan air aku (accu zuur) ke dalam aki. Masukkan air aki sampai batas maksimal dan Anda bisa menggunakan corong kecil untuk memasukkan air aki tersebut agar lebih mudah masuk.
  5. Langkah yang ketujuh adalah pengisian daya aki. Pengisian ini sebaiknya menggunakan daya yang kecil agar lebih stabil dan awet. Pengisian ini bisa mengahabiskan waktu yang cukup lama yaitu sekitar semalam.
Baca Juga :   Denda Tilang Tidak Punya SIM dan Pelanggaran Lainnya 2019

Inilah cara memperbaiki aki basah yang bisa Anda lakukan untuk aki yang sebabkan karenarusak atau soak. Selain itu setelah Anda melakukan perbaikan Anda juga harus rutin merawatnya karena aki basah memang perlu perawatan yang rutin.

Bagiamana Cara Maerawat Aki Basah?

Cara Merawat Aki BasahInilah beberapa cara agar aki basah Anda tetap awet dan tahan lama. Cara yang pertama adalah pastikan Anda selalu membersihkan aki secara rutin. Hal ini dikarenakan biasanya hantaran pada aki tersumbat oleh debu atau kotoran yang lainnya yang mengakibatkan hantaran listrik ke semua komponen menjadi tidak lancar.

  1. Cara yang kedua adalah dengan selalu memanaskan motor atau mobil Anda. Ini mungkin terlihat mudah dan sederhana namun berdampak pada daya tahan aki dan sistem kerja aki. Jika motor atau mobil Anda jarang dipanaskan maka akan berakibat pada aki yang akan mudah soak dan mati. Untuk memanaskan mobil hanya perlu sekitar 5-10 menit saja.
  2. Cara yang ketiga yaitu dengan selalu memastikan daya listrik aki masih ada. Untuk mengetahui masih apa tidaknya biasanya terlihat dari kendaraan yang susah untuk dinyalakan. Apabila kendaraan susah dinyalakan hal ini menunjukkan bahwa persediaan daya sudah akan habis dan sebaiknya diisi ulang.
  3. Cara memperbaiki aki basah yang terakhir yaitu dengan selalu memastikan beban yang aki gunakan. Beban ini akan berdampak pada aki yang Anda gunakan. Pastikan Anda selalu megecek beban aki secara rutin. Pengecekan ini berfungsi untuk memastikan bahwa aku selalu dalam kondisi yang selalu baik.

Nah, inilah cara agar aki basah Anda tetap dalam kondisi baik. Cara memperbaiki aki basah di atass bisa membuat aki awet atau tahan lama serta menghidari dari soak atau mati. Lakukan cara tersebut dengan rutin dan dijamin aki yang Anda punya akan awet.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Harga Kiprok MotorCara Memperpanjang SIM
Harga Motor LambrettaHarga Kaca Film Mobil

Lebih baik menjaga dari pada membeli aki mobil baru yang otomatis harganya lebih mahal dibandingkan harga aki motor. Lagi pula perawatan aki basah cukup mudah dan tidak membutuhkan perawatan yang terlalu ribet. Namun apabila sudah mengalami kerusakan dan tidak memungkinkan untuk dilakukan perbaikan, maka mau tak mau kita harus membeli aki mobil baru yang rata-rata dibanderol melebihi 500 Ribu Rupiah.

Advertisement
0/5 (0 Reviews)