Cara Membuat Motor Matic Lebih Irit

Cara Membuat Motor Matic Lebih Irit – Saat ini penggunaan motor matic sering sekali dijumpai. Masyarakat lebih menyukai motor matic dibandingkan motor bebek.

Advertisement

Perusahaan kendaraan tidak hanya memproduksi matic dengan body kecil saja, namun telah memproduksi dengan body besar. Body besar pada motor matic akan terlihat lebih gagah, sehingga keberadaan motor matic menjadi favorit banyak orang.

Tetapi, Kebanyakan para pengguana motor matic merasa tidak irit bahan bakar walaupun sudah fuel injection. Sehingga masyarakat yang tadinya menggunakan jenis motor bukan matic  merasa kaget jika memakai matic.

Walaupun bahan bakar motor matic terbilang lebih boros dibandingkan jenis motor lainnya, namun tidak mematikan jenis motor matic. Bahkan dari tahun ketahun penggunaan motor matic semakin meningkat.

Untuk mengatasi bahan bakar boros, kalian tidak usah khawatir. Kami akan memberikan informasi kepada kalian cara penggunaan motor matic agar tetap irit bahan bakar.

Cara Membuat Motor Matic Lebih Irit

Cara agar motor matic lebih irit

Cara agar motor matic lebih irit

1. Jangan Memanaskan Mesin Terlalu Lama

Bagi kalian yang memiliki kendaraan matic sebaiknya jangan memanakan motor terlalu lama. Memanaskan motor terlalu lama sebenarnya sama saja membuang bahan bakar.

Advertisement

Tujuan dari memanaskan motor sudah menjadi tradisi untuk menjaga kendaraan agar tetap prima. Untuk memanaskan motor cukup 3-5 menit saja agar oli yang ada di dalam mesin melumasi semua komponen yang ada di dalam mesin.

2. Menggunakan Bahan Bakar yang Sesuai dengan Jenis Kendaraan

Pemikiran masyarakat penggunaan bahan bakar beroktan tinggi akan membuat kendaraan hemat bahan bakar. Sebenarnya perkataan itu salah. Penggunaan bahan bakar beroktan tinggi untuk motor berkompresi rendah justru akan merusak mesin dan boros bahan bakar.

Untuk menghindari kerusakan mesin dan bahan bakar menjadi lebih boros, gunakanlah bahan bakar yang sesuai dengan kompresi motor. Cara mengetahui rasio kompresi mesin, kalian bisa melihat di buku panduan pemilik.

3. Mengganti Oli Secara Rutin

Mengganti oli motor secara rutin adalah cara menghemat bahan bakar. Sebaiknya, mengganti oli mesin setiap 5000 atau 10000KM untuk menghindari kerusakan dan boros bahan bakar.

Advertisement

Tujuan dari mengganti oli secara rutin yaitu agar terhindar dari sumbatan yang terjadi pada karburtor atau kerusakan komponen lainnya. Sumbatan dan kerusakan komponenlah yang menyebabkan bahan bakar terbuang sia-sia

Tidak hanya mengganti oli saja, namun gunakanlah oli yang sesuai. Oli yang baik untuk digunakan adalah oli ya memiliki kekentalan tidak terlalu encer dan tidak terlalu kental.

Cara mengetahui oli mesin yang bagus yaitu mengecek buku panduan terlebih dahulu maka akan menemukan informasi mengenai tingkat kekentalan oli. Selanjutnya, sesuaikanlah dengan kode SAE yang ada di mesin kendaraan.

4. Service Kendaraan Secara Rutin

Service secara rutin menjadi salah satu yang membuat kendaraan irit bahan bakar. Selain menjadikan irit bahan bakar, service secara rutin akan menjaga kendaraan tetap prima.

Biasanya kendaraan yang tidak diservice secara rutin akan menyebabkan gangguan pada motor seperti flek pada ruang mesin, komponen mesin yang rusak. Penyebab tersebut akan memberikan tambahan beban mesin segingga berimbas pada bahan bakar.

Baca Juga :   9 Cara Membersihkan Mesin Mobil Secara Aman

5. Cek Tekanan Angin

Agar terhindar dari borosnya bahan bakar, maka cek tekanan angin pada ban kalian secara rutin.Ban motor matic yang kekurangan angin akan menyebabkan beban kerja mesin bertambah, sehingga boros bahan bakar.

6. Menarik Gas Perlahan

Kecepatan berkendara akan mengakibatkan tarikan gas yang besar, sehingga mengakibatkan boros bahan bakar. Untuk menghindari hal tersebut, tariklah gas kendaraan kalian secara perlahan saja dan hindari menambah kecepatan kendaraan secara tiba-tiba.

7. Memanfaatkan Fitur ECO

Untuk menghindari pemborosan bahan bakar, maka gunakanlah fitur ECO yang terdapat pada motor matic. Fitur ECO sudah dipasang pada motor matic keluaran sekarang.

ECO merupakan kependekan dari Ecomonic, artinya indikator untuk kendaraan agar konsumsi bahan bakar lebih efesien. Tekanlah tombol mode ECO agar kendaraan hemat bahan bakar.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Cara Merawat Motor BebekCara Menghilangkan Goresan Mobil
Perbedaan Ban Tubeless dan TubeTypePenyebab AC Mobil Tidak Dingin

Nah, ulasan di atas adalah cara agar kendaraan kalian hemat bahan bakar. Jika kendaraan kalian ingin hemat bakan bakar, silahkan mengikuti informasi cara membuat motor matic lebih irit yang kami sampaikan di atas. Nah cukup sekian informasi otomotifer.com kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

Advertisement
5/5 (1 Review)