Cara Membersihkan Mesin Motor Agar Mengkilap Seperti Baru

Advertisement

Cara Membersihkan Mesin Motor – Hampir setiap orang mempunyai kendaraan bermotor. Tetapi, untuk bagian seseorag tidak bisa merawat kendaraan sampai kotor hingga berkarat. Ketika kendaraan anda mungkin terlihat bersih pada bagian body motor, cobalah bro tengok bagian mesin kendaraan kalian.

Biasanya mesin kendaraan jika kotor tidak terlihat, hingga kalian lupa untuk membesihkan. Jika kalian jarang membersihkan bahkan jarang membersihkan dapat mengakibatkan karat pada mesin kalian bro.

Mesin gampang sekali menjadi kot0r ketika kalian berkendara melawati jalan-jalan berlumpur, hujan. Nah kalo mesin motor tidak dibersihkan sehabis melewati jalan berlumpur dapat mengakibatkan mesin motor cepat berkarat bro.

Advertisement

Walaupun kalian sering membersihkan kendaraan biasaya masih ada yan tertinggal kotoran noda-noda membandel hingga menjadi kerak. Untuk membersihkan kerak pada mesin motor biasanya susah dihilangkan. Harus dilakukan dengan suatu cara. Cara-cara serta alat yang digunakan untuk membersihkan mesin motor akan dijelaskan dibawah ini sebagai berikut.

Peralatan Dibutuhkan

Peralatan yang harus kalian siapkan untuk membersihkan motor yaitu busa (Spon), sikat gigi, lap halus, kanebo, lap mikrofiber, amplas, baskom, ember. Peralatan yang penting untuk membersihkan motor kalian adalah niat bro eehehe, jika akan membersihkan motor dilandaskan dengan niat pasti motor kalian akan kinclong kembali.

Cara Membersihkan Mesin Motor

Cara Membersihkan Mesin Motor Kalian tidak perlu lagi khawatir karena otomotifer.com akan membahas cara-cara membersihkan mesin motor anda bro dengan berbagai cara dibawah ini:

Advertisement

1. Menggunakan Shampo

Cara membersihkan kotoran yang membandel pada mesin kalian yang pertama yaitu menggunakan shampo. Shampo yang digunakan untuk membersihkan mesin terserah kalian aja bro semua merk shampo dapat digunakan untuk membersihkan mesin motor. Tapi, jika ingin lebih bersih gunakan shampo khusus untuk motor.

Penggunaan shampo untuk membersihkan motor kalian yaitu dengan cara menggosok secara pelan-pelan serta memperhatikan kotoran yang tertempel pada motor kalian hingga benar-benar bersih.

2. Menggunakan Sabun Pencuci Piring

Saran penulis cara untuk membersihkan mesin motor yang kedua yaitu dengan sabun pencuci piring. Sabun pencuci piring sangat terkenal handal untuk mengatasi minyak yang membandel. Untuk sebab itu, sabun pencuci piring dirokemendasikan untuk membersihkan motor.

Merk sabun pencuci piring yang digunakan untuk membersihkan motor menurut keinginan kalian saja bro, bisa sabun cair maupun sabun colek ya bro.

Advertisement

Cara menggunakan sabun pencuci piring untuk membersihkan motor yaitu tuangkan sabun pencuci piring pada suatu tempat seperti ember atau gayung lalu tambahkan air serta aduk-aduk hingga berbusa dan sabun siap digunakan. Untuk membersihkannya gunakan busa atau spon pencuci piring untuk menggosok mesin tersebut jika pada bagian-bagian kecil susah untuk dibersihkan gunakan sikat gigi.

Ingat ya bro jangan gunakan spon pencuci piring yang masih terpakai emak untuk mencuci piring yaa, serta jangan gunakan sikat gigi kalian yang masih terpakai juga bro.

Penggunaan sabun pencuci piring untuk membersihkan motor dapat bermanfaat, karena oli oli yang tersisa pada kendaraan kalian dapat terangkat hinga bersih. Ketika semua dibersihkan dengan sabun pencuci piring jangan lupa juga bilas dengan air bersih ya bro dan cek kembali apakah ada noda yang masih tertinggal atau tidak.

Baca Juga :   Cara Mengendarai Mobil Matic dan Fungsi Tuas Persneling Matic

3. Menggunakan Bensin atau Solar

Jika penggunaan shampo dan sabun pencuci piring dalam membersihkan motor kalian masih kurang bersih. Penulis masih punya cara yang lain, yaitu gunakan solar atau bensin. Karena memang mesin kendaraan pada motor da yang sulit dibersihkan hingga sangat membandel, nah mas bro bisa gunakan cara ini.

Penggunaan bensin atau solar untuk membersihka noda yang membandel pada kendaraan anda gunakan sikat gigi ya bro untuk bagian-bagain yang kecil. Jika menggunakan sikat gigi masih terdapat noda yang membandel gunakan amplas halus untuk menggosok noda pada kendaraan kalian.

Jika, noda membandel sudah pergi selanjutnya gunakan air bersih ya bro untuk membilasnya dan mengeringkannya dengan kanebo atau kain halus.

4, Menggunakan Asam Cuka

Cara selanjutnya ketika menggunakan bensin atau solat tida mempan juga gunakanlah asam cuka untuk membersihkan noda membandel pada mesin motor kalian. Penggunaan asam cuka untuk membersihkan mesin motor yaitu asam cuka mampu menghilangkan bekas noda hingga berkarat. Sehingga asam cuka sangat direkomendasikan untuk membersihkannya.

Cara penggunaan asam cuka pada mesin motor, masih sama yaitu gunakan sikat gigi untuk membersihkan celah-celah kecil yang sulit dijangkau serta gosoklah permukaan mesin yang berkarat dengan asam cuka. Setelah membesihkan dengan asam cuka dilanjutkan dengan menyemprotkan atau membilas dengan air bersih bagian yang telah dibersihkan. Hati-hatilah saat menggunakan asam cuka, karena dapat membuat rusak pads cat motor kalian bro.

5. Menggunakan Obat Pembersih Keramik

Jika cara-cara membersihkan mesin motor di atas, mesin motor anda masih terdapat noda-noda yang tertinggal, kini penulis merekomedasikan untuk menggunakan obat pembersih kermaik. Ketika kalian ingin menggunakan cara ini sebaiknya berhati-hati jangan sampai terkena body motor karena menyebabkan kerusakan pada cat motor bro.

Penggunaan obat pembersih keramik untuk membersihkan motor kalian merupakan cara yang sangat jitu karena dapat menghilangkan noda dengan ludes serta tak tersisa noda tersebut.

Prosedu yang dilakukan untuk membersihkan noda pada mesin motor kalian yaitu campurkan obat pembersih kemarik ini dengan air panas ya bro serta jangan lupa di aduk secara merata habis itu baru masukan kedalam ember. Seperti cara sebelumnya ya gunakan sikat gigi untuk membersihkan celah-celah pada mesin motor kalian. Setelah menggosok dengan sikat gigi tunggu sampai 10 menit sampai terlihat busa-busa putih lalu bilas dengan air bersih.

6. Menggunakan Sodium Cyclamate

Cara selanjutnya untuk membersihkan motor anda yaitu dengan sodium cyclamate. Bahan kimia sodium cyclamate adalah bahan kimia yang biasa dikenal dengan nama biang gula.

Cara penggunaan sodium cyclamate untuk membersihkan motor kalian yaitu siapkan sepermpat sodium cyclamate dengan sedikit air panas serta tambahkan setengah sendok makan detergen setelah itu sodium cyclamae siap digunakan. Gunakan bahan kimia ini dengan menggosokan pada mesin-mesin kotor membandel atau berkarat dan tunggu beberapa menit setelah itu bilas dengan air bersih.

7. Menggunakan Amplas

Penggunaa amplas pada mesin kendaraan kalian yang berkarat, amplas merupakan rekomendasi yang dapat membersihkan kendaraan. Penyebab mesin motor berkarat karena tidak pernah dibersihkan oleh pemiliknya. Jadi, ketika motor kalain tidak pernah dibersihkan akan mengakibatkan mensin kalian berkarat.

Cara penggunaan amplas pada mesin yang kotor yang membandel yaitu dengan menggosokan pada bagian-bagain yang berkarat. Gunakanlah amplas halus untuk membersihkan mesin anda ya bro.

Baca Juga :   9 Cara Membersihkan Mesin Mobil Secara Aman

8. Mengggunakan Metal Polish

Tahap selanjutnya membersihkan mesin anda yaitu dengan metal polish. Kegunaan metal polish untuk membersihkan motor kalian seperti baru lagi. Gosokan metal polish ke motor anda supaya mengkilap seperti semula.

Setelah itu, semprotkan secara merata menggunakan lap microfiber dengan manfaat permukaan logam pada kendaraan kalian menjadi mengkilap kembali.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Denda Tilang Tidak Punya SIMCara Mutasi Motor
Biaya Balik Nama MotorCara Memperbaiki Aki Kering

Ternyata tidak begitu ribet ya bro untuk membersihkan mesian kalian dari noda karena memiliki beberapa prosedur di atas untuk membersihkannya. Setelah semua bersih jangan lupa sering-seringlah membersihkan kendaraa kalian sehigga terhindar dari karat. Pastikan kendaraan kalian selalu bersih ya bro mulai sekarang dan yang akan datang sebaiknya sering-sering membersihkan kendaraan kalian.

Advertisement
5/5 (1 Review)