9 Cara Membersihkan Mesin Mobil Secara Aman

Advertisement

Otomotifer.com – Cara membersihkan mesin mobil mungkin terlihatnya cukup sulit dan ribet ya bro. Apalagi bagi pengendara mobil yang asal pakai tidak pernah memikirkan mesin dan kebersihan mobil pasti merasa malas untuk membersihkan mesin mobil. Tetapi, jika mesin mobil kalian tidak dirawat secara baik-baik serta tidak pernah dibersihkan akan menjadikan mobil cepat rusak bro.

Kerusakan mesin mobil yang tidak pernah dibersihkan akan cukup fatal ya bro, salah satunya bisa mengalami korsleting, bahkan bisa menyebabkan kebakara. Walaupun mesin mobil itu tertutup tetapi, mesin mobil juga bisa kotor oleh paparan debu. Biasanya debu masuk lewat sela-sela kap mesin atau ruang bawah mesin yang tidak tertutup.

Sebagain orang ketika membersihkan mobil hanya memperhatikan bagian eksterior dan interiornya saja. Padahal mobil perlu perhatian khusus bagian kebersihan mesin demi keamanan si mobil tersebut. Tetapi, dalam membersihkan mesin mobil memiliki cara khusus tersendiri tidak sembarang membersihkannya.

Advertisement

Sebaiknya jika kalian ingin tau bagaimana proses mencuci mesin mobil simak penjelasan-penjelasan yang di bawah ini. Sebelum menjelaskan tentang proses mencuci mobil awali terlebih dahulu pembersih yang digunakan untuk mencuci mobil.

Jenis-jenis Pembersih Mesin Mobil

  • Engine Clean yaitu pembersih mobil yang digunakan untuk membersihkan berbagai kotoran yang melekat pada mesin mobil
  • Engine Dressing yaitu pembersih mobil yang digunakan untuk mengembalikan warna komponen pada mesin mobil

Setelah mengetahui jenis-jenis pembersih mesin mobil, tiba saatnya penulis akan membahas cara membersihkan komponen mesin mobil.

Cara Membersihkan Mesin Mobil

Cara Membersihkan Mesin MobilKita tidak boleh asal dalam membersihkan mesin mobil. Pasalnya mesin mobil terdiri dari berbagai komponen yang bisa saja rusak apabila terkena air. Oleh karena itulah kami akan memberikan tips cara membersihkan mesin mobil yang aman sebagai berikut ini.

Advertisement

1. Panaskan Mobil Terlebih Dahulu

Hindari membersihkan mesin mobil dalam keadaan mesin mobil dingin ya bro. Sebaiknya panaskan mobil terlebih dahulu kurang lebih 10-15 menit. Sebab, jika mesin mobil dalam keadaan dingin kotoran-kotoran yang berada pada mesin mobil susah untuk dibersihkan. Tetapi jangan bersihkan mobil dalam keadaan panas sekali ya bro seperti setelah perjalanan jauh hal tersebut dapat menyusahkan kalian ketika akan membersihkan serta tangan akan kepanasan bahkan bisa sampai terbakar.

2. Gunakan Sarung Tangan

Sebelum membersihkan mesin mobil jangan lupa memakai sarung tangan ya bro, dengan tujuan tangan kalian aman dari alergi. Biasanya, kotorang yang menempel pada mesin mobil terkandung zat-zat berbahaya yang dapat menimbulkan alergi bila terkena langsung dengan kulit kalian.

Selain tangan tidak menjadi alergi, penggunaan sarung tangan untuk membersihkan mesin mobil memiliki fungsi yang lain ya bro. Fungsi yang lain memakai sarung tangan saat membersihkan  mesin mobil yaitu agar tangan kita tidak kesetrum komponen-komponen yang memiliki daya listrik serta terlindung dari panasnya mesin mobil.

3. Bungkus Bagian Mesin yang Memiliki Daya Listrik

Sebelum memulai membersihkan mesin mobil, terlebih dahulu bungkus bagian-bagian mesin yang memiliki daya listrik ya bro. Bungkus bagian-bagian mesin tersebut dengan alumunium foil atau gunakan plastik jika tidak menemukan alumunium foil. Fungsi membungkus bagian-bagian mesin yang memiliki daya listrik yaitu agar bagian-bagian tersebut tidak terkena air yang bisa menyebabkan korsleting listrik pada mesin mobil kalian.

Baca Juga :   Cara Membersihkan Mesin Motor Agar Mengkilap Seperti Baru
Advertisement

4. Guyur dengan Air Bertekanan Rendah

Ketika akan mengguyur mesin dengan air, jangan lupa ya bro gunakan air bertekanan rendah, agar lebih mudah saat mengguyurnya gunakan selang ya bro. Penggunaan air yang tinggi dapat mengakibatkan komponen mesin menjadi rusak. Jadi pelan-pelan saja ya bro yang penting komponen pada mesin kalian dapat bersih kembali.

Bagian pertama yang harus dibersihkan yaitu kap mobil, selanjutnya bersihkan bagian-bagian tersebut dengan pelan-pelan setelah sudah selesai dibersihkan pastikan tidak ada lagi kotoran yang tertinggal.

5. Menggunakan Spon dan Sikat

Penggunaan spon halus ini memiliki tujuan mempermudah ketika kalian membersihkan mobil. Menggunakan spon halus juga memiliki tujuan agar mesin tidak tergores-gores atau lecet saat anda membersihkan mesin mobil. Selain menggunakan spon halus, jika merasa kesulitan membersihkan bagian komponen mesin area kecil gunakan sikat untuk membersihkan mobil memiliki tujuan untuk membersihkan mesin pada area-area kecil dan kotoran-kotoran yang sulit dibersihkan.

6. Menggunakan Sabun Colek

Penggunaan sabun colek untuk membersihkan mesin mobil agar kotoran-kotoran pada mesin mobil terangkat. Ternyata sabun colek yang banyak muncul di warung-warung terdekat anda selai n untuk mencuci gerabah bisa juga untuk membersihkan kotoran pada mesin ya bro dengan harga yang terjangkau juga dari Rp 1000- Rp 3000 saja dapat membersihkan segala sesuatu termasuk mesin mobil. Selain itu, dapat menghilangkan sisa-sisa oli pada mesin mobil. Sabun colek sudah terkenal ampuh untuk membersihkan kotoran-kotoran yang membandel pada mesin mobil bro. Bersihkan mesin mobil sampai tidak ada lagi kotoran yang menempel ya bro.

7. Membilas dengan Air

Setelah membersihkan mesin mobil dengan sabun colek dengan bersih, bilas mesin mobil dengan air bersih ya bro. Pastikan semua komponen mesin mobil terbebas dari busa sabun ya bro. Jika mesin mobil sudah di bilas dengan air bersih, keringkan mesin mobil dengan kompresor angin  ya bro dengan tujuan membuang sisa-sisa air tadi. Tetapi, jika tidak ada komprosor angin gunakan lap halus untuk membuang sisa-sisa air pada mesin mobil.

8. Hindari Penggunaan Mobil Setelah Mesin Di Cuci

Sebaiknya, ketika mesin mobil kalian hendak dicuci hindari memanaskan mobil atau memakai mobil. Biarkan 2-3 jam untuk memastikan bagian-bagian mesin mobil sudah kering dengan sempurna. Setelah benar-benar kering lepas komponen mesin yang dibungkus dengan alumunium oil.

9. Perhatikan Komponen-Komponen Mesin

Ketika semua komponen mesin benar-benar kering, kini saatnya kalian cek semua konponen yang berhubungan dengan kelistrikan. Komponen yang berhubungan dengan kelistrikan antara lain klaskon, lampu sein, lampu utama serta komponen-komponen lainnya.

Sebenarnya menjaga komponen mesin itu terdapat beberapa manfaatnya selain mesin menjadi bersih adapula manfaat yang lainnya. Berikut ini beberapa manfaat kenapa mesin mobil kalian harus dibersihkan.

Mengapa Mobil Harus Selalu Dibersihkan?

Gambar Mesin Mobil

  1. Dapat mencegah terhambatnya pelepasan panas pada mesin akibat debu, sisa-sisa oli yang menumpuk pada mesin mobi, AC serta komponen-komponen lainnya
  2. Mampu meringankan kinerja kipas pada radiator mesin dan pendingin udara
  3. Menjaga kondisi konektor listrik agar dapat bekerja dengan maksimal
  4. Mencegah terjadinya aus pada bagian komponen-komponen mesin yang terbuka. Antara lain dinamo, ACG, power steering, belt AC dan komponen lainnya

Bagaimana setelah menyimak penjelasan-penjelasan di atas? semoga tergugah untuk selalu membersihkan komponen mesin mobil kalian dengan rutin ya bro demi keamanan mobil kalian juga. Memang agak sedikit takut jika tidak pernah mencoba membersihkan komponen-komponen mesin mobil. Tetapi jika melakukannya akan terasa sangat mudah tidak seperti yang kalian bayangkan.

Baca Juga :   Kelebihan Angin Nitrogen Untuk Motor dan Mobil

Ingat ya bro, jangan cuci komponen mesin mobil kalian dengan cara semprot air kualitas tinggi atau istilah lain adalah cuci stim, memang mencuci dengan stim dapat mengakibatkan cepat kinclong. Tetapi cara tersebut dapat merusak komponen mesin anda atau bisa mengalami korsleting bahkan mobil tidak mau menyala bro.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Perawatan Motor Setelah Turun MesinCara Menghilangkan Goresan Mobil
Cara Membersihkan Kaca BerjamurBiaya Cabut Berkas Mobil

Setelah mengetahui cara membersihkan mesin mobil dengan aman, sekarang tinggal kalian praktekan. Meskipun sudah mengetahui caranya, namun masbro tetap harus hati-hati karena apabila salah membersihkan mesin mobil bisa berakibat fatal. Nah cukup sekian informasi otomotifer.com kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

Advertisement
5/5 (1 Review)