Cara Membersihkan Kaca Mobil Berjamur dan Penyebabnya

Advertisement

Cara Membersihkan Kaca Mobil Berjamur – Ketika kalian mempunyai kendaraan roda empat atau mobil tetapi jarang membersihkan kaca akan mengakibatkan jamur bro. Menjaga kaca mobil dari jamur bisa dikatakan gampang-gampang susah. Pemakaian mobil yang ters menurus dapat mengakibatkan mobil cepat kotor.

Jika mobil kalian dipakai terus menerus tanpa sering membersihkan pada bagian kaca akan cepat mengakibatkan jamur. Selain itu penyebab timbulnya jamur pada kaca mobil dikarenakan paparan hujan serta panas atau perubahan cuaca. Jamur yang muncu pada kaca mobil akan membuat kaca mobil tidak menarik lagi. Tidak hanya mengganggu penampilan, jamur pada kaca mobil juga akan mengakibatkan susah pengelihatan ketika berkendara.

Oleh sebab itu penulis kali ini akan membahas penyebab terjadinya jamur pada kaca mobil kalian bro. Penjelasannya ada dibawah ini

Advertisement

Penyebab Jamur pada Kaca Mobil

Penyebab Kaca Mobil Berjamur

1. Meletakan Mobil pada Tempat Lembab

Salah satu penyebab kaca mobil cepat berjamur adalah meletakan kendaraan pada tempat lembab. Ketika, mobil diletakan pada tempat lembab serta membiarkan kaca mobil dari kotoran maupun debu akan membuat kaca mobil menjadi berjamur. Sebaiknya, ketika kalian meletekan mobil pada tempat lembab diusahakan mobil selalu dalam posisi bersih ya bro agar terhindar dari jamur.

2. Bercak Air yang Tersisa pada Kaca

Air yang tersisa pada kaca mobil dapat menyebabkan tumbuhnya jamur. Oleh sebab itu, ketika kaca mobil kalian basah jangan biarkan kaca tersebut tanpa dibersihkan. Sebaiknya ketika kaca kalian basah segeralah membersihkannya.

Advertisement

Biasanya bekas bercak air pada mobil dibsebabkan setelah mencuci mobil kaca mobil tidak dibersihkan dengan kering dan membekas. Hal itu kaca mobil akan tumbuh jamur. Gunakanlah kain yang mempunyai daya serap tinggi untuk membersihan kaca mobil kalian ya bro.

3. Perubahan Cuaca Ketika Berkendara

Penyebab kaca mobil tumbuh jamur yaitu ketika kalian sedang berkendara pada cuaca panas terik dan tiba-tiba muncul hujan deras, hal tersebut akan menyebabkan kaca mobil tumbuh jamur.

4. Kualitas Air yang Digunakan

Sebaiknya mas bro ketika akan mencuci mobil kalian lihat kondisi air terlebih dahulu ya bro. Ketika air kalian air tanah dapat mengakibatkan tumbuhnya jamur pada kaca mobil. Kaca mobil akan menimbulkan bercak-bercak putih. Penyebabnya karena air tanah mengandung zat kimia yang tidak seimbang.

Selain mengandung zat kimia, air tanah juga mengandung zat kapur. Kadar kapur pada air akan menimbulkan bercak jamur pada kaca semakin membesar. Untuk itu hindarilah air tanah agar mobil kalian tetap bersih serta keren ya bro.

Advertisement

5. Produk Pembersih Kaca

Menggunakan pembersih kaca mungkin akan menyebabkan kaca mobil menjadi bersih. Tetapi, jika menggunakan pembersih kaca mobil yang tidak sesuai atau salah merk akan menyebabkan tumbuhnya jamur pada kaca kalian bro. Untuk itu, pilihlah dengan teliti ketika akan membeli produk pembersih kaca ya bro.

Mungkin, beberapa orang ketika kaca mobil tumbuh jamur akan langsung saja membawanya pada salon mobil. Namun, ketika kalian membawa mobil anda ke salon akan mengeluarkan banyak biaya. Sebetulnya, ketika kaca mobil kalian tumbuh jamur cara membersihkannya cukup menggunakan alat sederhana dan tentunya tidak mengeluarkan uang banyak. Untuk itu, penulis akan menjelaskan cara membersihkan jamur pada kaca mobil agar kalian bisa membersihkannya sendiri di rumah dan tentunya akan lebib hemat ya bro.

Baca Juga :   Biaya Balik Nama Motor 2019 Untuk STNK dan BPKB

Cara Membersihkan Kaca Mobil Berjamur

Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil

1. Menggunakan Alkohol

Cara membersihkan kaca mobil berjamur yang pertama adalah dengan alkohol. Alkohol mudah ditemukan, biasanya orang menjual alkohol di apotek yang digunakan untuk membersihkan luka pada kulit. Namun, alkohol mempunyai manfaat lain sebagai pembersih jamur pada kaca mobil. Cara pembersihan jamur menggunakan alkohol sebagai berikut ya bro:

  1. Siapkan terlebih dahulu ya bro alat dan bahan yang digunakan untuk membersihkan. Alat yang digunakan adalah kain halus ataupun kapas.
  2. Siapkan alkohol sekitar 50-90 persen.
  3. Sebelum memulai, jangan lupa mengocok alkohol terlebih dahulu ya bro, setelah itu celupkan kain lembut atau kapas pada alkohol tersebut.
  4. Gosoklah kaca yang terdapat jamur menggunakan kain halus atau kapas yang telah dicelupkan dengan alkohol.
  5. Gosok kaca tersebut sampai bercak jamur menghilang ya bro.

2. Menggunakan Minuman Bersoda

Ternyata minuman bersoda dapat menghilangkan jamur pada kaca mobil ya bro. Cara ini pembersihan ini lebih hemat biaya ya bro tentunya. Kalian tidak harus pergi jauh untuk mencari minuman bersoda. Biasanya setiap toko dekat dengan rumah tinggal kalian pasti menyediakan minuman bersoda. Ternyata minuman bersoda tidak hanya bisa diminum saja ya bro, minuman bersoda bisa juga untuk membersihkan karat pada besi serta jamur pada kaca mobil. Cara penggunaan minuman bersoda untuk jamur kaca mobil antara lain sebagi berikut.

  1. Hal paling utama, siapkan minuman bersoda terlebih dahulu
  2. Jangan lupa sebelum membersihkan dengan soda sebaiknya bersihkan kaca mobil terlebih dahulu.
  3. Gunakan lap bersih untuk membersihkan debu yang tertempel pada kaca mobil. Jangan gunakan air ya bro, agar zat kimia yang terdapat dalam soda tidak tercampur dengan air
  4. Selanjutnya, bersihkan jamur pada kaca dengan air soda ya bro. Gunakan kain bersih untuk menggosok kaca tersebut.
  5. Terakhir, ketika jamur pada kaca mobil sudah benar-benar hilang bilas dengan air bersih serta lap kembali kaca tersebut sampai kering.

3. Menggunakan Pemutih Pakaian

Salah satu cara membersihkan kaca mobil berjamur, yakni menggunakan pemutih pakaian. Ternyata pemutih pakaian tidak hanya untuk menghiangkan noda membandel pada baju, tetapi bisa digunakan juga untuk membersihkan jamur pada kaca mobil. Cara penggunaan pemutih pakaian untuk kaca mobil sama seperti cara-cara yang lain.

  1. Siapkan kain halus untuk membersihkan kaca
  2. Siapkan pemutih pakaian
  3. Celupkan kain halus tersebut pada pemutih pakaian
  4. Setelah itu, gosok-gosok kaca yang berjamur dengan kain yang sudah dicelupkan kain halus ya bro
  5. Jika sudah selesai menggosokannya bilas dengan air bersih
  6. Terakhir jangan lupa bersihkan kaca dengan lap kering dan bersih ya bro

4. Menggukan Pasta Gigi

Menggunakan pasta gigi untuk membersihkan kaca mobil yang berjamur merupakan cara mudah ya bro, karena semua orang pasti memiliki pasta gigi. Jadi, agak hemat sedikit ya bro karena tidak usah membeli kembali dengan harga yang mahal. Cara penggunaan pasta gigi pada untuk kaca mobil berjamur sebagai berikut.

  1. Paling utama siapkan pasta gigi ya bro
  2. Tempelkan pasta gigi pada bagian kaca yang berjamur
  3. Setelah kering, gosoklah permukaan kaca berjamur tersebut dengan kain bersih hingga jamur menghilang
  4. Bilas kaca tersebut dengan air bersih
  5. Selanjutnya jangan lupa bersihkan kembali kaca mobil kalian dengan kain kering sampai benar-benar bersih dan kering ya bro

5. Menggunakan Cuka Apel

Cara membersihkan jamur pada kaca mobil selain menggunakan cara-cara di atas, dapat juga digunakan dengan cuka apel. Mungkin sebagian orang tidak mengenal barang ini dan mungkin ada yang mengenal sebagai penghilang jerawat. Namun, tidak disangka-sangka ternyata cuka apel yang memiliki bau tidak enak dapat untuk menghilangkan tumbuhnya jamur pada kaca mobil ya bro. Berikut cara-cara yang dilakukan untuk membersihkannya

  1. Siapkan cuka apel serta kain halus ya bro
  2. Campurkan cuka apel dengan air bersih, dengan takaran 3 sendok makan cuka apel dengan 1 liter air.
  3. Celupkan kain halus pada cuka apel yang telah di tambah dengan air
  4. Setelah itu, gosokan bagian jamur secara memutar hingga jamur benar-benar hilang
  5. Terakhir, bersihkan kaca mobil dengan air bersih lalu lap kaca mobil hingga benar-benar kering
Baca Juga :   Perawatan Motor Setelah Turun Mesin (Wajib Dilakukan)

Mudahkan bro cara membersihkan kaca mobil akibat tumbuhnya jamur. Tidak usah pergi ke salon serta mengeluarkan uang banyak dengan cara-cara di atas jamur pada kaca mobil kalian akan musnah seketika. Untuk menghindari tumbuhnya jamur kembali segeralah bilas dengan air bersih jika mobil kalian habis terkena air hujan atau segeralah lap kaca mobil kalian ya bro.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Cara Membersihkan Mesin MotorCara Menghilangkan Goresan Mobil
Biaya Balik Nama MotorCara Memperbaiki Aki Kering

Nah demikianlah informasi otomotifer.com mengenai cara membersihkan kaca mobil berjamur. Cara di atas memang mudah dan bisa dilakukan secara alami untuk menghilangkan jamur membandel yang mengurangi visibilitas saat mengendarai mobil.

Advertisement
5/5 (1 Review)