Cara dan Biaya Cabut Berkas Mobil 2019 Serta Syaratnya

Advertisement

Biaya Cabut Berkas Mobil- Pembelian second/ bekas kendaraan mobil biasanya memerlukan nama balik mobil atau cabut berkas. Cabut berkas biasanya dilakukan jika pembelian berada diluar provinsi atau daerah.

Namun sebagain orang menganggap cabut berkas mobil itu ribet serta memiliki biaya yang tidak sedikit, sehingga banyak orang yang enggan mengurusnya. Adapula, sebagian orang mengurus cabut berkas tersebut dengan jasa calo hal itu akan menambah biaya yang dikeluarkan.

Alasan jika mobil kalian harus balik nama dengan cara cabut berkas, yaitu dikarenakan setiap tahunnya masyarakat Indonesia membayar pajak kendaraan. Sedangkan pembayaran pajak pada mobil second berbeda dengan mobil baru ya bro.

Advertisement

Salah satu syarat membayar pajak tahunan mobil second yiatu menggunakan KTP pemilik pertama dengan nama yang tercantum di STNK serta BPKB. Hal tersebut berlaku untuk membayar pajak tahunan mengharuskan menggunakan KTP pemilik aslnya ya bro. Untuk itu mengapa mencabut berkas perlu dilakukan, karena jika tidak dilakukan akan merepotkan diri sendiri ketika membayar pajak tahunan ya bro.

Sebenarnya untuk mengurus cabut berkas itu tidak ribet, jika kalian mengerti cara-cara yang perlu dilakukan. Untuk itu kami akan mengulas beberapa tentang cabut berkas. Pertama, kami akan mengulas terlebih dahulu rincian biaya yang diperlukan untuk cabut berkas mobil

Biaya Cabut Berkas Mobil

Biaya Cabut Berkas Mobil

Advertisement

1. BNN-KB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor)

Untuk biaya yang dikeluarkan BNN-KB itu beragam. Karena, setiap daerah biasanya mematok harga sendiri-sendiri. Untuk daerah Jakarta biasanya biaya yang dibebankan oleh pemilik mobil adalah 1% dari harga beli mobil.

2. Penerbitan STNK, BPKB, TNKB, Serta Surat Mutasi

Untuk menerbitkan segala surat-surat tersebut seperti STNK, BPKB, TNKB serta surat mutasi menurut PP No.60 Tahun 2016 tentang jenis taraf PNBP Polri jumlah biaya yang butuhkan sekitar Rp 925.000. Harga tersebut sudah termasuk beberapa surat-surat ya bro. Seperti STNK Rp 200.000, TNKB Rp 100.0oo, BPKB Rp 375.000 sedangkan biaya untuk surat mutasi Rp 250.000.

3. Biaya Pembayaran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ)

Untuk biaya pembayaran sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas merupakan kesepakatan dari pemerintah Indonesia. Pembayaran ini hanya perlu mengeluarkan biaya yang cukup terjangkau, yaitu Rp 143.000 untuk kendara non agkutan umum.

Tetapi, kalian akan dikenakan biaya pendaftaran yang telah disepakati oleh SAMSAT masing-masing daerah. Biasanya biaya yang dikeluarkan yaitu Rp 75.000 – Rp 100.000.

Advertisement

4. Total Biaya Cabut Berkas Mobil

Setelah mengetahui rincian biaya yang perlu dikeluarkan saat cabut berkas tetapi kalian maish merasa bingung bagaimana cara perhitungannya. Kami akan memberikan contoh perhitungan jika kalian membeli mobil second. Berikut contoh perhitungannya

Harga beli mobil Rp 200.000.000

  • BNN-KB (1% x HB) atau (1% x Rp 200.000.000) = Rp 2.000.000
  • SWDKLLJ = Rp 143.000
  • Biaya STNK = Rp 200.000
  • Biaya TNKB = Rp 100.000
  • Biaya BPKB = Rp 375.000
  • Biaya surat mutasi = Rp 250.000
  • Biaya Pendaftaran = Rp 100.00
Baca Juga :   Biaya Perpanjang Sim 2019 Terbaru Semua Golongan

Beberapa rincian tersebut dijumlahkan sehingga akan menjadikan total biaya yang harus dikeluarkan oleh kalian ketika akan mengurus cabu berkas ya bro. Jumlahnya dari total tersebut yaitu Rp 3.168.000 yang harus kalian bayar ketika cabut berkas. Tetapi biaya akan bertambah dengan membayar denda ketika kalian belum membayar pajak tahunan ya bro.

Sebelum mengurus pencabutan berkas untuk mobil kalian, tentunya memiliki beberapa persyaratan. Persyaratan tersebut yaitu

Persyaratan Pencabutan Berkas

  • BPKB asli dan salinannya
  • STNK asli dan salinannya
  • KTP asli pemilik baru beserta salinannya
  • Kuitansi pembelian kendaraan beserta salinannya

Setelah mengumpulkan beberapa persyaratan tersebut, langkah selanjutnya yaitu mendatangi kantor SAMSAT untuk mengurus vabut berkas mobil kalian. Jika kalian bingung bagaimana caranya, kini kami akan membahas bagaimana cara cabut berkas mobil sebagai berikut

Cara Cabut Berkas Mobil

Cara Cabut Berkas Mobil

1. Mendatangi Kantor SAMSAT

Proses pertama yaitu dengan mendatangi kantor SAMSAT sesuai dengan daerah yang tertera pada BPKB kalian. Semisalnya, mobil kalian diterbitkan pada daerah Yogyakarta maka datanglah pada kantor SAMSAT Yogyakarta. Setelah sampai pada SAMSAT berikan BPKB besarta KTP ke petugas loket.

2. Cek Fisik Kendaraan

Proses kedua yaitu dengan cek fisik kendaraan yang telah disediakan oleh kantor SAMSAT. Cek fisik kendaraan ini petugas akan menggesek nomor angka serta nomor mesin pada kendaraan mobil kalian . Setelah selesai cek fisik dan diberikan hasil dari cek fisik tadi, kemudian berikan bukti tersebut kepada petugas loket cek fisik dengan semua dokumen yang telah kalian persiapkan. Petugas cek fisik kendaraan akan memberikan legalisir serta cap pada fotocopy dokumen yang sudah kalian persiapkan ya bro. Setelah itu, petugas akan memberikan hasil tes serta dokumen yang telah di legalisir tersebut kepada kalian. Simpan baik-baik bukti tersebut ya bro karena bukti tersebut akan diberikan pada petugas mutasi.

3. Mendatangi Loket Pendaftaran Cabut Berkas atau Mutasi

Proses selanjutnya yaitu mendatangi kembali loket cabut berkas atau mutasi mobil kalian bro. Pada loket tersebut mintalah formulis biaya cabut berkas mobil, jangan lupa sekaligus minta formulir balik nama jika kalian membeli mobil second. Setelah mengisi semua formulir dengan benar, lalu serahkan formulir tersebut beserta dokumen-dokumen yang telah dilegalisir kepada petugas. Kemudian kalian akan diberikan tanda terima dan harus membayar sejumlah Rp 250.000 pada bank BRI terdekat dengan SAMSAT. Jika sudah membayar kembalilah ke loket cabut berkas atau mutasi dengan memberikan bukti pembayaran bukti pembayaran yang satunya harap simpan dengan hati-hati ya bro.

4. Penyerahan Berkas Mutasi STNK Mobil

Proses selanjutnya berada pada kantor SAMSAT tujuan kalian, pada kantor SAMSAt ini serahkan semua berkas yang telah dicabut pada kantor SAMSAT sebelumnya. Namun sebelum memasukan berkas-berkas kalian, akan diarahkan kembali untuk mengecek fisik kendaraan mobil ya bro dengan tujuan memastikan keaslian nomer rangka mesi beserta mesinnya. Jika melakukan mutasi antar provinsi maka petugas melakukan cek silang ke polda setempat.

Cek fisik selesai kemudian kembali pada loket mutasi untuk memberikan semua berkas. Sebelumnya jangan lupa mengcopy cek fisik dan bukti pembayaran serta kuitansi pembelian mobil. Setelah semua salinan tersebut telah dipersiapkan maka kembali pada loket dengan memberikan termasuk berikan BPKB asli ya bro.

Jika sudah selesai dan telah diperiksa oleh petugas , maka petugasakan memberikan BPKB asli serta beberapa lembar pembayaran STNK. Proses mutasi kini telah selesai lalu petugas akan meminta kalian untuk datang kembali dengan tujuan mengambil STNK baru.

Baca Juga :   9 Cara Membersihkan Mesin Mobil Secara Aman

Setelah semua proses cabut berkas selesai, nantinyap petugas akan mengarahkan dimana mobil kalian akan dimutasi dan menghubungi kantor SAMSAT tujuan. Kemudian kalian akan datang kembali pada SAMSAT tujuan dengan hari yang sudah disepakati.

Jika sudah mengetahui beberapa hal sepeti ulasan-ulasan di atas, selanjutnya kami ingin memberitahukan beberapa jenis cabut berkas pada mobil. Secara umum jenis mutasi itu dibagi dua yaitu mutasi satu daerah provinsi dan yang kedua adalah mutasi lain daerah.

Arti dari mutasu satu daerah yaitu berpindahnya pemilik dari satu wilayah SAMSAT ke wilayah SAMSAT lain dengan nomer polisi yang sama. Sedangkan Mutasi lain daerah yaitu berpindahnya alamat SAMSAT serta penggantian nomor polisi kendaraan mobil kalian.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Perawatan Motor Setelah Turun MesinCara Menghilangkan Goresan Mobil
Cara Membersihkan Kaca BerjamurCara Memperbaiki Aki Kering

Bagaimana setelah menyimak beberapa ulasan otomotifer.com di atas, semoga selalu bermanfaat bagi kalian. Pesan kami jika kalian ingin mencabut berkas mobil jangan pernah memakai calo ya bro untuk memudahkan itu semua. Sebaiknya mengurus sendiri proses tersebut agar lebih hemat ya bro. Thankyou 🙂

Advertisement
5/5 (1 Review)