AC Mobil Tidak Dingin? Inilah 12 Penyebab dan Cara Mengatasinya

Advertisement

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin – Berkendara di tengah kota memiliki suhu panas, apalagi jika mobil kalian tidak menggunakan AC serasa badan sedang mandi di sauna. Keberadaan AC pada mobil ini begitu penting ya bro, apalagi saat berkendara di tengah terik matahari.

AC sendiri memiliki pengertian sebagai komponen yang berfungsi sebagai penyejuk ruangan yang terdapat pada kabin kendaraan. Sistem kerja AC mobil adalah sebagai sirkulasi udara, dimana komponen-komponennya saling berfungsi berkaitan satu sama lain dengan gas pendingin (freon) sebagai aliran sirkulasi. Aliran tersebut akan selalu mengalir selama mesin mobil dihidupkan.

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Penyebab AC Mobil Tidak DinginJika saat berkendara AC kalian tidak dingin, mungkin mengalami kerusakan. Banyak penyebab kerusakan pada AC yang menjadikan AC mobil tidak dingin. Nah untuk mengetahui semua penyebab AC mobil tidak dingin silahkan simak informasi sebagai berikut.

Advertisement

1. AC Jarang Dibersihkan

Salah satu penyebab paling sepele AC tidak dingin yaitu AC mobil kalian jarang dibersihkan. Debu-debu yang menempel pada AC kalian, mungkin saja membuat AC tidak dingin. Hal ini disebabkan debu-debu yang menempel pada AC akan menghambat keluarnya penyuplaian udara yang keluar.

2. Freon Sudah Mulai Habis  atau Freon Bocor

Sebaiknya, sebagai pemilik mobil harus tau kapan freon kalian harus di ganti. Kegunaannya yaitu agar kalian tidak kehabisan freon saat berkendara. Penggantian freon yang teratur akan membuat perjalanan kalian merasa nyaman sangat berkendara.

Namun ketika AC tidak dingin tidak berarti freon kalian sudah mulai habis, bisa saja freon pada AC mobil mengalami kebocoran. Untuk itu, periksalah pipa-pipa yang digunakan pada jalur freon baik yang menuju komprosor atau komponen lain.

Advertisement

3. Coil Rusak atau Putus

Penyebab AC tidak dingin juga bisa disebabkan oleh bagian spul magnetic clutch putus. Tidak hanya putus, melainkan spul magnetic clutch mati juga menyebabkan AC tidak dingin. Untuk melakukan pengecekan, kalian bisa memperhatikan bagian spul saat mesin mobil dinyalakan.

Mengetahui bagian ini rusak sangatlah mudah ya bro, proses menghidupkan mesin mobil tanpa dibarengi dengan dengan kompresor AC yang tidak berputar. Cara tersebut merupakan cara yang efesien ketika mengecek coil yang rusak atau putus.

4. Fan Belt AC Putus

Fan belt AC putus merupakan penyebab AC tidak dingin. Kompresor AC berfungsi untuk memberikan tekanan, sehingga freon di dalam sistem bisa bersikulasi. Ketika belt AC putus, tentu menjadikan putaran mesin tidak disalurkan pada kompresor AC sehingga komprosor AC tidak dapat berputar dan mengakibatkan AC tidak dingin.

5. Kondensor Kotor

Biasanya penyebab AC tidak dingin adalah radiator kotor. Kotornya kondensor disebabkan oleh debu-debu yang menempel. Debu yang menempel pada radiator menyebabkan sistem kerja radiator menjadi turun. Jika, kondensor tidak pernah dibersihkan akan mengakibatkan proses pengaratan padda mesin AC dikarenakan oleh proses pembuangan suhu panas tidak bisa dimaksimalkan.

Baca Juga :   Kelebihan Angin Nitrogen Untuk Motor dan Mobil
Advertisement

Dampak dari kondensor kotor akan mengakibatkan jumlah freon  yang bekerja lebih tinggi, pada akhirnya bagian kondensor akan bekerja tidak sempurna.

6. Kompresor AC Bermasalah

Jika belt pada kompresor tidak putus, namun tidak terjadi sirkulasi freon di dalam AC maka penyebabnya kompresor AC bermasalah. Permasalahan dari kompresor AC dapat disebabkan oleh clutch rusak, kelebihan oli pelumas, serta yang lainnya.

7. Blower AC Mati Atau Putaran Blower Melemah

Penyebab dari AC tidak dingin adalah Blower AC mati atau putaran pada blower melemah. Blower AC berfungsi untuk menghembuskan udara dingin pada kabin mobil. Jadi, matinya blower AC serta putaran blowe melemah akan mengakibatkan udara dingin tidak dihembuskan secara optimal. Hal tersebut akan menyebabkan AC tidak dingin.

8. Kelebihan Tekanan pada Sistem AC Mobil

Kelebihan tekanan pada AC mobil disebabkan oleh pengisian oli kompresor yang melebihi batas. Kapasitas oli kompresor yang berlebihan akan membuat tekanan pada freon meningkat. Hal tersebut tentunya akan mengakibatkan kompresor menjadi cepat panas, lalu membuat proses kondensasi akan terhambat. Terganggunya kinerja kompresor maupun kondensor akan membuat AC mobil tidak panas ketika dalam posisi macet.

9. Saluran Pembuangan Tidak Lancar

Saluran pembuangan air pada mobil bisa tersumbat oleh kotoran. Pembuangan air yang tersumbat biasanya ditandai dengan menetsnya air di bawah dashboard. Selain itu, untuk mengetahui saluran pembuangan tidak lancar, bisa diketahui dengan adanya air kondensasi yang memenuhi evap.

10. Kompresor AC Aus

Lamanya masa penggunaan mobil juga harus diseimbangi dengan service ya bro, tidak hanya service tetapi dengan perawatan serta control. Jika, mobil terus menerus digunakan maka terkikisnya kompresor dan aus. Hal tersebut akan menyebabkan tekanan pada kompresor AC tidak maksimal dan akan menghasilkan bunyi yang berisik. Untuk mendai bahwa kompresor sudah halus yaitu

  • Apabila katup eksoansi dan receiver dryer mengalami sumbatan
  • Apabila Sigh glass akan menghitam

11. Tingginya Temperatur pada Mesin

Penyebab AC tidak dingin adalah terjadinya overheating yang terjadi pada mesin. Temperatur yang terlalu tinggi akan mengakibatkan AC tidak dingin.

12. Thermostat Mengalami Kerusakan

Untuk menghindari AC tidak dingin, sebaiknya cek thermistat secara berkala. Terutama, pada kondisi kabin sudah tidak dingin saat kalian menyalakan AC pada mobil. Jika Thermostat sudah sudah rusak, sebaiknya diganti dengan yang baru

Cara Mengatasi AC Mobil Tidak Dingin

Cara Mengatasi AC Mobil Tidak DinginJika kalian sedang tidak memiliki biaya untuk membawa pada bengkel terpercaya, kalian dapat mengatasi sendiri dengan pengecekan ringan. Solusi ketika AC mobil tidak dingin adalah memeriksa kondisi AC secara rutin. Hal yang dilakukan ketika memeriksa kondisi AC dengan cara periksa temperatur mobil. Kalian bisa memeriksa temperatur mobil dengan thermometer digital, caranya dengan menyelipkan ke dalam grill (kisi-kisi) AC di dasboard mobil.

Setelah thermometer digital diselipkan suhunya di bawah 3 derajat, maka AC mobil tersebut mengalami pembekuan pada evaporator. Pembekuan pada evaporator yaitu adanya es batu yang menyusahkan keluarnya angin ke kabin penumpang. Hal tersebut akan membuat AC menjadi berembun.

Cara mengatasi perembunan pada AC yaitu sebagai berikut:

  • Setel temperatur AC pada posisi OFF dan angin pada posisi 3 atau 4 (menyalakan blower secara maksimal)
  • Matikan tombol AC kemudian, biarkan selama 3 atau sampai 4 menit
  • Terakhir, coba nyalakan AC sesuai dengan prosedur sebelumnya. Jika, AC belum juga dingin berarti AC mobil kaluan minta untuk di service.
Baca Juga :   Cara Mutasi Motor dan Mobil Beda Provinsi Terbaru 2020

Solusi yang lainnya ketika AC mobil tidak dingin adalah membawanya ke bengkel terpercaya menurut kalian. AC merupakan sektor yang seluruh komponennya berada di dalam, maka harus orang yang memang ahli pada bidang AC mobil untuk mengatasi kasus tersebut.  Jangan sampai AC kalian di tangani tidak pada ahlinya, bisa saja AC kalian bukan semakin membaik justru akan semakin memburuk.

Mengatasi AC mobil tidak cepat rusak, sebaiknya selalu mengecek secara rutin setiap 3-6 bulan sekali, maka AC akan lebih awet. Ketika service mobil, sebaiknya kalian juga meminta petugas service untuk mengecek bagian AC, sehingga bisa mencegah terjadinya AC mobil tidak dingin.

Baca Juga Informasi Otomotif Lainnya
Cara Merawat Motor BebekCara Menghilangkan Goresan Mobil
Cara Perpanjang STNK OnlineBiaya Cabut Berkas Mobil

Untuk mengatasi AC mobil tidak dingin, sebaiknya melakukan perawatan secara berkala. Tujuan dari perawatan berkala sendiri akan membuat mobil selalu nyaman oleh dinginya AC saat berkendara di tengah terbitnya matahari serta akan menghemat pula biaya untuk service AC. Nah sekian informasi otomotifer.com kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

Advertisement
5/5 (1 Review)